Sambal Terasi Blender (mirip diuleg)

Dipos pada February 10, 2022

Sambal Terasi Blender (mirip diuleg)

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Terasi Blender (mirip diuleg), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Terasi Blender (mirip diuleg) memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hai, Bunda! Sore ini suami pulang dari kantor membawa hasil kebun dari petani. Ada cabai rawit merah lumayan banyak tapi sudah tua, sayang kalau dibiarkan busuk. Berhubung saya ingin makan ikan goreng penyet ala rumahan, cabainya saya masak jadi sambal terasi saja. Resepnya praktis dan nggak perlu uleg-uleg tapi rasa dan teksturnya mirip sekali dengan sambal yang diuleg. Selamat mencoba ya, Bunda! ❤️

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Terasi Blender (mirip diuleg):

  1. 2 ons cabai rawit
  2. 6 siung bawang merah
  3. 6 siung bawang putih
  4. 5 buah terasi instan
  5. 3 buah tomat besar
  6. 1 sendok makan gula merah
  7. secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Terasi Blender (mirip diuleg)

1
Rajang kecil-kecil bawang merah & bawang putih yang sudah dikupas. Pisahkan cabai dari tangkainya. Belah tomat dan iris tipis-tipis.
2
Panaskan minyak goreng. Masukkan bawang merah & bawang putih. Tumis hingga terlihat layu. Lalu masukkan cabai rawit. Aduk sebentar lalu tutup wajan agar aman dari ledakan cabai. Buka sesekali untuk mengaduk. Goreng hingga cabai layu.
3
Setelah bawang merah, bawang putih, dan cabai matang, angkat & tiriskan. Kemudian blender hingga kehalusannya sesuai selera. Tidak perlu ditambahkan air ketika memblender ya, Bun.
4
Panaskan minyak yang tadi digunakan untuk menggoreng dengan api sedang. Masukkan terasi. Hancurkan terasi di wajan dengan ditekan-tekan menggunakan spatula sambil digoreng. Goreng sampai harum.
5
Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah diblender tadi. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata.
6
Tambahkan irisan tomat. Aduk rata sampai tomat layu & hancur. Masukkan gula merah yang sudah disisir. Kemudian tes rasa. Saya tidak menambahkan garam karena terasi sudah cukup asin.
7
Setelah dipastikan rasanya enak, matikan kompor. Tunggu dingin dan masukkan ke wadah. Sambal siap disajikan atau disimpan di kulkas. Boleh ditambahkan perasan jeruk purut bagi yang suka ya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal bawang pete risa

Sambal bawang pete risa

Followers teh risa saraswati mana nih, aku tulis ulang yaa resepnya, tapi ini resep original nya kalo yang teh risa udah ditambah cemacem lagi tapi gini juga udah bikin aku nambah nasi terus gengs..

4 porsi
30menit
Sambal pete

Sambal pete

Kalo ngomongin soal sambal gak akan ada matinya,banyak sekali resep sambel di Indonesia dan semuanya enak, punya ciri khas masing2 daerah. Kali ini mau berbagi resep sambel pete yg sederhana,kesukaan pak suami.

Ceker Keriting Sambal Kencur

Ceker Keriting Sambal Kencur

Pengen makan ayam yang bertulang alhasil beli ceker deh dipedesinn buat lauk sama nasi hangat mantap banget..

3-4orang
Resep Fusilli Ikan Sambal Kecombrang, Sedap Beraroma Menggugah Selera

Resep Fusilli Ikan Sambal Kecombrang, Sedap Beraroma Menggugah Selera

Perpaduan ikan dan sambal kecombrang menciptakan cita rasa yang unik dan menyegarkan. Menu istimewa yang patut dicoba dan cara membuatnya sederhana. Simak resep lengkapnya! #PastaUntukIndonesia #BukanPastaBiasa

2 porsi
25 menit
Ikan Tongkol bumbu Sambal Pecak

Ikan Tongkol bumbu Sambal Pecak

Rasanya segeeeer karena, selain pedas juga asamnya terasa banget, gurih dari ikan tongkolnya juga terasa karena dia cuma diaduk rata dengan sambal dan tidak di goreng lagi....(aslinya pecak itu si bumbu dikucurkan keatas ikan)

