Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet

Dipos pada February 28, 2022

Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Favorit nenek banget ini. Kandas sarai ini bisa dibikin dengan atau tanpa ikan. Kalau tanpa ikan namanya jadi "Kandas Sarai" saja, karena "Lauk" dalam bahasa Dayak Ngaju berarti "ikan". "Kandas" dalam bahasa Dayak Ngaju itu berarti hidangan yang diulek, ya. Yang dibuat dengan cara "dikandas" atau diulek. #GASepiringNasiSambal #Semarak_GASepiringNasiSambal #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_KalSel #EmakNusantaraKreatif

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet:

  1. 1-2 potongan ikan, bersihkan, bumbui sesuai selera
  2. 5 siung bawang merah
  3. 1/4 sdt terasi yang sudah dibakar
  4. 3 buah serai, iris tipiiiis sekali
  5. 2 buah cabe rawit merah atau sesuai selera
  6. secukupnya Garam dan penyedap

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet

1
Goreng ikan yang sudah dibumbui hingga matang dan kering, ya. Tekstur yang enak buat dibikin sambal kandas itu yang digorengnya agak kering. Kalau masih basah dia agak benyek. Angkat, sisihkan.
Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet - Step 1
2
Siapkan semua bahan di cobek.
Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet - Step 2
3
Mengulek ada tahapannya : Ulek serai terlebih dahulu. Nah mengiris serai ini harus ekstra tipis, ya biar mudah menguleknya. Jika serainya sudah halus, lanjutkan mengulek cabenya. Tak perlu terlalu halus. Setelah itu ulek bawang merahnya.
Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet - Step 3
4
Setelah semuanya halus, ulek terasi dan garam serta vetsin bersama serai, cabe dan bawang yang sudah diulek tadi agar tercampur rata. Garamnya jangan terlalu banyak, ya. Hati-hati. Apalagi kalau ikannya tadi sudah dibumbui garam. Tak perlu menambahkan banyak garam. Ikan yang sudah digoreng tadi dipisahkan dari tulangnya dan diambil daging dan kulitnya saja.
Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet - Step 4
5
Ulek daging ikan tanpa tulang tadi bersama ulekan sambalnya. Ulek hingga tercampur rata. Tes rasa. Kandas sarai lauk pun siap dihidangkan sebagai lauk ataupun pelengkap. Lebih enak kalau langsung dihidangkan setelah selesai dibuat.
Sambal Kandas Sarai Lauk khas Kalimantan Tengah ala Violet - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel pete suka-suka

Sambel pete suka-suka

#cookpadcommunity_bali #ummakitchenbalihalalanfood

4-5 porsi
15 menit
Udang sambal goreng kentang

Udang sambal goreng kentang

Sambil nunggu nasi masak buat lauknya dulu, cuma butuh waktu 30 menit untuk masak udang sambal goreng kentang dengan api sedang.

3 orang
30 menit
Sambel goreng kentang krecek solo

Sambel goreng kentang krecek solo

Numpang nyimpen resep aja sih,dr sekian yg pernah di coba,ini menurutku yg pling pas di lidah

5 porsi
Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull

Cilot Sambal Goreng ala Abang2 Mantull

Meskipun tinggal di luar negeri, lidah kampung saya tak bisa hilang. Hihi.. Saya pecinta jajanan kampung termasuk cilot. Kebetulan saya sedang ingin sekali menikmati cilot sambal goreng seperti di kampung halaman. Dan, voilร ! Hasilnya mantuull makkk! Bikinnya juga gampang bangett.

2 orang
30 menit
Sambal bawang utuh versi tempe goreng

Sambal bawang utuh versi tempe goreng

Sama kayak resep sebelumnya yang terinspirasi dari mbak @tinahasbie tp yang ini bahan utamanya pakai tempe goreng. Ga kalah nikmatnya malah ini lebih sehat.

Sambal cumi asin

Sambal cumi asin

Cara membuat klik link ini https://youtu.be/KsmFFYRmbnE

Day. 463 Sambal Goreng Krecek Tanpa Santan (21 month+)

Day. 463 Sambal Goreng Krecek Tanpa Santan (21 month+)

Cuma mau beberapa suap nak bayi. Kalo teteh cuma mau makan wortelnya aja.

