Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull

Dipos pada February 24, 2022

Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Meskipun tinggal di luar negeri, lidah kampung saya tak bisa hilang. Hihi.. Saya pecinta jajanan kampung termasuk cilot. Kebetulan saya sedang ingin sekali menikmati cilot sambal goreng seperti di kampung halaman. Dan, voilà! Hasilnya mantuull makkk! Bikinnya juga gampang bangett.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull:

  1. 3 sdm tepung terigu
  2. 4 sdm tepung tapioka / secukupnya
  3. 2 siung bawang putih
  4. Daun bawang potong kecil-kecil (opsional)
  5. secukupnya Garam
  6. Bahan Sambal Goreng
  7. 2 siung bawang putih
  8. 2 siung bawang merah
  9. 2 buah cabai merah besar
  10. Cabai rawit sesuai selera jika suka pedas
  11. 30 gr gula merah / Sesuai selera
  12. secukupnya Garam
  13. Penyedap rasa (opsional)
  14. secukupnya Kecap manis
  15. secukupnya Air
  16. Minyak untuk menumis
  17. 1 sdt tepung maizena

Langkah-langkah untuk membuat Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull

1
Bikin cilotnya dulu ya, Mak. Siapkan wadah, tuang tapioka 2 sdm. Uleg bawang putih dan garam sampai halus. Masukkan ke dalam panci, beri air -+50ml. Didihkan. Jika sudah mendidih langsung tuang ke dalam wadah lalu aduk menggunakan spatula sampai rata.
2
Kemudian beri sedikit demi sedikit tepung terigu, uleni hingga kalis. Jika belum kalis, tambahkan tepung tapioka hingga adonan kalis. Lalu bentuk bulat-bulat.
3
Siapkan air dalam panci untuk dididihkan. Jika sudah mendidih matikan api. Masukkan bulatan cilot. Lalu nyalakan api sedang, tunggu hingga cilotnya mengapung. Lalu tiriskan. (Teknik ini bertujuan supaya cilotnya nggak lengket ketika sudah matang)
4
Lanjut bikin sambal gorengnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, garam.
5
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan sedikit air yang telah dicampur tepung maizena dan gula merah. Aduk2 sampai gula merah menyatu dengan bumbu.
6
Masukkan cilot dan aduk2 sampai tercampur semua. Tambahkan kecap secukupnya. Tes rasa. Jika sudah dirasa cukup, maka sudah siap disantap cilot sambal gorengnya. Selamat menikmati. 🤤

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel goreng udang pedas khas lombok

Sambel goreng udang pedas khas lombok

Favorit pak suami segala jenis udang dan kali ini mau yang pedas nampol

3 orang
Sambal goreng kentang pete

Sambal goreng kentang pete

Alhamdulillah dapet kiriman dari ibu di kampung pete segambreng. Bagi penikmat pete, mari berpestah.😆🤣

Kembung Goreng Bumbu Kuning, Sambal Kecap

Kembung Goreng Bumbu Kuning, Sambal Kecap

Ngga ada bosannya sama olahan ikan yang satu ini. Digoreng dengan bumbu kuning aja udah enaak.... Tambahin sambal kecap, makin sedaap. Banyakin potongan bawang merah di sambal nya, buat saya penyuka bawang 😄..... Wwaaa beginian aja udah sangat nikmat buat saya mah 🤤. #CookpadCommunity_Bandung

Judul:tetelan sapi sambel pedes

Judul:tetelan sapi sambel pedes

Asal resep ini tercipta saat melihat banyak sisa tetelan sapi yg tdk terpakai di kulkas,,,, krn saat itu stock daging lumayan banyak baik saat bagi daging kurban dan yg mmg stock utk dimasak pribadi lalu iseng 2,,,buatlah menu ini dan menu ini bkn sesuatu menu yg baru krn sdh bnyk pula yg buatnya

2 orang
Tongkol sambal balado

Tongkol sambal balado

misua pengen banget makan ini .. saya nya baunya aja gak suka... alhasil keasinan masaknya ..

