Sambal Tumpang Koyor

Dipos pada February 10, 2022

Sambal Tumpang Koyor

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Tumpang Koyor yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Tumpang Koyor yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Tumpang Koyor, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Tumpang Koyor enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Tumpang Koyor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Tumpang Koyor memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ditinggal mudik lupa masih punya tempe. Kematengan banget deh alias tempe bosok kalau orang jawa bilang. Pas masih punya daging koyor sedikit, jadi pengen bikin sambal tumpang khas Salatiga ini. Ternyata nggak susah bikinnya. Rasanya juga enak. Ini kalau di jogja dulu simbah buyut sering masak semacam ini juga, tapi nggak tau namanya, nyebutnya cuma "jangan (sayur) pedes" aja, hehe. Sering juga dijumpai di tukang bubur kampung tapi nggak sekompleks ini. Biasanya sebagai pendamping memakai sayuran daun adas yang direbus. Alhamdulillah, nikmat 😍 Ini saya bikin ada yang saya modifikasi yaa, untuk cek resep asli silakan cekidot πŸ‘‡ Sumber resep: https://cookpad.com/id/resep/14676513-sambal-tumpang-koyor?invite_token=FgeZ1SryDZ5KFTRmyoMebhvZ&shared_at=1629585084 #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Tumpang Koyor:

  1. 200 gram daging koyor
  2. 5 bh tahu kulit
  3. 1/2 papan tempe semangit
  4. Bumbu halus:
  5. 1 genggam cabe merah keriting
  6. 5 bh bawang merah
  7. 4 bh bawang putih
  8. 2 bh kemiri
  9. 1 ruas kencur
  10. Bumbu lain:
  11. 1 ruas lengkuas
  12. 2 lmbr daun salam
  13. 5 lmbr daun jeruk
  14. 1 bh sereh
  15. Kulit jeruk purut (me: skip)
  16. Secukupnya santan (me: instan)
  17. Kaldu bubuk (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Tumpang Koyor

1
Rebus koyor sampai agak empuk lalu potong-potong. Masukkan tempe ke dalam wajan/panci lalu ulek. Masukkan lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam. Tambahkan air. Masak sampai mendidih. Masukkan juga daging koyornya.
Sambal Tumpang Koyor - Step 1
2
Rebus bumbu halus, lalu haluskan dan tumis sampai harum.
Sambal Tumpang Koyor - Step 2
Sambal Tumpang Koyor - Step 2
3
Setelah mendidih masukkan bumbu halus, aduk rata. Masak sampai daging empuk. Tambahkan gula merah, garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Jika sudah pas tambahkan santan instan. Masak sampai mendidih lalu matikan api.
Sambal Tumpang Koyor - Step 3
Sambal Tumpang Koyor - Step 3
Sambal Tumpang Koyor - Step 3
4
Sambal tumpang koyor siap dinikmati. Bisa ditambahkan daun adas yang direbus sebagai pendamping. Jika tidak ada bisa menggunakan sayuran lain.
Sambal Tumpang Koyor - Step 4
Sambal Tumpang Koyor - Step 4
Sambal Tumpang Koyor - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ikan Goreng Sambal Kecap

Ikan Goreng Sambal Kecap

Makanan enak tapi simple πŸ‘πŸ»

2 orang
30 menit
Sambel Keju Simple

Sambel Keju Simple

Sudah lama penasaran sama ini sambel akhirnya kesampean buat hari ini. Serupa bon cabe tapi ini berbahan dasar keju, cocok untuk taburan lauk. Buatnya simple yang penting rajin cek supaya tidak gosong ya...:)

Sambal Pete Telur

Sambal Pete Telur

Karena udah lama banget nggak bikin jadilah kepengen bikin karena pas ada yg jual petenya 🀭

2 porsi
25 menit
Tuna Sambel Matah

Tuna Sambel Matah

Terkadang ibu rumah tangga tidak punya waktu untuk memasak, karena sibuk mengurus anak dan rumah. Tapi tenang, Tuna sambel matah ini bisa jadi pilihan dan tidak memerlukan banyak waktu.