Sambal Ijo

Sambal Ijo

Masih dalam pembelajaran cara memfoto Simple Shoot dari Master perfotoan yaitu Mbak Aditya Damayanti, saya mengusung resep Sambal Ijo pendamping Ayam Pop di resep sebelumnya. Terima kasih mbak Aditya Damayanti untuk sharing ilmu yang sangat bermanfaat. Terima kasih juga Coboy sudah mendatangkan seorang gueu yang sangat sabar dalam proses pembelajaran ini. Salut buat buat Coboy dan Mbak Aditya Damayanti. Sambal ijo ini tidak terlalu pedasa ya, seperti biasa saya ganti cabenya denga paprika hijau, namun untuk aroma masih tetap seperti yang dirumah makan Padang. Wajib coba! Source: Aditya Damayanti Modified: Carolina #SambalIjo #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_AdityaDamayanti #NgacoBareng_AdityaDamayanti #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #AdityaDamayanti #Carolina

Sambal Pecel Lele / Ayam Lamongan Asli Enak

Sambal Pecel Lele / Ayam Lamongan Asli Enak

Lagi pengen makan yg sedep2, sambelnya sambel lamongan, resep by. mas @fickyshow tapi aku separuh resep karena stok cabe menipis dikulkas jadi seadanya..

5 porsi makan
sedelat
190. Tahu Tempe Penyet Sambal Tomat

190. Tahu Tempe Penyet Sambal Tomat

Makanan pembangkit selera makan niih, pelengkap makan nasi hangat, apalagi ditambah kerupuk duuh tambah lahaaap... #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #KulaEtamCoCoK

Sambal bawang (geprek)

Sambal bawang (geprek)

Critanya hr ini menu makanan ayam geprek,krn di rumah pd gak suka pedes jd sambel bawangnya pakai cabe merah kriting jadi tidak terlalu pedes.

10 menit
Sambal Embe khas Bali

Sambal Embe khas Bali

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Hai cookpaders... Sambal embe merupakan salah satu sambal yang berasal dari Bali, sambal ini bahan dasarnya sama dengan sambal matah, hanya yang membedakan proses pembuatannya saja. Posbar 3C minggu ini jalan2 ke seluruh Indonesia dengan mengenalkan aneka sambal nusantara. Dirgahayu Indonesiaku ke 76 th, semoga rakyat Indonesia tetap bersatu n hidup rukun ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Source : Tyas Yodha Link resep asli ๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/15039874-sambal-embe-khas-bali?invite_token=W9vKLdkS4vDC1oYoGNhpuYxu&shared_at=1629386091 #CookingCommunityClass_KreasiSambalNusantara #BancakanCeria3C #BancakanNusantara #CookpadCommunity_Palembang #SalamKompakSelalu #ResepWongKito #SambalKhasBali #MamiCay #Agustus21

Sambalado Uok Talua Puyuah Bada

Sambalado Uok Talua Puyuah Bada

Terinspirasi dari resepnya @MommyZhi_89 lagi bosen olahan telur puyuh yang itu2 aja.. Pas banget ada resep menarik khas Minang pula, favorit saya. Langsung deh cooksnap enak banget buat 1x makan bagi saya yang lagi diet ala DEBM. #HidanganNusantara #MenuNusantara #HidanganNusantaraLintasSumatera #MasakanKhasMinang

1 orang
Sambal special (cocok untuk ikan, ayam goreng/bakar)

Sambal special (cocok untuk ikan, ayam goreng/bakar)

Siapa yg dirumah suka cobain macam2 sambal dan suka stock sambal di kulkas, gak perlu repot repot masak sambal lagi, kalo mau makan tinggal dikeluarkan di suhu ruang lalu tinggal di cocol ๐Ÿ˜‚.. sambal biasany saya buat bisa tahan sampai 3 bln di kulkas, asalkan cara penyimpananny benar dan di ambil dengan sendok yg baru, dijamin sambal tetap awet. Ini sambal favorite dirumah untuk gorengan, bakaran jg enak... ๐Ÿ‘ #sambal #Cookpadcommunity_kalteng

Sambel tomat

Sambel tomat

Sambal tomat ala mama Mugi tumis dlu bawang merah baru masukan cabai yg sudah dihaluskan lalu masukan potongan tomat

Sambal Goreng Ati Kentang

Sambal Goreng Ati Kentang

Manfaatin bahan yang udah ada aja sih.. kebetulan dikulkas masih punya hati sapi, jadi tinggal beli kentang deh buat bikin menu ini.

Sambal bawang utuh

Sambal bawang utuh

Buat pecinta bawang, ayo cobain, ini enak banget. Mudah buatnya, cepat, simpel dan yang pasti bisa ngabisin nasi. Source : @tinahasbie

Sambel pete simple

Sambel pete simple

Karna buru buru jadi nggak tak fotoin satu persatu bahannya ya bund๐Ÿคญ

5 porsi
Sambel goreng pete pedas

Sambel goreng pete pedas

6 orang
20 menit
Sambal kentang

Sambal kentang

Lebih nikmat pakai ati ayam atau sapi..kebetulan aku lagi gk ada jadi kentang aja๐Ÿ˜