5 orang
30 mnt
Sambal baby cumi

Sambal baby cumi

3-4 orang
45 menit
Sambel Koyor Pete

Sambel Koyor Pete

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #SalamKompakSelalu #AnekaSambelNusantara #SambelKoyorPete #SambelKoyor #MakananNusantara #AR_Merdeka #CoockingCommunityClass_KreasiSambalNusantara #BancakanCeria3C #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Kreasi sambel di posbar Cooking Coomunity Class ( 3 C ) kali ini aku membuat sambel koyor ala2 jogjakarta yang bumbunya simpel dan cemplung2 aja takaran berdasarkan feeling. Pagi2 suami request minta di belikan koyor sapi atau tetelan sapi dibuat sambel sama pete wah alamat nih akan habiskan banyak nasi 🤭🤭 secara suami suka banget sama pete di padukan ma sambel wah bayanginnya aja bikin ngiler😋

Sambal Mangga Muda (Pencit)

Sambal Mangga Muda (Pencit)

Liat buah mangga dipohon tiba2 pengen bikin sambal mangga muda.. bikinnya simpel gak pake ribet, lauknya cukup telur dadar aja, dan dimakannya bareng ama pak suami depan kolam ikan.. MasyaAllah enak banget, Alhamdulillah 😋

2 Orang
Sambal goreng kentang ati ampela

Sambal goreng kentang ati ampela

Cara buat lihat di youtube ku https://youtu.be/qGUcS3PxMa0

Teri Sambal Ijo

Teri Sambal Ijo

2-3 orang
30menit
Main course (karbo ubi ungu,salad, ikan patin sambal kecombrang)

Main course (karbo ubi ungu,salad, ikan patin sambal kecombrang)

Makanan lengkap ala aku klo ada lengkap bahany bikin menu lengkap kaya gini sehat dan mengenyangkan ☺️👍 #Cookpadcommunity_kalteng #BarapiManjuhu #DiaLalauMenyak

1 orang
1 jam
Sambal Ijo Cumi Asin

Sambal Ijo Cumi Asin

Lagi males masak jadi masak yang simpel aja deh Masak ini sedia nasi hangat yang banyak ya hehehehe

4 Orang
20 Menit
Sup Kaldu Daging Sapi Sambal Kecap Sederhana

Sup Kaldu Daging Sapi Sambal Kecap Sederhana

Halo moms, hari ini aku masak sup daging dengan sambal kecap yang mashaallah menurutku udah enak moms, 🥰 oiya aku beli bahan sup di abang tukang sayur langsung 1 paket ya moms sudah di bungkus platisk jadi ga perlu beli eceran. Di intip ya moms, jangan lupa tinggalkan komentar jika sudah mencobanya :)

2-3 Orang
1 jam
Sambal tomat pedas manis (khas lidah solo)

Sambal tomat pedas manis (khas lidah solo)

Berburu tongkol dan karena mau ngapa*in yaudah simpel aja Semoga bisa bantu jadi cuan

10 porsi
20 menit
Sambal Raja Kutai Khas Kalimantan Timur

Sambal Raja Kutai Khas Kalimantan Timur

Bismillaah... Bancakan Ceria 3C pekan ini, tema nya membuat Kreasi Kuliner Khas Kalimantan 😍. Setelah berjelajah cari inspirasi resep di Cookpad, saya tertarik untuk membuat sambal raja. Hatur nuhun, mba @NayNay2020 untuk inspirasi resepnya. Sambal raja nya mantul banget, bikin semangat makan. Keluarga saya suka banget 💜. Source : @NayNay2020 #CookingCommunityClass_KreasiKulinerKhasKalimantan #BancakanCeria3C #CookpadCommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring #SalamKompakSelalu

Sambal Bangkok

Sambal Bangkok

Sambal cocolan yang pas dipadukan untuk berbagai makanan seperti bakso goreng, dimsum Source channel YouTube Devina Hermawan 🙏❤️ Bahan saya sesuaikan dengan ketersediaan dirumah. #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Sambel teri cumi istimewa

Sambel teri cumi istimewa

3 - 5 cup
2 jam
Ayam Sambel Ijo

Ayam Sambel Ijo

Bingung yah masak, ayam lagi, ayam lagi. Coba dimasak yang berbeda. Intip² cookpad yg gambar masakannya menarik punya wienz kitchen. Ayam sambel ijo ni kesukaan suami. Tapi ga pernah masakin selalu beli kalau ayam sambel ijo. Cobalah buat, markicusss.

4 orang
1 jam