Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima

Dipos pada February 22, 2022

Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Yessss.... Merdeka!!! Minggu ini tema posbar dari Cooking Community Class yaitu Kreasi Sambal Nusantara. Dan saya dapat inspirasi sambal dari Indonesia Timur yaitu Kota Bima. Sambal ini berbahan dasar Mangga, maka dari itu dinamakan Sambal Tota Fo'o yang artinya Sambal Mangga. Sebagai pendamping ada Salmon panggang asap sebagai protein serta Singkong Kukus sebagai Karbohidrat pengganti nasi sesuai dengan apa yang dishare oleh Chef Wira di Kelas Belajar Bareng Cookpad. Adapun Salmonnya saya pakai metode seperti membuat Chicken Tandoori di resep sebelumnya. Resep ini saya dapat dari Mbak Binti Sae namun ada modif sedikit di ikan dan metode. Tapi tetep enak... meski level cabe saya juauh dibawah resep asli hehehe.. ~~~ Questo tipo di sambal è composto da mango giovane mescolato con sale, peperoncino e scalogno. Tota fo'o è la salsa chili tipica di Bima, Indonesia Est. Sambal tota fo'o è composto da peperoncino e frutta di mango. Source: Binti Sae https://cookpad.com/id/resep/2465949-sambal-mangga-orang-bima?ref=you_tab_saved Modified: Carolina #SambalTotaFoo #SambalManggaKhasBima #SambalKhasBima #KenyangTanpaNasi #SalsaSpecialAlMangoBima #CookingCommunityClass_KreasiSambalNusantara #BancakanCeria3C #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #SalamKompakSelalu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima:

  1. Bahan Sambal/Ingredienti per Salsa Chilli:
  2. 1/2 buah mangga muda mengkal
  3. 6 buah tomat ceri/1 pomodoro grappolo
  4. 1 cabe merah, sesuai selera/peperoncino lungo rosso
  5. 1 cabe rawit, sesuai selera/peperoncino cayenne
  6. 30 gr Kelapa parut kering yang sudah di asap atau sangrai/
  7. /cocco gratuggiato tostato o farina di cocco
  8. 1 shallot pengganti bawang merah/scalogno medio
  9. Sesuai selera garam/sale q.b
  10. 1/4 sdt kaldu sayur/cucchiaino di brodo vegetale in polvere
  11. 1/2 sdt gula,tambahan saya/cucchiaino di zucchero
  12. Bahan salmon panggang tandoori:
  13. 200 gr Salmon filet/filetto di salmone
  14. 1 sdm perasan jeruk nipis/cucchiaio di succo di limone
  15. 2 sdt Garam/cucchiaino di sale
  16. 1/2 sdt Lada hitam/cucchiaino di pepe
  17. Pendamping/Condimento:
  18. Singkong Kukus/Manioca al vapore

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima

1
Berdoa dan cuci tangan sebelum bekerja. Siapkan bahan. Bersihkan salmon, potong-potong, lumuri jeruk dan 1sdt garam, biarkan 15menit, cuci bersih. Lumuri lagi dengan garam dan lada hitam, biarkan minimal 30menit qtau lebih (Preparare gli ingredienti. Pulire il salmone, tagliarlo a pezzi, cospargere con succo di lime e un cucchiaino di sale, lasciare per 15 minuti, lavare accuratamente. Cospargere di nuovo con sale e pepe nero, marinare per almeno 30 minuti o più).
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 1
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 1
2
Masak salmon dengan cara dipanggang sampai matang. Lalu taruh di baskom yang ada arang. Bakar arang kemudian tutup rapat, biarkan dingin. Jadi deh ikan asapnya (Grigliare il salmone fino a cottura. Poi mettetelo in una bacinella con il carbone. Bruciare carbone quindi coprire bene, lasciare raffreddare).
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 2
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 2
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 2
3
Lanjut siapkan sambal, haluskan cabe, gula dan garam. Campur dengan bahan sambal, aduk rata (Continuate a preparare il sambal, frullate il peperoncino, lo zucchero e il sale. Mescolare con gli ingredienti del Sambal, mescolare bene).
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 3
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 3
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 3
4
Yuhuu...Sambal Tota Fo'o siap dinikmati dengan Salmon Panggang Asap dan Singkong Kukus. Endeusss... (Ecco qua... Sambal Tota Fo'o tipica Bima è pronto servire con Manioca al Vapore e Salmone Tandoori. Happy Cooking...!!!).
Sambal Tota Fo'o Khas Bima || Salsa chilli al mango tipica Bima - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Tempe-Kemangi

Sambel Tempe-Kemangi

Menu andalan kala darurat & saat kangen kampung halaman tapi g bisa mudik karena PPKM... 😅

Sambel Teri Giling

Sambel Teri Giling

Bisa jadi sambel, bisa jadi lauk. Cocok banget dimakan pakai nasi anget

5 orang
15 menit
Sambal Matah

Sambal Matah

Tiap pesen makan kalo ada sambal matah auto pilih. Tapi rasanya kurang sedep huhu akhirnya cobain deh buat sendiri.

