Sambal Tempe (Stok mingguan)

Dipos pada February 8, 2022

Sambal Tempe (Stok mingguan)

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Tempe (Stok mingguan) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Tempe (Stok mingguan) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Tempe (Stok mingguan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Tempe (Stok mingguan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Tempe (Stok mingguan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Tempe (Stok mingguan) memakai 19 jenis bahan dan 21 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

"Naak,, bikin sambal.." Kalau udah urusan sambal, ummi manggil saya, spesialis sambal, kalau saya udah bikin sambal, makan nasi tuh kaya gak cukup sepiring, hehe.. Nanti kakak protes, "kamu gak usah bikin sambal lagi gin, nanti makannya jadi banyak terus", hehe... Tapi kita sekeluarga penggemar cabe emang, sampai adek yang paling kecil aja doyan pedas juga, hehe.. Jadi ini si sambal tempe jadi tambahan koleksi resep sambal andalan saya di rumah, selain bisa buat lauk juga, sambal tempe ini juga awet kalo di simpan buat stok mingguan di rumah, asalkan masaknya sampai agak kekeringan ya, tapi kalau saya tetap dipanasin terus sih setiap hari, karena mengandung tomat, kalau mau diskip tomatnya silakan aja, simpannya di wadah tertutup ya... Oke, silakan disimak resepnya..(ada resep bonusnya juga lho..: Ayam Bacem)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Tempe (Stok mingguan):

  1. 2 papan tempe, potong dadu kecil
  2. 6 siung bawang merah, iris halus
  3. 8 siung bawang putih, iris halus
  4. 1 ikat daun bawang (opsional)
  5. Bumbu diblender:
  6. 4 buah cabai merah
  7. 4 buah cabai hijau (bisa pakai cabai merah semua)
  8. 20-30 buah cabai rawit
  9. 3 buah tomat
  10. Seasoning: gula, garam, kaldu/penyedap/micin
  11. Bahan untuk ayam bacem:
  12. 1 ekor ayam uk. sedang
  13. Bumbu halus:
  14. 5 siung bawang merah
  15. 5 siung bawang putih
  16. 1-2 keping gula merah, iris
  17. 3 lembar daun salam
  18. 1 ruas lengkuas, iris
  19. Seasoning: ketumbar bubuk, Gula Garam, penyedap, kecap

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Tempe (Stok mingguan)

