Ikan kembung sambalado

Dipos pada February 18, 2022

Ikan kembung sambalado

Anda sedang mencari inspirasi resep Ikan kembung sambalado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ikan kembung sambalado yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ikan kembung sambalado, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ikan kembung sambalado enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ikan kembung sambalado adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ikan kembung sambalado diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ikan kembung sambalado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ikan kembung sambalado memakai 18 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ikan kembung sambalado:

  1. 1/2 kg ikan kembung
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 siung bawang merah
  4. 15 buah cabe merah
  5. 10 buah cabe rawit
  6. 1 cm kunyit
  7. 1 cm lengkuas
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 1 1/2 butir kemiri
  10. 1 sdt merica bubuk
  11. secukupnya Garam
  12. 1 sdt Kaldu bubuk sapi
  13. 1 1/2 SDM Gula merah
  14. secukupnya Minyak masak
  15. 1 SDM Saos tomat
  16. 1 SDM Saos sambal
  17. 100 ml Air matang +-
  18. Bumbu instan RACIKAN IKAN 1 SC

Langkah-langkah untuk membuat Ikan kembung sambalado

1
Bersihkan ikan dan buang insang lalu lumuri dengan bumbu instan Racik ikan selama +- 15 menit. Lalu goreng ikan setengah kering/garing.
2
Sementara itu haluskan bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, lengkuas, cabe merah, rawit, kemiri dan di garam setengah sdt.
3
Tumis bumbu halus dengan minyak dan masukan daun jeruk hingga harum
4
Lalu masukan ikan yang telah digoreng tadi dan air matang. Diikuti dengan masukan gula merah, kaldu sapi, saos tomat dan saos sambal.
5
Diaduk merata dan biarkan hingga airnya sedikit menyusut.
6
Matikan api dan ikan kembung sambalado siap dihidangkan 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal tomat terasi tambahan ikan asin dan sayur asem

Sambal tomat terasi tambahan ikan asin dan sayur asem

Sambal tomat tidak terlalu pedas

4 orang
30 menit
Sambal Kepala Cumi

Sambal Kepala Cumi

Hallo food Lover,.. Biasa kepala cumi dimasak apa nich..?? Kalo saya selalu di goreng tepung aja simple 🀣🀣,.. tapi tadi Kepingin menu yg berbeda dari biasanya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜™ jadilah saya buat sambal ajahh 😁😁 tadinya sempet ragu takut rasanya bertabrakan,.. tapii gak dinggg πŸ˜„πŸ˜„ yummm πŸ˜‹πŸ˜‹ Tadaaaaa Jadilah menu baru 😘😘 Good Night food lover πŸ’• #MasakSetiapBagian #ResepWongKito #CookpadCommunity_Palembang #SambalKepalaCumi #OlahanKepalaCumi #beekitchen89 NOTE : * Kepala Cumi ; saya pakai yg Cumi Cabe / Cumi Cendol, masak lama pun gak akan kejel / alot.

1 Porsi
20 menit
Sambel Teri Simpel

Sambel Teri Simpel

Efek pengen sambel teri di nasi kucing angkringan yang belum kesampekan akhirnya bikin sendiri aja 😁

Saus sambal

Saus sambal

Ini cocolan saus buat basreng ya, bisa jg buat somay atw dimsum

3 org
5 mnit
Ayam Goreng Sambal Seuhah

Ayam Goreng Sambal Seuhah

Setelah sekian lama ga share resep, akhirnya bs menyempatkan waktu buat tulis2 dsni. N setelah sekian lama mau bikin Ayam Seuhah ini br x ini bs buat.

