Sambal Lado Jengkol Manyus

Dipos pada February 19, 2022

Sambal Lado Jengkol Manyus

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Lado Jengkol Manyus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Lado Jengkol Manyus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Lado Jengkol Manyus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Lado Jengkol Manyus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Lado Jengkol Manyus adalah 1 mangkuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Lado Jengkol Manyus diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Lado Jengkol Manyus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Lado Jengkol Manyus memakai 9 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Suami pengen banget sambal jengkol, sampai rela dia rebus sendiri jengkolnya. Akhirnya semalam saya buatin juga. Ini menggunakan resep bu @iwuLan_14044039. Maknyus banget. Cuma cabe bawangnya saya banyakin menyesuaikan selera misua. Enyak banget. Cobain moms #SambalJengkol #MasakItuSaya #ResepWongkito #CookpadCommunity_Palembang Source : Sambal Jengkol Dyahwulan Bae

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Lado Jengkol Manyus:

  1. 1 mangkuk jengkol yang sudah direbus
  2. 20-25 cabe merah campur cabe setan
  3. 8-10 siung bawang merah
  4. 3-4 siung bawang putih
  5. 1 buah tomat
  6. 1 SDT garam halus
  7. 1 SDT kaldu bubuk
  8. Secukupnya minyak goreng
  9. 75-100 ml air matang

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Lado Jengkol Manyus

1
Siapkan bahan
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 1
2
Kupas dan cuci cabe, bawang merah dan putih. Boleh goreng dengan minyak sedikit di api kecil supaya makin harum. Gerus kasar cabe bawang.
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 2
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 2
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 2
3
Goreng jengkol yang sudah direbus. Boleh dipenyet dikit jengkol gorengnya, optional
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 3
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 3
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 3
4
Tumis bumbu cabe bawang sampai layu dan tanak. Masukkan irisan tomat. Aduk rata
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 4
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 4
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 4
5
Beri air matang sekitar setengah gelas atau 75-100 ml. Tunggu mendidih, masukkan garam halus, kaldu bubuk, boleh ganti penyedap bagi yang suka. Koreksi rasa.
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 5
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 5
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 5
6
Masukkan jengkol, aduk rata. Biarkan sampai air agak menyusut dan bumbu sambal menyerap ke jengkol, sekitar 5 menit. Matikan kompor.
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 6
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 6
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 6
7
Siap disajikan. Mantap dan maknyus. Suami makan dengan lahap. Selamat mencoba
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 7
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 7
Sambal Lado Jengkol Manyus - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bala-bala Tahu Sambel Kecap

Bala-bala Tahu Sambel Kecap

Punya tahu dua buah, terus punya sosin juga sisa bikin lotek kemarin. Kebetulan lagi laper pengen yang anget anget pedes gitu. Akhirnya dibikin bala-bala campur tahu di cocol sama sambel kecap pedes manis. Beuh mantep.. kuy ah bikin ! Praktekin !

5 orang
30 menit
Pecel Lele Sambal Pecak

Pecel Lele Sambal Pecak

Bismillahirrahmanirrahim Ini Menu makan siang kemarin. Enak banget ngabisin nasi😍πŸ₯° Source : @opibun #godaanga_bujend #goda_paders #komunitaspaders #cookpadindonesia #anies_kitchen

Sambal Lu'at NTT Ala Rumahan

Sambal Lu'at NTT Ala Rumahan

Persembahan resep ke 1500 saya. Bangga banget masih bergabung di Cookpad menebar inspirasi sesama Author. Semoga bermanfaat yang saya share. Aamiin. Sambal lu'at sendiri merupakan sambal tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur yang memiliki rasa pedas, asam serta aroma yang kuat. Dan yang membuat sambal lu'at ini unik adalah adanya tambahan irisan kulit jeruk nipis di dalamnya. (Dikutip dari IDN Times bersama resepnya) #MenuNusantara #HidanganNusantaraLintasNTT #HidanganNusantara #JelajahResep #JelajahResepNusantara #JelajahResepKhasNusantara #MasakSetiapBagian

Sambal cumi pakai pete

Sambal cumi pakai pete

Hari ini aku masak sambal cumi pakai petai. Btw itu foto masakannya tinggal dikit hehe lupa foto di awal grgr pengen buru2 makan hehehe.

2 orang
Sambel Ebi

Sambel Ebi

Biar cabe gak busuk dan tahan lama dibuat sambel ebi yang bisa awet. Berhubung sekeluarga pecinta pedas sambel siap makan wajib ada. Berhubung ada sisa ebi sedikit di campurin jadi lebih enak. Tanpa ebi pun tetap mantap yah bisa buat makanan apa aja.

