Cumi asin sambal bawang

Dipos pada March 10, 2022

Cumi asin sambal bawang

Anda sedang mencari inspirasi resep Cumi asin sambal bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cumi asin sambal bawang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cumi asin sambal bawang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cumi asin sambal bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cumi asin sambal bawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cumi asin sambal bawang memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

pak suami, suka sekali dengan sambal, jadi setiap makan wajib ada si sambal. Mangkanya jadi kepikiran buat bikin sambal yang awet dan bisa disimpan di kulkas.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cumi asin sambal bawang:

  1. 10 buah cumi asin
  2. 20 buah cabai rawit merah
  3. 5 buah cabai rawit hijau
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 4 Siung bawang merah
  6. 2 Siung bawang putih
  7. Gula, Garam, kaldu bubuk, dan minyak goreng untuk menumis,
  8. Bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Cumi asin sambal bawang

1
Rebus cumi asin dengan air bersih secukupnya selama beberapa menit, lalu bilas beberapa kali, iris melintang, sisihkan.
2
Rebus semua cabai dan bawang, lalu haluskan (bisa di blender)
3
Panaskan minyak goreng, lalu masukan bahan sambal yang sudah di haluskan, masak sampai matang, kemudian masukan cumi asinya. Beri gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa, masak sampai si minyak keluar, lalu taburi bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Orek Tempe Udang (Sambel Bali)

Orek Tempe Udang (Sambel Bali)

entah mengapa di daerah saya (Brebes) masakan ini dinamakan Sambel Bali, disaat kebanyakan orang bilang ini adalah orek tempe, cocok banget sama nasi panas atau nasi uduk, ah apapun namanya ayo dicoba aja bun tetep enakkkk

4 porsi
1 jam
Sambal Goang

Sambal Goang

Sambal kesukaan mamak krn sedap & simpel 😊 Biasanya pake cabe rawit ijo, kali ini berhubung adanya cabe rawit merah, hajarrr 🤭

5 orang
1 jam
Sambel goreng ati ampela

Sambel goreng ati ampela

Source: IG @ocha_chupid

Sambel goreng ati kentang

Sambel goreng ati kentang

enaknya emang masak menu jadul yang gak da mati nya. Xixixi.. ini akan jadi favorit sepanjang masa.

2 orang
1 jam
Sambel Bajak

Sambel Bajak

Bismillah Cape' ga buund klw sering bikin sambel,apalg tiap hari Huhu..pasti cape' nyuci cobeknya,apalg yg takut tanganx kepedisan 😂✌ Bikin #SambelBajak aja buuund,skali masak bs sampe 2-4hr an lhoo,apalg kalau sampe dimasukin kulkas,bs 1minggu lebih. Sambel bajak,dulu awal mengenalnya sama tetangga dijember,itupun ana masih sekolah. Ciri khas dr #sambelbajak yaitu ditumis / dimasak ulang,ples biasanya dikasi perasan jeruk purut/parutan kulitnya,tp utk resep ini ana ga sertakan ya. Krn biar serumah bs makan semuanya Kuuy mari nyambeel buuund KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #CookpadCommunty_Borneo #cookpad_id #cooksnap #resepaniss #dapurkilo9_bpn #olahancabe #resepsambelterasi #sambelterasi

Sambal Kecombrang

Sambal Kecombrang

Edisi cooksnap admin clover,, 🥳 coba bkin sambal kecombrang yg bkin pnsaran sm rsa'a..trnyata bener² bkin cetar di lidah🤤🔥 Cooksnap resep'a min can mba @PutriChristian (dgn penyesuaian, krn tkut kepedesan jd cabe'a dikutangi😁) mkasi jg sdh setengah tahun di izinkn bergabung di clover 🥰🎉smw perjuangan, bimbingan mba grace di clover buat kmi smoga diberkahi oleh yg Maha Kuasa 🤗😍 sht sllu😘💕 #PekanCooksnapAdmin #CooksnapAdminClovers #CookpadCommunity_Sumbar #Cookpadcommunity_Batam #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove

Sambal tempe semangit

Sambal tempe semangit

Tempe semangit/tempe bosok/tempe kemarin adalah tempe yang kondisinya sudah tidak segar lagi, dan memiliki bau yang khas, biasanya tempe ini diolah menjadi mendhol, sambal tumpang atau sambal tempe, berhubung tempe semangit yang saya punya tinggal 1/4 nya saja, lebih pas diolah menjadi sambal tempe. Jadi kalau punya tempe yang udah gak segar lagi, jangan buru² dibuang, yuk buka CP, nyari resep tempe kemarin/semangit/bosok 😄

Sambal Terasi

Sambal Terasi

Ceritanya lagi pengen makan enak sehubungan habis di vaksin, jadinya bikin sambal aja biar menambah nafsu makan 😂😂

239. Sambal Cumi Asin Pete

239. Sambal Cumi Asin Pete

Sambal cumi asin banyak varian resepnya yang enak2, tp yang ini adalah resep yg simpel dan lbh tahan lama, krn tidak menggunakan tomat yg notabene akan lbh cpt basi pada masakan yg menggunakan tomat drpd tidak jika ingin disimpan lebih lama. Kebetulam ini sy buat untuk dimakan dilain hari tp dibikin sekarang ya.

10. Part 2 : Chicken Katsu Geprek Sambal

10. Part 2 : Chicken Katsu Geprek Sambal

Ini aku pakai buat isian nasi box, pelengkapnya ada sayur timun wortel bumbu kuning, mie goreng, kerupuk, potongan buah, nasi putih. Jadi menu lauk andalan yang nggak ribet.

6 - 8 porsi
Sambal baby cumi

Sambal baby cumi

Makan siang keluarga

3 org
Lele Krispi Sambel Tempong ala Hikmah

Lele Krispi Sambel Tempong ala Hikmah

Lele goreng yg renyah diluar dan lembut didalam disajikan dengan sambal tempong khas banyuwangi. Anti Ribet

5 orang
45 menit
Sambal Korek/Bajak Dadakan

Sambal Korek/Bajak Dadakan

Sambal cuma 5 menit saja. Minyak untuk siram harus panas ya supaya tidak langu.

10 Menit
Sambal Goreng Pangsit Khas Blitar

Sambal Goreng Pangsit Khas Blitar

Pas ngecek freezer nemu kulit pangsit, rencana mau di buat pangsit bakso, nah kok pas ada ide buat sambel goreng khas kota kelahiran pak bojo. Pertama kali makan ni sambel goreng ya pas mukim di Kademangan Blitar. Pas pakmer dapat Sego berkat dari tetangga, nyiciplah, kok yo enak tenan ya, heeee. Yuk mari kita masaaaak.

8 porsi
30 menit