1
Siapkan bahan-bahannya.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 1
2
Iris halus bawang merah, bawang putih, daun bawang, potong dadu kecil tempe.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 2
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 2
3
Siapkan wajan, beri minyak (agak banyak ya, soalnya tempenya banyak), masukkan bawang, tumis dengan api sedang sampai layu, kalau sudah agak layu, kecilkan api, tumis sampai bawang agak kering (tapi jangan terlalu kering kayak bawang goreng ya, he..), ini tujuannya biar awet kalo disimpan.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 3
4
Lalu masukkan tempenya, tumis lagi sampai tempenya matang, pake api sedang aja ya, palingan 10-20menitan kayaknya. Santai aja numisnya, sambil diaduk terus biar matangnya rata ya.. tumis terus sampai tempenya agak kering kecoklatan warnanya (difoto itu tempenya baru dimasukkin).
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 4
5
Sambil nungguin tempenya, blender bumbu halusnya ya, terus kalau tempenya udah agak kering, masukkan bumbunya, masak terus dengan api sedang (distep ini emang agak lama, juga harus sering diaduk, ngaduknya harus sampai bawah ya, nanti berkerak bagian bawah wajannya).
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 5
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 5
6
Masaak teruus, aduuk teruus, hehe.. Kalau sudah matang bumbunya, palingan 15-20menitan kayaknya, sampai udah pisah minyak sama bumbunya, berarti udah matang bumbunya, beri seasoning, Gula Garam, penyedap, sesuai selera masing-masing, lalu aduk lagi sampai rata, baru masukkan daun bawangnya (ini opsional aja sih), aduk lagi sebentar sampai daun bawangnya layu, matikan api.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 6
7
Tadaaaa... Udah siap sambal tempenya buat stok mingguan..(tapi kalau di sini berhubung orangnya banyak, mungkin ini sambal bertahan 3-5 hari aja paling lama bertahan di rumah) #senyum.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 7
8
Buat teman makannya, kemaren bikin ayam bacem, saya juga yang bikin (lagi rajin kayaknya, he..), tapi sebenarnya pake teman apapun cocok kok, ikan goreng, ayam goreng, telur dadar, kerupuk, gak pake teman juga endul kok, asalkan pake nasi hangat, udah lupa semuanya, he..
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 8
9
Oia, sedikit tips aja, kalo mau lebih awet sambalnya, tomatnya boleh diskip aja ya.., kalau pake tomat, harus rajin manasin sambalnya ya, takutnya kalau nanti jadi asem baunya, kalau gak pake tomat, bisa langsung simpan aja ditoples/wadah, insya Allah awet aja semingguan (asalkan masaknya dikeringin ya).
10
Mau gak resep ayam bacemnya...?? Karena berhubung lagi rajin ngetik saya tulis juga sekalian di sini.
11
Pertama, ayam yang udah dipotong, cuci, beri air lemon atau jeruk nipis dengan sedikit garam, di benyek² di ayamnya, diamkan sebentar, lalu di bilas ya ayamnya.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 11
12
Lalu bawang merah, bawang putih di haluskan, masukkan ke wajan bersama ayam dan air sebanyak kurleb 500ml (bisa dikurangi ya), mulai dinyalakan apinya.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 12
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 12
13
Iris Gula merah, masukkan ke wajan bersama daun salam dan lengkuas (tapi saya kehabisan lengkuas, terpaksa gak pakai) dan juga kecap manis ya, kira² 6 sdm, ketumbarnya juga jangan lupa ya, 2-3sdm masukkinnya.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 13
14
Aduk aduk, tunggu sampai mendidih, masukkan gula pasir, garam, penyedap secukupnya, aduk lagi (seperti mengungkep ayam ya masaknya).
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 14
15
Masak terus dengan api sedang cenderung besar, masak sampai air menyusut, tapi kalau air udah menyusut dan ayam dah empuk, tapi masih ada bumbu kental yang tersisa di wajannya, matikan aja apinya, bumbunya itu bisa buat teman makan ayamnya, endul banget pokoknya (momaap ga ada potonya).
16
Sajikan bersama nasi hangat dan sambal tempenya. Waaah... Benar benar nikmat yang hakiki.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 16
17
Oia, tadi resepnya kayaknya bumbunya kebanyakan, kalian bisa tambahin tahu, tempe, telur rebus, ke dalam bacemannya tadi ya.. jangan lupa juga tambahkan airnya sedikit aja ya (ini aja bumbu kentalnya lebihan banyak, buat teman makan ayamnya, di siram aja di nasinya, nyam nyam...).
18
Ayam bacemnya saya versi gak digoreng ya, kalau mau digoreng silakan aja ya mba, juga saya gak bikin sambel terasi, biasanya tiap kali ngebacem, saya bikin sambal terasi juga, resep sambel terasi udah pada tau semua kan ya.. kalau ga tau search aja di Cookpad, banyak kok resepnya.
19
Ayam bacem ini bisa tahan di suhu ruangan 2-3hari (tenang aja, tahan aja kok), kalau dikulkas mungkin lebih lama lagi (gak tahu juga sih, gak pernah nyimpen soalnya)#senyum.
20
Oke, selamat mencoba semuanya, boleh coba sambelnya aja, boleh ayamnya aja, boleh juga dua duanya, hehe.. tinggal siapin aja ya nasi di magic com ^^.
Sambal Tempe (Stok mingguan) - Step 20
21
Oia, kalau ada waktu, insya Allah resep ayam bacemnya mau saya share ulang, di lain waktu ya.. semoga kesampaian.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Tomat

Sambal Tomat

Ada yang kangen makan sambal tapi ga boleh makan pedas. Jadilah bikin sambal ini

1 cup ukuran
20 menit
Ayam Goreng Sambal Suna Cekuh

Ayam Goreng Sambal Suna Cekuh

Bismillahirrahmanirrahim..... #Rekreasi_Bali Terinspirasi dari dapurnya mbak Tiwi, kali ini saya masak ayam goreng ala Singaraja, yaitu ayam goreng yang di bumbui dengan sambal Suna Cekuh. Suna Cekuh dalam bahasa Bali artinya, Bawang putih dan Kencur. Didalam perkulineran Bali sambal ini merupakan makanan pelengkap masakan Bali, dan merupakan makanan tradisional masyarakat Sanur. Yuuk langsung intip resepnya 💕 Cooksnap by. @Lenny_141705 Source @tiwi_inside Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/14775027-7-ayam-goreng-sambal-suna-cekuh?invite_token=cBr1G3yhgdUt5xC1Kqtcugrh&shared_at=1634513864 . . . . . #MasakanBundaPashalenko #Rekreasi_Bali #AyamGorengSambalSunaCekuh #JelajahResepNusantara #MasakItuSaya #PekanPosbar #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Sambal Cumi Asin

Sambal Cumi Asin

8-10 porsi
1 jam
Ikan pindang sambal kemangi

Ikan pindang sambal kemangi

Ngebet pengen makan sambal kemangi 😀

2 orang
Krokot Sambal Brambang Asem

Krokot Sambal Brambang Asem

Menu sederhana dikeluarga yang suppppeerr mudah dan murah namun lezat. Krokot yang selalu saya masak yaitu krokot sawah yang belum berbunga atau belum tumbuh bakal bunganya. Karena saat krokot sudah memiliki bakal bunga rasanya sedikit asam saat diolah. Tips mengolah krokot jangan terlalu lama dimasak. Apabila terlalu matang krokot terasa berlendir saat dimakan.

