Tumini Tiwul Sambel Bawang

Dipos pada March 6, 2022

Tumini Tiwul Sambel Bawang

Anda sedang mencari inspirasi resep Tumini Tiwul Sambel Bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tumini Tiwul Sambel Bawang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tumini Tiwul Sambel Bawang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Tumini Tiwul Sambel Bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Tumini Tiwul Sambel Bawang adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tumini Tiwul Sambel Bawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tumini Tiwul Sambel Bawang memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah... Tanggal 10 kemarin tepat ulang tahun #cookpadcommunity_yogyakarta yang ke 3 Saya belum lama ini gabung di grub wa..ternyata seru,punya teman2 baru,acara masak2 tiap minggunya.Pokoknya gak bosen deh... Selamat ulang tahun buat #kopijos pokonya #selaluistimewa Tiwul semasa kecil saya jadi bahan pokok pengganti nasi.Semakin kesini jarang mengolah tiwul mamak saya.Dulu Mamak sering numbuk sendiri dilesung.Pernah saya coba bikin sendiri,menurut mamak tiwul yang saya olah ini gak sesuai seperti yang beliau buat.Waktu itu masih SD...padahal saya sudah perhatikan saat mamak buat.Saya yang masih kecil itu memang belum bisa" nginter" salah satu proses dalam membuat tiwul.Sejak itu saya gak pernah masak tiwul. Jaman sekarang makan tiwul jadi istimewa,karena jarang keluarga yang mengolah tiwul.Semua sudah makan nasi.Tiwul identik dengan sambel bawang.Cocok untuk kumpul2 makan bersama kerabat,teman atau sodara.Terkadang acara ulang tahun pun tak lepas dari sambel bawang.Anaknya yang ulang tahun...emak2nya...sambel bawang.Kadang piknik pun juga bawa bekel untuk sambel bawangan.Kadang siapa yang ikut sudah bawa lauk pauk,kulupan,kerupuk dan lalapan. Menurut alm Bapak,membuat sambel bawang yang pedas segar itu,jumlah cabainya ganjil dan ada satu yang gak dibuang tangkainya,agar tidak mules.Entahlah...benar atau tidak... #kopijosspesial_tumini

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tumini Tiwul Sambel Bawang:

  1. 300 gt tepung gaplek (teping singkong)
  2. Semangkuk air (tidak semua digunakan)
  3. Bahan sambel bawang
  4. 13 cabai rawit
  5. 1 siung bawang putih
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/4 sdt vetsin
  8. Pelengkap
  9. Telur dadar
  10. Teri goreng
  11. Kerupuk
  12. Kulupan (sayur yang direbus)
  13. Tahu/tempe goreng
  14. Gorengan (bakwan,tahu isi,atau mendoan)

Langkah-langkah untuk membuat Tumini Tiwul Sambel Bawang

1
Siapkan pengukus yang sudah diberi air,panaskan.Siaokan juga 1 mangkuk air bersih.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 1
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 1
2
Letakkan tepung gaplek di nampan/tampah.Beri sedikit air ratakan dengan tangan.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 2
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 2
3
Kemudian goyang nampang memuatar atau bisa kanan kiri hingga tepung kembali menyatu/tidak pencar.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 3
4
Tambahkan air secukupnya dan ratakan hingga tepung berubah warna karena basah.Tepung gaplek basah merata tapi tidak jadi lembek.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 4
5
Setelah air mendidih masukkan tepung dan kukus kurang lebih selama 20 menit atau sampai matang.Sesekali diaduk agar matang merata.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 5
6
Tanda tiwul sudah matang,warnya tidak pucat lagi.Kalo di icip tidak berasa tepung.Tiwul sedikit manis kalo sudah matang.Ada juga tiwul yang agak hitam kalo sudah matang.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 6
7
Ambil tiwul hangat hangat (aya mantang langsung dibentuk) secukupnya lalu bentuk tumpeng mini.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 7
8
Siapkan bahan sambal bawang.Haluskan semua bahan sambal.Sambal siap dinikmati bersama tiwul dan pelengkapnya.
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 8
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 8
Tumini Tiwul Sambel Bawang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Terasi Lampung

Sambel Terasi Lampung

Sambel ini pembuatannya simple dan hanya menggunakan 3 bahan Utama,tapi rasanya Luar Biasa. Sambel Terasi banyak banget jenisnya,tapi yang ini Pembuatan gak pakai ribet dan rasanya enak. Ini kalo di kampung Kami di Daerah Sumatra atau Danau Ranau namanya “Sambel Matah”. Tapi beda banget dengan “Sambel Matah bali” lho... Met Mencoba!

Sambal Tempe Ati Ampela

Sambal Tempe Ati Ampela

Sambal balado ati ampela dan tempe. Enak bangettt. . #CookpadCommunity_Yogyakarta #KOPIJOS #SelaluIstimewa

3 orang
Terong Panggang Sambalado

Terong Panggang Sambalado

Dua hari ini, ketemunya terong terus. Kebetulan ada 1 buah terong mentah sisa masakan semalam. Daripada keburu layu, langsung dimasak buat menu makan siang. Kali ini bikin terong panggang sambalado.

1 orang
15-20 menit
Sambal kacang untuk gorengan

Sambal kacang untuk gorengan

Bismillah Salah satu yang wajib ada dikulkas, krn sukaa banget makan pastel, arem², risol bihun pake bumbu kacang, ga afdol kl ga ada bumbu kacang 🤭 Buatnya mudah dan bisa di simpan dikulkas dalam waktu yg cukup lama.

30 menit
Sambel Bajak

Sambel Bajak

Sambel bajak plus penyetan ditambah sayur bening. Masyaallah komplit ya enaknya 🤩💜

2 orang
15 menit
Sambal Raja Kutai

Sambal Raja Kutai

Dahulu kala Sambal ini merupakan makanan kesukaan Raja Kutai. Saat ini siapa saja dpt menikmatinya dg menyesuaikan kondisi saat ini dg memvariasi dg bahan dan bumbunya sehingga Sambal Raja Kutai menjadi terkenal di pelosok Indonesia. Rasanya nikmat dan mantaf sebagai lauk nasi. Apalagi jk dipadu dg lauk lainnya spt ayam goreng, ikan asin....hem...nikmatnya... Tks mba Linda Resepnya, mantaf...🙏🙏 Source: Linda Riyadi ( Borlington) #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #AnekaSambalNusantara

relatif
25 menit
10. Part 2 : Chicken Katsu Geprek Sambal

10. Part 2 : Chicken Katsu Geprek Sambal

Ini aku pakai buat isian nasi box, pelengkapnya ada sayur timun wortel bumbu kuning, mie goreng, kerupuk, potongan buah, nasi putih. Jadi menu lauk andalan yang nggak ribet.

6 - 8 porsi
Sambal Raja Kutai

Sambal Raja Kutai

Konon cerita, pada zaman Kerajaan Kutai dulu, sambal ini dibuat sebagai pendamping nasi bekepor dan hanya bisa dinikmati para raja. Tapi, sekarang tak perlu jadi raja hanya untuk menikmati kuliner satu ini. Sambal raja kutai sekarang bisa kita nikmati di rumah. Cooksnap dari @Heniyahya #Cookpadcommunity_Bogor #CookpadIndonesia

3-4 orang
30 menit
Sambal Goreng Hati dan Kentang

Sambal Goreng Hati dan Kentang

Favorit nya anak gadis ku...

10 orang
45 menit
Ikan Kembung Goreng Siram Sambal Tomat

Ikan Kembung Goreng Siram Sambal Tomat

Termasuk lauk praktis yang bisa disajikan dirumah, digoreng kering lebih enak. Dengan bumbu minimalis, yang sangat gurih. Biar menambah selera makan diberi sambal tomat diatasnya. Jangan lupa lalapannya ya (ku hanya punya timun😊). Source : Bunda Ela Link Resep Asli: https://cookpad.com/id/resep/14987087-ikan-kembung-goreng?invite_token=hKVBfWRbYrVT9efGkWRJbShM&shared_at=1623300467 #Cooksnap_Kaltim #PekanCooksnap #BerapiBerami_CooksnapSodareKite #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Pontianak #ResepMamaEra

1 porsi
Tempe Daun Jeruk dgn Sambel Korek

Tempe Daun Jeruk dgn Sambel Korek

Ini pasti jadi menu favorit keluarga😍. Tempe kriuk2 ditambah wangi dari daun jeruknya, dicocol sambel korek homemade, bisa2 ngabisin nasi panas sebakul😁. Source : @dapurkobe #CookpadCommunity_Jakarta #dapurkobe

Sambalado Jengkol Teri Nasi

Sambalado Jengkol Teri Nasi

Menu boros nasi, baru pas masaknya aja udah aroma menggugah selera 😄 enak bangettt.. Pake nasi hangat dan kerupuk.

Sambel Goreng Kentang Ati Ampela

Sambel Goreng Kentang Ati Ampela

Dapat kiriman kentang dari tetangga yang habis panen. Bingung mau dibikin apa, yaudah hari ini sebagian di eksekusi jadi sambel goreng kentang aja 😍 Ini tanpa santan yaaa, buat yang mau pakai santan tinggal ditambahkan saja di akhir

216. Sambel Goreng Krecek

216. Sambel Goreng Krecek

Assalamualaikum semuaaa.... Alhamdulillah hadir kembali... Kali ini ikutan #ComboAnjangsanaKhas_Yogya ... dan kita cooksnap resepnya Mbak @TiniRostiawati76 dari Bandung... Salam kenal yaa Mbak... Sekalian ikutan challenge dari Mbak Linda dari @DapurGC ... Sukses terus buat usahanya yaa Mbak Linda and diberikan rejeki berlimpah... Aamiin YRA... Resepnya sedikit dimodif.... Disesuaikan dengan selera yg gak terlalu santan... Coz disajikan barengan sayur gudeg daun jati yg saya buat barengan.... Cuuuzzz ah... Biar serasa di Yogya yuuuk mari yuuuk... 😘🤸 ... Dipersembahan juga buat yg ultah kali ini Mbak @lilalestari .. 🎉🥰 #PekanCooksnap #AnjangsanaKhas_Yogya #Cookpadcommunity_Bogor

10 orang
1/2 jam
Sambal Goreng Ati Sapi Kentang

Sambal Goreng Ati Sapi Kentang

Salah satu menu wajib lebaran di keluargaku. Ngga ada ini, ngga lengkap. 🤭 Ini aku ga pake rawit, kalo suka pedes bisa tambah rawit. Source: Nita, Bandung.

Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Pgn bikin sambel yang beda dari biasanya.. buka buka cookpad cari sambel eh nemu resep sambel tempe kemangi ini. karena semua bahannya tersedia yaa cus aja di olahh.. aku modif dikit resep dari mba Evana Tati, untuk liat resep aslinya boleh cari aja id cookpad nya yah.. disini aku mau share hasil modifikasi aku aja karena aku cuman berdua sama suami jadi ga bikin banyak banyak.

2 orang