30-60 menit
Sambel Terasi untuk Hajatan

Sambel Terasi untuk Hajatan

Emang kadang suka bingung kalo hajatan karna semua yg dimasak harus porsi besar πŸ˜…

55 bungkus
45 menit
Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Tgl tua pengen jajan, akhirnya nguras bahan2 yg ada di dapurπŸ’–πŸ˜€πŸ™

3orang
Cumi Sambal Pedas

Cumi Sambal Pedas

Assalamu'alaikum.. Bismillah.. Ah kelupaan post kmrn πŸ™ˆ, sok sibuk bgt dech πŸ˜…πŸ™. . Kmrn nyobain masak cumi sambel pedas cooksnap dari resep dd manis @cook_windaskitchen , setelah mateng, aq tinggal nyuci piring perkakas habis masak. Pas balik ke ruang makan dan buka tudung saji.... Ta daaaa.... Cumi nya raib hampir 3/4 bagian 🀣🀣🀣 , terpaksa gak bisa pocan, poto seadanya, yg penting anak2 suka. Alhamdulillah... #cookingcommunityclass_Kreasisambalnusantara #bancakanceria3c #cookpadcommunity_surabaya #salamkompakselalu #pokcoy_windaskitchen #pokcoycoboy_windaskitchen #posbarkreasicooksnapcoboy #coboywani #coboy_cooksnap

Saos Sambal Tomat Homemade

Saos Sambal Tomat Homemade

Kalo Pergi ke pasar ini mata jadi jelalatan liat sayurmayur. Pas harga Tomat 1kg cuma 10rb, cabe merah keriting 7rb/kg. Borooong borooong. Sampe rumah cari2 ide mau dbuat apa nieh sayur segini banyaknya??? Buka2 yutube, ketemulah ide resep membuat saos tomat atau lebih tepatnya saos tomat pedas homemade.. #cookpadcommunity_semarang#ResepBagiPemula

800ml
Sambel Goreng Pepaya Muda

Sambel Goreng Pepaya Muda

Sambel goreng pepaya muda ini adalah makanan khas orang jaman dulu ketika punya hajat. Menu sederhana yang disajikan bersama nasi putih, telur/ayam dan tahu bumbu bali. Seiring perkembangan jaman, menu ini semakin langka dan sulit ditemukan.

4 orang
1 jam
Tahu telur sambal kacang

Tahu telur sambal kacang

Hampir mirip ketoprak sih ini. Tapi ga pakai bihun dan ketupat. Makan gini aja tanpa nasi udah kenyang πŸ‘πŸ»

1 orang
🌢 ️Sambal Lado Hijau

🌢 ️Sambal Lado Hijau

Bismillah .... Menu hari ini alaΒ² Padang,....tooppp markotopppπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Bakwan sambal jadul

Bakwan sambal jadul

5-7 porsi
1 jam
Sambel terasi kecombrang

Sambel terasi kecombrang

Karena aku dan keluarga ku pecinta rasa pedas,jadi setiap hari harus selalu ada sambel dalam menu masakan ku,kali ini aku mencoba membuat sambel terasi kecombrang,dannn ternyata suami dan anak2 ku suka dan selalu minta dibuatkan lg,sekarang aku akan bagikan resep sambel terasi kecombrang ini untuk mami2 kece.....

4 porsi
30 menit
Sambal Tauco

Sambal Tauco

Sambal Tauco simple buat teman makan Coto Makassar

Sambal Bajak Teri

Sambal Bajak Teri

buatnya kemaren, postingnya kelupaan wkwkwkw jadi posting hari ini yaa πŸ˜…πŸ˜… mumpung cabe masi murah meriah, jadi bebas bkin sambel tanpa mikir kantong bolong wqwq #CookpadCommunity_Semarang #Semangcookhokya

Fillet Ayam Sambal Ramania (Gandaria)

Fillet Ayam Sambal Ramania (Gandaria)

Ramania alias gandaria lagiiiiiiii.... Ternyata dicampurin sama ayam goreng endes juga πŸ‘ Mencoba menggabungkan citarasa banjar sama selera kekinian nih ceritanya... #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

Sambal cumi pedas manis

Sambal cumi pedas manis

Awalnya ada yang jualan online sambal cumi tapi harganya menurut ku mahal akhirnya aku coba masak sendiri dan aku puas dan dengan masak an aku

2 orang
30 menit