6 porsi
40'
Nasi Sela Sambal Bongkot dan Urap Bumbu Genep

Nasi Sela Sambal Bongkot dan Urap Bumbu Genep

Akhir2 ini tukang sayur selalu bawa bongkot. Jadi keidean sekalian bikin menu komplit ala bali. Nasi Sela dengan campuran ubi yg manis, cocok bersanding bersama pedas nya sambal bongkot dan urap bumbu genep. Tapi ini pedas versi aq ya, yg masih level 1 pedas nya..🤣🙈. Bagi pecinta pedas silahkan tambahkan cabe nya sesuai selera masing2. . Untuk resep sambal bongkot sudah pernah aq share. Aq sertain link resep nya di bawah. Di sini aq tulis resep nasi sela dan urap bumbu genep nya. Nasi sella aq bikin untuk 2 porsi aja. Yg mau bikin banyak silahkan di kalikan sendiri ya jumlah nya. . Resep bumbu genep nya dari mbak @jro_candra . #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_denpasar #rekreasi_bali

Sambel Bawang 🌶🧄

Sambel Bawang 🌶🧄

Source : @jozzikitchen . Paling seneng sama yg sambel" yaa , kali ini bikin Sambel bawang buat stok , kalau mau makan tinggal sendok aja gausah ngulek" lagi 👩‍🍳🤗 .

1 jam
Sambal Bangkok express

Sambal Bangkok express

Mau bikin sambal ini buat cocolan salad rol udang ,krn tdk punya cabe yg fresh akhir nya ambil jln pintas, pakai cabe bubuk kasar,jadi deh👌,sambal ini enak juga untuk cocolan gorengan dan lain nya #CookpadCommunity_Tangerang

Sambal rujak Bangkok

Sambal rujak Bangkok

source:@yoeni_pawonbyFAA

Ayam Suwir Sambal Embe

Ayam Suwir Sambal Embe

Menu makan siang hari ini, serba iris lagi yang penting cepet jadi. Balada emak-emak mager ya gini 😂.

2 orang
30 menit
Sambal Dadak Khas Sunda

Sambal Dadak Khas Sunda

Liat orang posting lagi makan sambal dadak, kepo deh kayak apa sih rasanya sambal ini? Surprisingly Rasanya mirip sambal rampai yang suka ku makan di daerah slipi, jakarta barat. Seger bgttt

2 orang
30 menit
Sambel cumi pete

Sambel cumi pete

Awalnya ngidam kepingin sambel cumi, coba2 masak eh ternyata banyak yg suka dan nyuruh dijual,,

7 porsi
45 menit
Sambel Kecap

Sambel Kecap

Sambel yang sangat simple berbahan serba "tiga" tapi pedasnya mantab (buat saya sih 😂 ). #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

1 cawan kecil
5 menit
Sambel Cumi Asin Pete Simple

Sambel Cumi Asin Pete Simple

Terinspirasi dari resep sarwendah yg harganya mahal sekali tapi bikin ngiler, jadi bikin sendiri aja dirumah

3 orang
30 menit
Cumi Sambal Petai

Cumi Sambal Petai

Hidangan yang cocok dimakan dengan nasi panas :)

3-5 orang
1 jam
Sambal Kemiri

Sambal Kemiri

Mendampingi kalio jengkol dengan lalapan daun singkong dan teman-temannya, saya sertakan juga sambal kemiri. Biasa ya Bu karena orangtua turut serta menikmati jadi saya bikin yang tidak terlalu pedas. Kalau ibu-ibu yang suka sekali pedas mungkin takaran chillinya boleh ditambahkan, sesuai selera.

SAMBAL GORENG TERONG | Terong Balado

SAMBAL GORENG TERONG | Terong Balado

•••Resep pertama di bulan September yg dapurVY bagikan untuk aneka olahan terong menu sehari-hari, pastinya yang simple tapi bikin nambah nasi Happy cooking... Salam simply tasty dari dapurVY _06.09.21_ #dapurvy #simplytasty