2-3 orang
30 menit
Sambal Goreng Tongkol & Jengkol

Sambal Goreng Tongkol & Jengkol

Hanya kreasi iseng karena bosan makan tongkol dibumbu sambel tomat melulu 😁

4 porsi
30 menit
Ikan Bakar teflon Sambal Matah

Ikan Bakar teflon Sambal Matah

Bismillah …. Masak masakan rumahan yang simpel , dan disukai keluarga πŸ‘ŒπŸ€­πŸ˜ #Ikanbakarteflon #Ikanbakarsederhana #OlahamMujair #Cookpadcommunity_surabaya

3-4 orang
15 mnt
🌢 Sambal mentah jeruk limau

🌢 Sambal mentah jeruk limau

Sambal ini selalu mengingatkan saya pada masakan ibuk πŸ’— Yang selalu berhasil menggugah selera makan saya 🀀 Disaat sedang kehilangan nafsu makan atau lagi kurang enak badan 😁 Biasanya sambal ini untuk pendamping ikan bakar, atau udang cumi crispy bersama lalapan, atau sayur bayam kunci πŸ˜‹ Dibawah ini πŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ» saya sertakan link sayur kunci bayam bening juga boleh diintip https://cookpad.com/id/resep/15447654-sayur-kunci-bayam-bening?invite_token=NgVejUJTYcRYQPUp2txu418f&shared_at=1630386596

3 orang
Sambal Udang Simpel

Sambal Udang Simpel

Bikin sambal udang yang simpel tapi enak😁Saya tidak pakai cabai rawit karena suami gak kuat makan pedas

2 Orang
30 Menit
Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau

Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau

Bismillah. Assalamualaikum. Kali ini membuat Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau. Saya tambahin cabe hijau agar lebih bertekstur. Cabenya saya masak sebentar hingga tetap crunchy. Eehhmm yummy bunda... #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #ResepGriyaSyari #ResepSambalGoreng #SambalGorengKentangCabeHijau

Sambal cikur oncom

Sambal cikur oncom

Bismillah #GodaanGA_Bujend #GoDa_Paders #KomunitasPaders #CookpadIndonesia

Sambalado Tanak (Khas Minang)

Sambalado Tanak (Khas Minang)

Sambalado tanak khas minang dg citarasa yang menggugah selera

4 orang
2 jam
234. Sambal ijo ala Kobe

234. Sambal ijo ala Kobe

Panasaran sama sambal ijo resepnya dapur Kobe, rasanya langsung pas dan gurih tanpa menambahkan lagi bubuk kaldu, beda dengan sambel ijo yang lain... Cooksnap dari dapur Kobe : https://cookpad.com/id/resep/15317060-resep-sambal-ijo?invite_token=pfN8SzgyVmkoGGZULM4rZMHY&shared_at=1627707586 #SemangatMemasak #BikinHappy

1 mangkok
30 menit
Nila goreng sambal tomat mantul❀

Nila goreng sambal tomat mantul❀

Bismillah...menu hari ini nila goreng dengan sambal tomat mentah. Pasti bikin nambah-nambah terus nasinya...😍 Tips menggoreng nila supaya tidak lengket juga tidak meledak2 minyaknya: Caranya dengan menambahkan tepung terigu di taburkan ke dalam minyak panas seblm nila di goreng. Balik nila sekali saja, nila di goreng dlm minyak panas dengan api sedang, hasilnya nila gak lengket juga minyak aman gak meletus. Berlaku juga buat goreng lele ya. #KOPIJOS #selaluistimewa #cookpadcommunity_yogyakarta

5 porsi
1jam
Sambal godog buncis kentang

Sambal godog buncis kentang

Pengen banget makan sayur ini.. biasany klo hari raya ya.. tp nnt keburu ngeces.. kebetulan kemarin ke bgr ke rumah mama lihat ada ketupat lgsng kepikiran mw buat sayur ini.. rasany rindu terobati.. πŸ˜‚ ga jd ngecesss... Yukk silahkan d coba d tunggu cooksnapnya.

5 porsi
30 menit
Ikan kembung sambalado

Ikan kembung sambalado

3 orang
1 jam
Telur Krispi Sambel Matah

Telur Krispi Sambel Matah

Mari sarapan πŸ€— #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Sop ikan nila wortel sambal kecap

Sop ikan nila wortel sambal kecap

Beli ikan nila deket rumah, langsung dimasak, enaakk dagingnya masih segar dan manis.