2 orang
10 menit
Sambal Teri Kacang

Sambal Teri Kacang

Teman makan nasi yang istimewa untuk weekend kemarin. Yakin nambah terus ambil nasinya 😂. Thank you @dapurbundaR sudah menginspirasi 😊

Sambal Embe Khas Bali

Sambal Embe Khas Bali

Selain sambal matah yg cukup terkenal dari Bali, ternyata masih ada sambal lain misalnya sambal embe, sambal bongkot dan sambal sere lemo. Cara membuatnya cukup mudah dan enak tentu saja Source : @pawonbune_aas #Rekreasi_Bali #Pencok_KaBali #CookpadCommunity_Bandung

Lalapan sambal kacang

Lalapan sambal kacang

Sukaaa banget mkn lalapan pake sambal kacang. Resep mama. Biasanya sambal kacang mama di kasi jahe dikit, tapi kalo aku ga pake krn ga suka sama rasa jahenya. Yukk kita intip resepnya..

30 menit
Sambal Terasi Kering

Sambal Terasi Kering

Resep ini sudah 1 bulan yg lalu d cooksnap, tapi penyakit malasnya masih nempel ke mana2😅... Ahirnya setelah dengan berat tangan, bisa selesai juga nulis resep ini... Bener2 tertarik bikin sambal ini... Dari fotonya kelihatan uenak banget... Dan ternyata memang enak, apalagi harga cabe lagi muraaaahhhh...❤️❤️❤️ Sekalian buat simpenan d kulkas..🤭🤭🤭 Source: Binti Sae

banyak orang
1 jam
Sambel cobek Bayam praktis enak

Sambel cobek Bayam praktis enak

Bosan masak bayam di tumis atau di sayur bening?cobain deh di sambel cobek kayak gini.selain sehat juga praktis.makan nya sama nasi anget dan goreng ikan asin plus goreng tempe.enak banget

3 orang
10 menit
Cumi Asin Sambal Matah

Cumi Asin Sambal Matah

Masakan ini sangat menggugah selera makan siang, apalagi di tambah nasi hangat wes mantapp pooll. Resep ini source d @BerandaAqlan resep asli diek @cook_220497 bunda rayyan menu masakan yg simple dan enak banget😀😍 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #RememberGenkPeda_BerandaAqlan #RememberGenkPeda_BundaRayyan #semanggisuroboyo #DiRumahAja #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
20 menit
Terong Ungu Sambal Hijau

Terong Ungu Sambal Hijau

6 porsi
±30'
Sambal Kunyit khas Pelalawan-Riau

Sambal Kunyit khas Pelalawan-Riau

Ini rasanya asem seger dan gurih. Paling enak dimakan dengan lauk pauk yang dibakar (seperti ikan bakar, ayam bakar, iga bakar, dll) #sambal #sambalenak #melayu

2 orang
Ayam goreng sambel ijo

Ayam goreng sambel ijo

Rasanya pedes gurih asem seger. Bikin melek dan nagih

6-8 porsi
45 menit
Sambel Embe Khas Bali

Sambel Embe Khas Bali

Masih seputar melali alias sanjo ke Bali lewat kulinernya, pagi tadi saya bikin Sambel Embe khas Bali resep bu @Cp_bali_asti. Sebab sambal embe saya bukan untuk pelengkap lawar, maka supaya mantap saya tambahi terasi dan sedikit perasan dan irisan kulit jeruk limo. Pas pula sayurnya Jukut Undis mekuah, maksi yang tastenya Bali sekali. Pedas gurih. Sedap, khas dan nendang banget. Cobain moms #Wongkito_SanjoKeBali #ResepWongkito #CookpadCommunity_Palembang #SambelEmbe Source : Sambel Embe Bu Asti

1 cobek
20 menit
Sambal pete baby cumi

Sambal pete baby cumi

Suka bgt masak yg bikin selera makan naik kaya gini😁😁 Dan yg pastinya bikin tambah endut jg dong😅,tpi apalah daya q yg ga bisa mengendalikannya Bawaannya pgn mkn trs klo liat yg pedes2 apalagi ditambah nasi anget2 wihhhh tambah yummy😀

30 menit
Sambal bawang cumi

Sambal bawang cumi

3-4 porsi
20 menit
Jengkol sambal matah

Jengkol sambal matah

ada yg pernah ga sih masak beginian ??? (Versi aku) pasti ga ada kan (nanya sendiri jawab sendiri) yaiyalaaaaaah ga ada, wong aku NGARANG Karna lagi males ngulek😁 ternyata segarrrrr... Asam dr jeruk nipis nya, pedas dr cabe nya, asin dr garam nya, wangi dr daun jeruk + serai nya dan bauuu dr jengkol nya 🤣🤤