Sambal embe khas Bali

Dipos pada February 4, 2022

Sambal embe khas Bali

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal embe khas Bali yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal embe khas Bali yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal embe khas Bali, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal embe khas Bali enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal embe khas Bali adalah 2 - 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal embe khas Bali diperkirakan sekitar 15 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal embe khas Bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal embe khas Bali memakai 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tergiur dengan cerita direspnya mba uci tentang sambal embe khas bali ini, akhirnya saya ikutan nyobain... Waduh... Ternyata beneran enak banget... Buat yg pecinta pedas bolehlah dicobain sambal satu ini, buat yg kurang tahan pedas mungkin cabe rawitnya bisa diganti cabe merah biasa, saya rasa tetap enak krn rasa harum dan gurih dari bawang putih dan bawang merah yg bikin ketagihan... Yuk... Cobain... Source : @ucimandasari Link resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15653257-sambel-embe-khas-bali?invite_token=Cd6Qj84uXKT1eASevjF1DbMR&shared_at=1635685417 #cookpadcommunity_palembang #arisancooksnapwongkito_ucimandasari #rekreasi_Bali #WongKito_SanjoKeBali #resepwongkito #wongkitogalo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal embe khas Bali:

  1. 50 gram cabe rawit merah
  2. 50 gram bawang merah
  3. 50 gram bawang putih
  4. 1 buah jeruk limau
  5. 1/2 sdt terasi matang
  6. secukupnya Gula
  7. secukupnya Garam
  8. secukupnya Kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Sambal embe khas Bali

1
Cuci bersih semua bahan². Lalu potong2 cabe. Bawang merah dan bawang putih iris halus.
Sambal embe khas Bali - Step 1
Sambal embe khas Bali - Step 1
Sambal embe khas Bali - Step 1
2
Goreng bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lalu goreng cabe rawit sebentar saja. Campurkan semua bahan yg sudah digoreng kedalam mangkuk.
Sambal embe khas Bali - Step 2
Sambal embe khas Bali - Step 2
Sambal embe khas Bali - Step 2
3
Aduk² dan agak digeprek² menggunakan sendok. Tambahkan gula, garam, dan kaldu jamur. Lalu beri perasan jerum limau. Aduk hingga rata.
Sambal embe khas Bali - Step 3
Sambal embe khas Bali - Step 3
Sambal embe khas Bali - Step 3
4
Sambal embe siap dinikmati.
Sambal embe khas Bali - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

021. Sambel Kemlandingan/Petai Cina/Selong/Lamtoro

021. Sambel Kemlandingan/Petai Cina/Selong/Lamtoro

Adu adu aduaaaa ini sambel mantap beneeer (engga bagi petai/jengkol haters😀). Resep dr Kebumen diajarin Ibu Mertua yg jago masak🥰 Cocok banget buat temen makan nasi liwet + ayam goreng/ bakar . Dengan campuran kencur, sambel ini bener2 bikin makan nambah terus ....ditambah aroma petai cina yg khas dan tekstur yg Klethis klethis gitu pas dikunyah. Kuy lah langsung eksekusi 💪.

2 orang
15 menit
Sambel Embe Kering (Underrated Sambel dari Bali)

Sambel Embe Kering (Underrated Sambel dari Bali)

Sambel Embe ini paling cocok dimakan pake nasi panas atau Malaysian Buttermilk Chicken. Thanks to Cicot udah perkenalkan sambel underrated dari Bali ini, gue suka BANGET!

5 porsi
30 Menit
Sambal Kecap

Sambal Kecap

Cocok banget buat sambal ikan bakar 😍

5 orang
1 menit
Ayam Suwir Sambal Matah

Ayam Suwir Sambal Matah

Bismillah Enak nih segar, asam dan pedas. Apalagi di cocol dengan nasi panas. Bikin gagal diet. 2/11/21

Sambal Cumi Asin

Sambal Cumi Asin

8-10 porsi
1 jam
Sambel Tongkol Suwir sederhana

Sambel Tongkol Suwir sederhana

bosan dengan olahan tongkol yang suami suka akhirnya coba² buat beginian siapa tau suami suka.

4 orang
-/+ 1 jam
Sambel Tumpang Asli Kediri

Sambel Tumpang Asli Kediri

Sambel tumpang ini adalah makanan khas kota Kediri yang berbahan dasar tempe yang sudah menginap (semangit/busuk). Biasanya disajikan bersama sayuran yang direbus/kulup. Jenis sayurannya sesuai selera tetapi orang asli Kediri biasanya memakai nangka muda/tewel dan pepaya muda yang dipasrah/dipotong memanjang untuk dijadikan kulup. Tidak lupa ditambahkan lalapan kemangi dan lamtoro/petai cina serta peyek di atasnya.

4-6 orang
1 jam
Sambel Goreng Jipang

Sambel Goreng Jipang

Pagi - pagi lihat temen sarapan lontong sambel goreng jipang/manisa, jadi pengen masak sendiri. Yuk lah kita masak 🤗

4 porsi
30 menit
Sambel Kecap Seafood

Sambel Kecap Seafood

Masak cumi bakar kurang lengkap menjiwainya kalau ga pake sambel kecap ala-ala ikan bakar di warung seafood, this is it selamat mencoba 😋

15 menit
Sambal jeruk

Sambal jeruk

Aku kasih nama sambal jeruk aja ya, ini tuh rasanya pedes asam, seger mams! Coba buat yuk! Lagi lagi simpel banget buatny krn aku tuh suka masak yg cepat" aja mams! Oh ya ini aku pake jeruk kunci kl d palembang bilangnya gitu, gak tau ya kl di kota lain dan ini aku buat porsi kecil aja mams!kl mw banyak silahkan tambah sendiri ya #sambal

2 orang
Pindang sambal ijo

Pindang sambal ijo

4 orang
30 menit
Kerupuk Banjur Sambal Oncom

Kerupuk Banjur Sambal Oncom

Sering ke Bandung tapi belum pernah menemukan yang ini. Kali ini program #CookPadCommunity_Jakarta yang ngajak #GowesBecak_KeBandung langsung coba bih sambal. Cocok banget sama saya yang suka oncom, rasanya gurih, pedas. Karena saya suka manis, saya tambahkan gulanya biar manis, Sebagai cocolan kerupuk. Sesuai dengan namanya boleh disiram ke kerupuknya. Sumber: @bubu_tobeli

Sambel bawang

Sambel bawang

Menu untuk Penggemukan ya 😁, karena apapun menunya klo pake sambel dan nasi anget bisa kalap lupa dgn segalanya. Sumber resep; youtube Devina Hermawan #ColamMatos #Matos_AnekaSambal #CookpadCommunity_Malang

Sambal petai terasi

Sambal petai terasi

Sambal + nasi putih hangat + krupuk itu dah enak, apalagi tambah sayur asam 🤤🤤🤤 Pecinta petai mesti wajib buat sih ini, simple dan gampil pokoknya.

Sambal Cumi dan Pete

Sambal Cumi dan Pete

Pesanan Dadakan 😊

Sambal Kulit Jeruk

Sambal Kulit Jeruk

(resep 393) Bikin sambal dari kulit jeruk ini karena kepincut rayuan mautnya ibu peri @avitaunaiya di grup 😂. Selain menikmati daging jeruknya, kulitnya juga ikut dimakan dong..kece ga tuh 😎. Source: Avita Unaiya -231021- #cookpadcommunity_tangerang #masaksetiapbagian

Indomie Goreng Sambal Matah

Indomie Goreng Sambal Matah

Hujan plus Indomie = nikmattt

1 Orang
10 menit