416. Sambal Terasi dan Lalapan

Dipos pada February 21, 2022

416. Sambal Terasi dan Lalapan

Anda sedang mencari inspirasi resep 416. Sambal Terasi dan Lalapan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 416. Sambal Terasi dan Lalapan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 416. Sambal Terasi dan Lalapan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 416. Sambal Terasi dan Lalapan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 416. Sambal Terasi dan Lalapan adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak 416. Sambal Terasi dan Lalapan diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 416. Sambal Terasi dan Lalapan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 416. Sambal Terasi dan Lalapan memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

🇮🇩 Selasa, 17 Agustus 2021 🇮🇩 Hari ini hari Kemerdekaan RI yg ke 76.. Selamat Ulang Tahun Negeriku Tercinta. Indonesia Tangguh Indonesia tumbuh ❤🤍🇮🇩 17 an identik dengan tumpengan, untuk merayakan HUT RI kali ini #cocomba dgn program paisnya menyelenggaran guyub tumpengan. Jadi kita membentuk tim yang terdiri dari 4 orang dan masing² memasak menu untuk nasi tumpeng yang nanti kita satukan. Tim saya terdiri dari teh @Dapur_neetasyl teh @ikha_thea1 teh @cooking_with_hadleny . Nama tim kami #thepoek (#thepowerofemakkokomba). Kalau gelap (poek bhs sunda) emak² pasti selalu membuat terang dapur dengan cahaya api dari kompornya 😍❤🤍 Nah sebagai pelengkap salah satu mrnu nasi tumpeng saya masak sambel Terasi dan lalapan. Sambel terasinya istimewa banget karena ini sambel yg pertama sekali diajarkan alm. Mama ke saya ketika kami baru pindah ke Manado. Pertama sekali saya mengulek sambel, kenangan indah dan tak terlupakan...🤣😍. Saat itu tiap hari kami makan pasti harus ada sambel terasi ini...🤤🥰 Semoga Resep ini dapat menginspirasi dan memasak menjadi hal yang menyenagkan..❤🤍🇮🇩 #PaisGuyub_Tumpengan #thepoek #thepowerofemakcocomba #cookpadcommunity_bandung #cookpadindonesia #PaisGuyub_TujuhBelasan #Cocomba #Cookpad_id #AuthorsBandungHebring #MasakItuSaya #CookingWithHeart

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 416. Sambal Terasi dan Lalapan:

  1. 100 gram Cabai Keriting
  2. 10 buah Cabai Rawit
  3. 6 siung Bawang Merah
  4. 3 siung Bawang Putih
  5. 1/2 sdt Terasi
  6. 2 buah Kemiri
  7. 1 buah Jeruk sambal / jeruk purut
  8. Secukupnya Garam
  9. Secukupnya Gula Merah
  10. ✅ Lalap
  11. 4 kuntum Ceciwis
  12. 3 buah Wortel
  13. 4 buah Labu Siam Kecil
  14. 2 buah Timun

Langkah-langkah untuk membuat 416. Sambal Terasi dan Lalapan

1
Persiapkam bahan² yang akan digunakan.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 1
2
Cuci bersih labu siam, wotel dan dan ceciwis. Lalu sayuran tadi dipotong² memanjang.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 2
3
Kupas bawang merah, bawang putih lalu cuci bersih. Cuci bersih cabai keriting, cabai rawit dan tomat. Potong² cabai agar tidak meletus waktu di goreng. Panaskan minyak lalu goreng semua bahan² sambal hingga layu. Angkat lalu di uleg (saya lebih suka memalai ulekan / cowet). Setelah halus beri garam dan gula merah, uleg hingga rata, koreksi rasa.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 3
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 3
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 3
4
Terakhir beri perasan air jeruk sambal / jeruk purut, aduk hingga rata.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 4
5
Cuci bersih labu siam, wotel dan dan ceciwis. Lalu sayuran tadi dipotong² memanjang.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 5
6
Panaskan air hingga mendidih, beri sedikit garam agar sayuran tetap berwarna cantik. Rebus sayuran hingga matang lalu angkat dan tiriskan. Lakukan secara bergantian.
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 6
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 6
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 6
7
Hidangkan Sambel.beserta lalapannya... 🇮🇩❤🤍
416. Sambal Terasi dan Lalapan - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Rebus ala DFC (sambel penomenal di Bontang)

Sambal Rebus ala DFC (sambel penomenal di Bontang)

BB semakin melonjak, akibat ga mengontrol asupan minyak dr makanan, dan karbo. Alhasil mulai berdiet lagi, meminimalisir makanan yg di goreng minyak. Hari ini mengolah terong rebus, tumis tatem/ tahu tempe dkk. Ga afdol klo meolah terong tanpa sambal kan ya, nah jadilah sambel rebus ini, dr awal diet emang sambel ini terdabes buat di cocol ke terong dll. Yuk simak resepnya.

