Sambal bawang ala Bu Rudi

Dipos pada February 28, 2022

Sambal bawang ala Bu Rudi

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal bawang ala Bu Rudi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal bawang ala Bu Rudi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal bawang ala Bu Rudi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal bawang ala Bu Rudi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal bawang ala Bu Rudi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal bawang ala Bu Rudi memakai 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saat panenan cabe di kebun melimpah, agar tidak cepat busuk cocok sekali diolah menjadi sambal. Sambal bawang bu rudi ini saya recook dari resepnya ci devina. Pedasnya bisa disesuaikan menurut selera. Rasanya mantap, pedasnya mantul.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal bawang ala Bu Rudi:

  1. 100 gr cabe rawit
  2. 100 gr bawang merah
  3. 5 bawang putih beserta kulit
  4. 70 ml minyak goreng
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdm gula
  7. 1 sdm kaldu bubuk
  8. 25 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Sambal bawang ala Bu Rudi

1
Cabe yang merah disiangi dan dicuci betsih. Tumbuk kasar bawang merah dan cabe. Bisa juga menggunakan chopper, cukup giling kasar agar terasa teksturnya.
2
Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih yang digeprek beserta kulitnya. Biarkan bawang putih hingga berubah cokelat, lalu angkat bawang putihnya.
3
Masukkan gilingan cabe dan bawang merah ke dalam minyak goreng tersebut. Tambahkan bumbu2 dan air. Masak hingga air hilang dan bawang putih berubah transparan. Koreksi rasa.
Sambal bawang ala Bu Rudi - Step 3
4
Setelah sambal matang, biarkan dingin lalu masukkan ke dalam botol kaca.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

14. Sambal Goreng Cue/ Pindang

14. Sambal Goreng Cue/ Pindang

Cue nih kudu bgt digoreng dl biar pas diolah gak hancur seperti harapanku padamu #jitak Bisa juga dikukus ya, less worry krna terhindar dari ledakan & cipratan minyak. Klo mau digoreng, siapkan shield, pinjem punya Captain Amriki mantep, bun! Yuk ah, masak #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_depok #cookpad_id #cookpadcommunity_id #ikancue #masakcue #resepcue #sambalcue #cuemasakpedas

2 orang
45 menit
Sambal Embe Ikan Asin Lamuru

Sambal Embe Ikan Asin Lamuru

Pengen lagi dan lagi. Ikan ini bikin nagih di masak pedas. #CookpadCommunity_Magelang #AnekaSambel

1 porsi
Sambal Bongkot Bali / Bunga Kecombrang

Sambal Bongkot Bali / Bunga Kecombrang

Wanginya Bedaaaa ... Inspirasi dr : Y.Utomo yg memang tinggal di Bali.

Sambal krecek pedas

Sambal krecek pedas

3-4 orang
45 menit
Sambal Goreng Ati Ampela ala KOBE

Sambal Goreng Ati Ampela ala KOBE

Source : @dapurkobe Masih banyak stok bumbu & tepung instan dari Kobe yang belum sempat saya olah. Kebetulan hari ini paksu pengen sambal goreng ati ampela. Cussss kepoin resep dari Dapur Kobe dan ketemu resep super simpel dan cepat. Hasilnya memuaskan...enak dan pedesnya Poll banget 😋👍 . . #cooksnap #PekanCooksnap #sambalgorengatiampela #sambalgoreng #olahanatiampela #dapurkobe #masakalakobe #hadlenyforkobe #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

5 orang
11. Sambal bawang kemiri

11. Sambal bawang kemiri

Hampa sekali ketika makan kalau ngak ada yang pedes - pedes di mulut jadi buat sambal dehh untuk memanjakan lidah ini. Sambal ini cocok banget nih jika makan bersama nasi putih, dan makanan pelengkap lainnya seperti kerupuk,ayam goreng, lalapan timun, kol, sawi keriting, kemangi dan minumnya es jeruk kecil Segerrr banget😉. Makan pun tambah lahap nambah lagi dan nambah lagi. Yuk mari memasak #cookpad.id #masaksambal #masakkanindonesia

2-3 orang
15 menit
Sambel goreng Jipang (labu Siam) & rambak

Sambel goreng Jipang (labu Siam) & rambak

Saya tau makanan ini setelah tinggal disini (Semarang) mungkin sambal goreng ini adalah makanan khas sini.

Sambal Mentah Satelit

Sambal Mentah Satelit

Source : @ABATA73 Sambal mentah satelit (sate lilit)-nya puedes mantaaabbb... 👍🤤😋

Sambal Leunca plus kikil (kulit) sapi

Sambal Leunca plus kikil (kulit) sapi

leunca bahasa sunda ato buah lumai bhasa palembang ini mempunyai banyak khasiat. di sunda ini sambal andalan.biasanya bisa di campur jg dengan kemangi biar lbh nikmat tp saya skip krna ga ad stok.

3 orang
20 menit
Sambal Kandas Terung Khas Dayak Ngaju ala Violet Azalea

Sambal Kandas Terung Khas Dayak Ngaju ala Violet Azalea

Kesukaan aku buat sarapan ini. Jumlah cabe ditentukan sendiri ya tingkat kepedasannya. #GASepiringNasiSambal #Semarak_GASepiringNasiSambal #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_Kalsel #EmakNusantaraKreatif

Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal Goreng Kentang Ati

Sumber blog: catatannina.com Terimakasih bunda nina atas inspirasi resep yang jd favorit santapan weekend. Sedikit perubahan pada resep sesuai dengan selera keluarga kami.

4-5 orang
45 menit
Sambal goreng kentang krecek

Sambal goreng kentang krecek

Punya kentang bingung mau diapain, akhirnya dimasak sambal goreng, kebetulan ada krecek. Jadilah sambal goreng krecek. Alhamdulillah anak dan suami suka..

1 jam
*Sambal Gami Ikan Mas*

*Sambal Gami Ikan Mas*

Selasa 28-09-2021 ... Pengen banget tau rasanya sambal gami yang khas dari Bontang KalTim ini. Dan yang khasnya itu dimasak diatas cobek tanah liat, tapi berhubung gak punya cobek tanah liatnya, jadi seadanya aja...maju terus pantang mundurlah, dari pada penisirin🤭🤗...iya kan dan karna juga punyanya ikan mas .... ya udah akhirnya jadilah sambal gami ikan mas...cooksnap resepnya Bunda Ela. ini emang enak dan nikmat banget dan inimah pasti kesukaan emak-emak dan yang pasti bikin program dietnya tertunda lagi.... Wk...wk...wk...ckakaaakk🤣🤩. Source : @elabundaela #CookpadCommunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Sambel Terong, Ebi dan Pete

Sambel Terong, Ebi dan Pete

Assalamu'alaikum Punya terong di kulkas udah semingguan ga diapa apain. Lagi mager banget ga mau masak yang ribet. Dapet resepnya mb Husna terong balado ada rebon nya. Ahh kayanya enak.. coba eksekusi rebon diganti ebi, plus di kasih pete. Aahh enak, nambah makanya. Makasih resepnya yaa mb, semoga mb Husna dan keluarga selalu diberi kesehatan 🥰🥰 Source : @HI_2022 #genkpejuangdapur #Remembergenkpeda_HiDapoer #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #kopijos

Cireng (sambal bumbu rujak)

Cireng (sambal bumbu rujak)

Cireng ini enak pas dimakan sore sore. Selamat mencoba yaa.

3 orang
45 menit