Hati ampela goreng sambal mentah

Hati ampela goreng sambal mentah

Masi ada sisa ati ayam bikin rolade kmrn & bbrp iris tahu tempe..😁

4 porsi
20 menit
Sambal Goreng

Sambal Goreng

Sambal yg serbaguna bangett,.. bs jadi topping kemplang, ("topping" keren amat bahasanya 😜), bs jadi pelengkap nasi uduk, utk masak berbagai macam jenis menu Balado 😉🤤 ehmm yumm 😋😋.. ayoo kita ngayal berjamaah 😁 jgn lupa di save resepnya supaya bs lgsg di eksekusi nanti 😉 ditunggu cooksnapnya yaaa👌 Sambil nulis cerita ini, di kepala uda bermunculan menu" balado 🙄 😩 ,.. hampir 1 bln gk nyentuh sambal, akhirnya petcahhh telor juga ,.. 🤣🤣 karena blm nyetok sayur bocah, ya uda td msk nasi uduk aja yg pasti di mkn bocah 😃 + msk menu pelengkap nasi uduk lainnya salah satunya "SAMBAL GORENG" utk nasi uduk mak nya 😁😁 ... mkn tanpa sambal huhhh ibaratt sayur tanpa garam shayy 😆😆 Oh yaa.., Terima Kasih utk Cookpad yg uda ngadain kelas utk para Cookpaders jumat kemarin 🙏 terutama saya yg masih minim ilmu 😬 😁 Jadi nambah ilmu dech perihal Program Posbar Cookpad yg ada di aplikasi, ternyata tetep bs masuk program asal hastagnya tepat walaupun gk klik sertakan resep 😁😍 🌶 Happy Sunday all 🌶 #BelajarBarengCookpad #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito #WongKitoGalo #SambalGoreng #SambalSerbaguna #SambalNasiUduk #beekitchen89

300 gr Sambal
22 menit
Sambal Terong

Sambal Terong

Kali ini saya akan berbagi resep salah satu masakan favorit suami saya, sambal terong. Praktis, ekonomis, dan tentu saja enak. Cocok disajikan dengan nasi hangat dan tempe goreng.

4-5 orang
30 menit
Sambal goreng kentang ati

Sambal goreng kentang ati

Dari kapan tau mau nyobain bikin sambel goreng kentang ati buatan sendiri, karena nyobain punya orang kadang masih ngerrasa amis ati ayamnya. Cuzz deh bikin sendiri dengan resep ala sendiri juga. Alhamdulillah rasanya enak 😆

Udang sambel goreng

Udang sambel goreng

Favorit ayah ini

3 porsi
30 menit
Ayam Goreng Bumbu Bacem & Sambal Bawang

Ayam Goreng Bumbu Bacem & Sambal Bawang

Bagi yang suka ayam dengan bumbu bacem yang manisnya "ringan", resep ini bisa jadi andalannya loo... Ditemani dengan sambal bawang versi matang a.k.a digoreng terlebih dahulu bahan-bahanya, perpaduan yang pas antara ayam & sambal bawang ini untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Yang suka lalapan bisa ditambahkan sendiri yaa, timun, selada, kubis, terong lalap, suka-suka... Berhubung saya masak versi sedikit, bagi yang masak versi banyak bisa disesuaikan jumlah serta takaran bumbu-bumbunya. Yuk silahkan dicoba dirumah 😊

Ayam Geprek Sambal Korek

Ayam Geprek Sambal Korek

Kokooookkk... penggemar olahan binatang berkokok ini tentunya banyak yaaa.. Sama sepertiku diolah apapun tetep suka sih.. hehee (emang aku pemakan segala 🤭😂) Kali ini gepreknya pake resep mba @cook_220497 di #GenkPejuangDapur untuk #RememberGenkPeda_BundaRayyan Sehat selalu ya mba dan keluarga 🤗🥰 Source : @cook_220497 #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanAyamMamiFay

Sambalado Hijau

Sambalado Hijau

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat 💕 Dicoba yukk resep sambalado hijau nya 🥰 jumlah bahan bisa di sesuaikan kebutuhan dan selera yaa umm~ Note 1. Sambalado hijau bisa dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan dalam kulkas utk stok. In syaa Allaah tahan 1 bulan. Bila disimpan di suhu ruang, in syaa Allaah tahan 2 minggu dg syarat simpan di wadah tertutup rapat dan gunakan sendok bersih&kering tiap mengambil sambal. 2. Gunakan minyak bekas menggoreng ayam lebih enak 3. Sambalado hijau bisa di variasikan sesuai selera. Di beri taburan ikan teri medan goreng utk rasa lebih gurih. Bisa juga di tambahkan daun jeruk utk aroma lebih segar. Sesuaikan dg selera keluarga. Bismillaah SAMBALADO HIJAU 💛 Recipe @qiyamskitchen

Ayam Sambel Ijo

Ayam Sambel Ijo

Bingung yah masak, ayam lagi, ayam lagi. Coba dimasak yang berbeda. Intip² cookpad yg gambar masakannya menarik punya wienz kitchen. Ayam sambel ijo ni kesukaan suami. Tapi ga pernah masakin selalu beli kalau ayam sambel ijo. Cobalah buat, markicusss.

4 orang
1 jam
Sambel tempe

Sambel tempe

Bikin kreasai sambel. Biar salmbelnya ga itu2 saja😁

2 orang
20 menit
Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang

Bismillah Sudah lama pakai resep ini kalau masak sambal goreng, tp baru sempat nulis resepnya. Insyaallah gampang dan enak, semoga bermanfaat 🌻🌻 #Mbois_SerbaUmbi #MboisCoboy_SerbaUmbi #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya