TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH

Dipos pada January 27, 2022

TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH

Anda sedang mencari inspirasi resep TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Punya putih telur sisa bikin PUDDING SPESIAL ULTAH CUBIM , akhirnya di pasar lihat terong ungu ingat pengin nyoba resep sang juara yang masuk final . Selamat mba @nurul_art sudah memberikan inspirasi pantas masuk final . Enak anak anak suka cuma disesuaikan cabenya . Jadi sekarang kalau punya bahan sisa putih telur tidak hanya ditumis dikecapin sama cabe hijau . Anak anak request boleh juga diulang bikin lagi 🀭 Source : @nurul_art #Pencok_KaBandung #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH:

  1. 100 gram putih telur (sisa bahan)
  2. 1/4 sdt garam
  3. 1/4 sdt lada hitam bubuk (me : lada putih)
  4. 1/4 sdt bubuk parsley
  5. 1/4 buah bawang Bombay cincang halus (me : 1/2 buah)
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk jamur
  7. Bahan Sambal Matah
  8. 80 gram bawang merah (sesuaikan)
  9. 10 buah cabe rawit merah (me : 7 buah)
  10. 1/2 siung bawang putih (me : 1 buah)
  11. 5 lembar daun jeruk (buang bagian tengahnya)
  12. 1 batang sereh (me : 2 batang) iris iris tipis bagian bonggol
  13. 1 buah jeruk limau peras airnya
  14. 1/2 bungkus terasi udang (me : 2 sdt terasi goreng)
  15. 1/2 sdt gula pasir
  16. 1/4 sdt garam
  17. 50 cc minyak goreng (me : Canoli)
  18. Bahan Pelengkap
  19. 2 buah kulit terong ungu
  20. 3 sdm cuka
  21. 600 cc air

Langkah-langkah untuk membuat TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH

1
Tips : agar terong tetap berwarna ungu : rebus air dan cuka sampai mendidih, masukkan terong utuh pastikan terong terendam seluruh bagian rebus 5 - 8 menit. Setelah direbus iris terong memanjang jangan jangan sampai terbelah. Pisahkan isian dengan kulit terong dengan sendok / pisau, sisihkan.
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 1
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 1
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 1
2
Siapkan bahan sambal Matah. Iris bulat bahan sambal Matah cabe, bawang merah, daun jeruk campur semua bahan yang sudah diiris jadi satu kecuali, sere dan bawang putih panaskan minyak tumis bawang putih dan sere masukkan terasi, garam, gula pasir, kaldu bubuk jamur oseng sampai matang. Siram dengan minyak panas beri perasan jeruk limau koreksi rasa sisihkan.
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 2
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 2
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 2
3
Tumis bawang Bombay cincang sampai layu, matikan api agar tidak terlalu panas, setelah wajan tidak terlalu panas nyalakan kompor api kecil langsung masukkan putih telur sedikit demi sedikit sambil di orek sampai habis tidak menunggu wajan panas. Cincang halus isian terong masukkan kedalam orek telur dan tambahkan semua bumbu.
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 3
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 3
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 3
4
Setelah bumbu masuk, aduk rata, cincang halus isian terong masukkan kedalam orek telur aduk masak hingga matang (terong cincang empuk) koreksi rasa.
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 4
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 4
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 4
5
Siapkan piring atau wadah tata kulit terong masukkan orek terong putih telur lalu siram dengan sambal Matah diatas terong. Sajikan TERONG OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH.
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 5
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 5
TERONG πŸ† OREK PUTIH TELUR SAMBAL MATAH - Step 5
6
Jika masih ada sisa kulit terong orek putih telur jangan dibuang, panasi dan olah lagi tuang semua sisa yang sudah disiram sambal Matah ke wajan, kulit terong (wadah) iris kecil kecil sesuai selera, oseng semua jadi satu dan bisa dihidangkan tanpa membuang sisa kemarin.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Goreng Terasi (iris πŸ…)

Sambel Goreng Terasi (iris πŸ…)

Punya tomat dkulkas lumayan banyak, sayang klo ga di olah,, berhubung paksu ada drmh dan minta dbikin sambel,,, finaly qt bikin dah!

-+ 20menit
Resep Sambel Pecel Sayuran

Resep Sambel Pecel Sayuran

Hari ini membuat pecel, menu wajib nih untuk menjaga kesehatan. Sayuran bisa pakai sayuran apa saja yang ada dirumah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ☺

4 porsi
30 menit
Sambal goreng krecek kacang merah

Sambal goreng krecek kacang merah

Buat ini untuk pelengkap gudeg, tapi karena ga punya kacang Tolo, kacang merah pun jadi pengganti. πŸ˜€

Cemeding kangkung sambel petis ikan laut

Cemeding kangkung sambel petis ikan laut

Petis ikan ini terbuat dari sari ikan laut yang d pindang,,makanya petis ikan ini rasanya asin karna ikan laut ketika mau d pindang d kasih garam

1-15 menit
Sambal Oncom Kemangi

Sambal Oncom Kemangi

Paporit pisaaan🀀 Tiap arisan cooksnap, pertama dicari resep oncomπŸ˜‹ Kali aj ada resep yg beda😁 Tp telusur di telusur, ternyata ini resep saya sendiri🀣 yang jadi resep muter dan turun temurun di #GenkPejuangDapur Sumber resep : dari saya sendiri https://cookpad.com/id/resep/12582108-sambel-oncom?invite_token=cy7ecvuxEWkSNKdrVXeTM9GM&shared_at=1637389047 Kemudian di cooksnap oleh sibontot @Winda_Arfan trs dicooksnap sm mak admin @GriyaSyariKitchen di cooksnap lagi oleh teh @Nia_130790 eeh giliran #CookmemberGenkPeDa_MamaNia saya cooksnap lg🀭🀣 ya dh gpp terlanjur pocanπŸ₯°πŸ™ #RememberGenkPeDa_DdeWinda #RememberGenkPeDa_GriyaSyari #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Sambal Lamongan

Sambal Lamongan

Sumber : Youtube Nuraaini Suwarto Variasi jenis sambal, yg jelas rasanya pasti enak.. πŸ€— #CookpadCommunity_Palembang #sambaltumis #menusambal

🌢 Sambal Brambang TerEnak

🌢 Sambal Brambang TerEnak

Pertama kali bikin. Dan rasanya pas di lidah sekali. Ditemani sama nasi hangat. Jelas menghabiskan banyak nasi 🀀. Mari di coba yuk bunda... #sambalbawang #cookpadcommunity_jombang

2 porsi
25 menit
Bandeng Bakar Sambal Siram

Bandeng Bakar Sambal Siram

Alhamdulillah akhirnya bisa diposting juga nih resep bandeng bakar sambal siram, pas banget dengan challenge minggu ini dari cilmin #cookpadcommunity_Borneo dan challenge dari mamah cookpad #CookpadIndonesia. Maaf ya, karena saya tidak merayakan malam tahun baru, jadi terpaksa ambil tabungan resep deh...🀭. Untuk resep ini saya lupa cooksnap dari resepnya siapa, karena sudah lama tersimpan di draf. Yang merasa dicooksnap, terimakasih resepnya, saya izin reshare ya...πŸ™πŸ»πŸ˜. #PekanPosbar #KreasiBBQ #Barampaan #Barampaan_SarabaBabanam #Cookpadcommunity_Balikpapan #Cookpadcommunity_KalTim

Sambal Ebi

Sambal Ebi

Selama ini kalo ngolah ebi paling cuma buat campuran bumbu di tumisan. Tapi ternyata di bikin sambel enak juga.. 🀀. Amankan magicom.. πŸ˜† . Resep ini cooksnap dari mbak @myfoodstories . Nggak kerasa udah hampir 1 tahun partneran dalam membangun cp bali. Mbak ani ini yg selalu kreatif dalam membuat flyer di cp bali. Selain itu juga suka merekomendasikan tempat makan yg cocok buat poto2.. πŸ˜†. Yuk kapan kita mitap lagi mbak.. 😍 . #cpbalisnap_superadmin2021 #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_denpasar #TiketGoldenBatikApron

Sambal Tempe Kemangi

Sambal Tempe Kemangi

Tempe nya pakai yang hampir busuk ya, jadi tempe yang sudah jadi itu simpan di kulkas paling cepat 8 hari, baru dipakai Jika kurang pedas bisa tambah lagi cabai kecil nya. Untuk kemangi bisa juga dimasukkan terakhir saat kompor masih hidup, agar layu kemanginya (seperti foto sampul). Tapi kalau suka yang kemangi nya masih krenyes-krenyes maka krmangi masuk terakhir setelah kompor dimatikan, dan aduk jangan terlalu lama. Yang recook, bisa share foto hasil akhirnya dan komentar nya, ditunggu..

Fillet patin sambel kecap

Fillet patin sambel kecap

Bismillah.. Biar bervariasi masakan di rumah, nyobain macem2 ikan. Hehe. Source: @puteri_jasmine91 #CookpadCommunity_Tangerang

Tuna sambal matah

Tuna sambal matah

Tuna sambal matah merupakan masakan yg praktis, gampang dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Gurih dari ikan tunanya yang dipadukan dengan rasa asam, pedas, manis dan aroma yang wangi dari daun kemangi dan sereh membuat nafsu makan menjadi bertambah.

4 orang
45 menit
Baso tahu + sambal kacang Diet

Baso tahu + sambal kacang Diet

Diet nya enak ya. Makanan nya ttep enak semua walaupun no minyak, tepung Garam, gula, tetap pakai tapi yg untuk diet. Garam rendah natrium, gula aren.

Udang sambal nanas

Udang sambal nanas

Sambal nanas ini sambal khas Palembang. Ada yg versi tumis, ada yg versi mentah. Kali ini saya mencoba untuk membuat versi tumis dengan ditambahkan udang goreng. Yuk dicoba resepnya mom. Source: @elenveronika

Ayam goreng sambal ijo kemangi

Ayam goreng sambal ijo kemangi

Iseng goreng ayam yg praktis

4 orang
stgh jam
Sambel teri angkringan

Sambel teri angkringan

Aku suka banget makan nasi bungkus di angkringan dan selalu milih yg pake teri, penasaran pengen bikin, tapi belum sempurna, kebanyakan teri nya. .tapi not bad sih rasanya, malah jadi kaya oseng gitu. .

30 menit
Sambal Goreng Krecek Tahu dan Telur

Sambal Goreng Krecek Tahu dan Telur

Sambal goreng krecek tahu ini terinspirasi dari resepnya mba @dapurVY, baru pertama kali buat tapi rasanya enakk bgttttt. Hampir 1minggu sekali bikin sambal goreng krecek iniπŸ₯°

Sambal Raja Kutai Khas Kalimantan Timur

Sambal Raja Kutai Khas Kalimantan Timur

Source : BunnaπŸ’œ @alaBunna (Dengan Penyesuaian) 04/13/2021 (501).....satu lagi menu khas Kalimantan Timur yg sy cs dr mba Lina utk memeriahkan acara Semarak Clovers yg temanya di tentukan jg oleh mba Lina @alaBunna Sekaligus menu ini sy ikutkan utk Pilkada Kombes,semoga Kombes nantinya makin kompak,saling menghargai dan makin seru,teman jd serasa saudara saling berbagi ilmu memasak dll,berbagi info apapun deh yg bs bikin anggota Kombes makin sukses dlm bisnis dan sukses membahagiakan keluarga sekaligus utk mengangkat menu khas daerah Indonesia agar makin di kenal byk org dan spy bs mendunia spt halnya rendang,sate,nasi goreng,bakso dll. Ini menu simple yg semua org pasti suka semoga byk yg berkenan cooksnap resep ini,aamiin #BekoanUrangKaltim #Semarak_BekoanUrangKaltim #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #IdeMasakku #CookpadIndonesia