2 porsi
15 menit
Sambal Korek

Sambal Korek

Sambal korek ini cocok banget buat teman makan ikan asin goreng 🤤 pedesnya polll banget.. #CookpadCommunity_Palembang

Terong sambalado😉😁

Terong sambalado😉😁

Karena pengen masak cepat kebetulan anak2 suka makanan pedas dan persediaan sayuran tinggal terung ungu..ya sudah saya buat terungnya di sambalado aja..😁😉

8 -10 orang
10 menit
Ketan bakar sambel oncom Lembang

Ketan bakar sambel oncom Lembang

Kangen sama ketan bakar sambel oncom di Lembang, Udah lama ga pergi kesana apa lagi musim ppkm kayak gini. Kebetulan tadi pagi ada oncom Bandung di Mamang sayur. Kalau nasi ketannya masih punya 2 bungkus lagi, waktu itu bikin 1 kg beras ketan dibagi 4 bungkus. Saya bakar ketannya di wajan teflon yang dioles minyak jadi tampilannya ngga ada gosong-gosong seperti yang di Lembang itu. Tapi bikinan sendiri baik ketan dan sambel oncomnya lebih sedap lho🤭. #Jajanantradisional #KetanBakarSambeloncom #KetanBakar #SambelOncom #CookpadCommunity_Bandung #ResepGiacinta

Sambal Cumi Balado Pete

Sambal Cumi Balado Pete

Source : @dapurade50 (DKI Jakarta) #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Sumbar #CooksnapAdminGenkPeda #CooksnapAdmin_DapurAde

Sambel Goreng Kreni

Sambel Goreng Kreni

Gak asing dengan sambel goreng ini, setiap ada hajatan mesti nemu menu sambel goreng kreni. Seperti bikin bestik karena gak suka daging sapi maka di gantilah daging ayam

1 jam 30 menit
Sambel terong

Sambel terong

5 orang
30menit
Sambal Bawang

Sambal Bawang

Ini sambal bawang versi saya.. Buat saya dan pak suami yg suka sambal tapi ga terlalu pedas. Jadinya full bawang tapi cabenya 15n biji aja 🤭

Mandai nangka/kulit nangka sambal pedas manis

Mandai nangka/kulit nangka sambal pedas manis

Dapat resep dari sepupu. Kulit nangka bisa juga diganti dengan kulit cempedak yang buahnya matang. Jadi kalau beli nangka atau cempedak kulitnya jangan dibuang ya, bisa diolah menjadi masakan yang enak.

Sambal Terong

Sambal Terong

Kesukaanku nih 😍 terong disambel sederhana gini dah nikmat banget dimakan sama nasi anget 😋 Ini temen nya tempe tahu goreng 🤭 #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

30 menit
Sambal Cumi Asin

Sambal Cumi Asin

ga pernah bosan dengan masakan yg satu ini, hanua cukup dengan nasi hangat aja dijamin ga akan berhenti ngunyah 🤭 #CookpadCommumity_Depok

833. Sambal Bawang (ala) Bu Rudy

833. Sambal Bawang (ala) Bu Rudy

Assalamu'alaikum sahabat dapur ... Ini mumpung harga cabe lagi murah, sengaja saya nyetok sambal bawang yang bisa tahan lama tanpa harus masuk kulkas. Pilihan jatuh pada Sambal Bawang (ala-ala) Bu Rudy 👍😋💯🌹 (2021-058).

10 porsi
60 menit
Jengkol sambalado Maknyus anti bau

Jengkol sambalado Maknyus anti bau

Bismillah Resep ini adalah hasil dari salah satu resep cookpad yang sudah saya modifikasi sesuai dengan selera saya dan akhirnya bisa dijadikan resep andalan karena cocok jg dilidah paksu bahkan makan sampai nambah. Hmm cocok banget dengan nasi hangat. -sebelumnya jengkol sudah saya rendam 1 malam(2x-3x ganti air), saat proses perebusan pun kurleb 30 menit(2x ganti air) dan saat merebus masukkan Daun pandan guna menghilangkan bau khas jengkol.

3 orang
Telur Sambal daju dakem

Telur Sambal daju dakem

Nama Resep ini adalah dari nama dapur Alisya Food. Kenapa? karena nama Resep Telur sambal daju dakem itu dari masakan kesukaan anak-anak dirumah. Nama ini berasal dari Telur sambal daun jeruk dan daun kemangi. Mari di coba bunda ya..

8 porsi
30 menit
#2. Sambel 4 Bahan

#2. Sambel 4 Bahan

Assalamu'alaikum teman-teman semuanya. #belajarmasakcookpad #pekanposbar #reaksi_depok #cookpadcommunity

5 orang
1 jam
Sambel udang pete

Sambel udang pete

kl ini doyanannya umi dg abi 😆 maafkan foto yg seadanya 😆