30 menit
Sambalado tanak kampuang

Sambalado tanak kampuang

Sambalado tanak banyak diminati Orang Minang. Tiap daerah punya khas sambalado tanak-nya. Berikut khas dari keluarga kami. Syaratnya HARUS PEDAS!! Dijamin gak butuh lauk dan sayur lain untuk menemani makan nasi. Yo Sabana lamak Bana..☺️😜 Mari kita coba...

lumayan
< 1 jam
Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Awalnya krn pengen makan sambel tempe mbak emi... katering dulu pas masih kerja.... googling2 cara bikinnya... dpt resep dr beberapa sumber dan yg ini pas bgt rasanya... suami juga suka 😍😍😍πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

4 orang
Sambal Rujak Bumbu Kacang

Sambal Rujak Bumbu Kacang

Sebagai keluarga yang gemar makan rujak, saya sering membuat stok sambal rujak. Jadi, saat diperlukan tinggal santap. Meski kadang hanya satu atau dua macam buah yang ada dirumah, tetap bisa menikmati rujak. Makin sedap dengqn sambal rujak bumbu kacang yang pedas. Dimakan saat bangun tidur siang di hari minggu dan saat ketiga jagoan kumpul dirumah. Masyaa Allaah, sedaap.... #OlahanKacangSpesial #CocomtangPost_KreasiKacang #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

30 menit
Balado Sambel terong&teri

Balado Sambel terong&teri

Lagi bingung masak apalagi hari ini?kebetulan ada terong di kulkas tinggal nyari ikan asin terinya...

6orang
30 menit
Sambal Rujak Bangkok

Sambal Rujak Bangkok

Assalamu'alaikum happy weekend semua, senang bisa kumpul bersama keluarga. Bikin rujak biar segarrrr pas banget ditemani dengan sambal yang bikin ngiler😁😁😁 #Barampaan #PekanPosbar #OlahanAnekaBuah #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel

Sambal bawang utuh

Sambal bawang utuh

Buat pecinta bawang, ayo cobain, ini enak banget. Mudah buatnya, cepat, simpel dan yang pasti bisa ngabisin nasi. Source : @tinahasbie

Sambal Laos-Serai ala Violet Azalea

Sambal Laos-Serai ala Violet Azalea

Sambal ini kesukaan aku dari kecil dulu. Dulu pas main ke rumah nenek aku disuguhin ini. Dimakan bareng nasi aja enak banget sampai aku ketagihan waktu itu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Jadi kalau aku main ke rumah nenek, nenek bakal sering masak ini buat aku πŸ˜‚βœŒπŸ». Aku pas sudah bisa masak nanya sama mamah gimana cara bikinnya. Ternyata sama persis rasanya kayak yang dibikin nenek dulu 🀀🀀 . Bikin ini buat semarak Clover sekalian buat mengobati kerinduan akan nenek yang ada di kampung. Oh iya, sambal ini kan rasanya agak strong. Cocoknya buat lauk yang digoreng dengan bumbu minim ataupun dimakan begitu aja dengan nasi juga enak. #GASepiringNasiSambal #Semarak_GASepiringNasiSambal #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Banjarmasin #EmakNusantaraKreatif

Ati ampela sambal Bawang

Ati ampela sambal Bawang

Apa sih yang bikin gagal diet bu ibu? Nasi sama lauk pauk yang cocok di lidah. Sudah pasti nasi hangat di uwel-wel pake sambel Masya Allah nikmat tiada tara. Apalagi di makan bersama keluarga. Duduk bersama dan bercerita tanpa sadar piring sudah bersih lagi. Ada yang nyeletuk "Nasinya kok belum dicentongin.. " πŸ˜… sampai lupa diri. Masya Allah nikmatnya. Silahkan klo cabenya mau dilebihkan. Kalau saya cabenya cukup begini saja karna kan masak untuk orangtua yang sudah tidak seperti dulu bisa makan pedas. Dulu, Ayah saya 65th yang lalu rajanya pedas. Kalau belum 50 cabe belum dibilang sambel. Eh?!

Sambal bawang dan ebi

Sambal bawang dan ebi

cuaca panas tidak akan membuat kita kehilangan selera makan untuk kita pecinta sambal, hr ini aku buat sambal bawang dengan dikasih sedikit ebi untuk menambah aroma.

Sambel cumi endol

Sambel cumi endol

Sambel cumi endol seuhah pokoknamah πŸ˜…βœŒ

3 orang
+- 15 menit
Sambal goreng kentang simpel

Sambal goreng kentang simpel

2 orang
Β±30mnt
Sambal teri pete

Sambal teri pete

Reques an dari suami, makan sama rebus buncis🀀🀀

4 -5 orang
45 menit
Sambal Sehat Terong Bakar

Sambal Sehat Terong Bakar

Aku ga bisa kalau makan ga ada sambalnya😁. Aku coba kombinasi sambal bawang dengan terong ungu. Sebenernya terong ini dasarnya udah enak ditambah pedes dari sambal bawang beuh bikin nagih gaiiss.

15 menit