Sambal Matah

Dipos pada March 15, 2022

Sambal Matah

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Matah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Matah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Matah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Matah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Matah adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Matah diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Matah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Matah memakai 9 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini sambal dari bahan mentah yang lezat. Sebelum diiris iris/ dirajang, bahan yang sudah disiapkan sebaiknya cuci dulu, lalu direndam air garam barang 10-15 menit agar lebih terjamin kebersihannya. Bisa dipadukan dengan hidangan Betutu, ikan bakar, juga ayam goreng.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Matah:

  1. 7 buah cabe rawit
  2. 7 butir bawang merah
  3. 1 butir bawang putih, boleh skip
  4. 1 tangkai serai potong ambil bagian putihnya aja
  5. 1 helai daun jeruk buang tulang tengah
  6. 1/2 sdt air jeruk nipis/ purut
  7. 1/2 sdt gula putih
  8. 1/2 sdt garam
  9. 5 sdm minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Matah

1
Cuci semua bahan tanaman (bawang merah + putih, serai, daun jeruk, cabe), lalu rendam dengan air garam (1 sdt garam + air secangkir) selama 15 menit.
2
Bilas air matang. Iris tipis tipis Letakkan dalam mangkok. Beri air jeruk, gula, garam.
3
Panaskan sedikit minyak goreng hingga mendidih, tuang ke dalam mangkok irisan bumbu tadi. Aduk, hidangkan setelah tercampur rata.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

106.Sambal Terong Kemangi

106.Sambal Terong Kemangi

Walau di Negara Orang Alhamdulillah bisa nanam sendiri sedikit macam sayuran seperti terong,cabai,daun ubi,dsb. Dan ini pas nanam daun kemangi indo,disini ada tapi menurutku sedep nya tetep sedep kemangi indo... Pas udah besar siap d eksekusi pas terong nya juga berbuah... Yukkk cusss ini resepnya... Makanan simple tapi ngabisin banyak nasi.. Diettt minggir dech... 😀🤭

Sambal Hijau

Sambal Hijau

sambel favorit selalu ada dikulkas mau makan tinggal ambil SELAMAT MENCOBA

8-10 orang
-+ 30 menit
Sambal terasi super simple

Sambal terasi super simple

Gak pakek babut, suamiku gak suka.

4 porsi
5 menit
Sambal Sop/Soto

Sambal Sop/Soto

Masak sop&soto ayam ataupun daging lebih lengkap pakai sambal yaa, yummy

1-2 orang
5 menit
Sambal Balado Daging Sapi dengan Tahu dan Jengkol Goreng

Sambal Balado Daging Sapi dengan Tahu dan Jengkol Goreng

Persiapan untuk sahur Puasa Arafah Besok mendadak cuma bisa masak daging karena Istri lagi alergi daging dan telur ayam

4 Orang
45 menit
Sambal terong teri medan

Sambal terong teri medan

Ceritanya pingin yang pedes-pedes endess..

Sambal goreng kentang

Sambal goreng kentang

Ini menu lebaran haji kemarin yaa, hehe Untuk bumbu nya ditakar pake perasaan ya bund, biar tetep mantul 😍

4 orang
1 jam
Telur putih sambal Hijau

Telur putih sambal Hijau

Punya banyak telur putih sisa bikin kue semalem.. Eksekusi ajah deh buat jadi makanan sederhana

2 porsi
30 menit
Sambal Ramania (Gandaria)

Sambal Ramania (Gandaria)

Buah yang berasa asam ini benar-benar booster yang bikin makan jadi lebih lahap dari biasanya kalo dibikin sambal atau cacapan khas Banjar. #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

Sambal Bawang

Sambal Bawang

Coba-coba bikin sambal bawang sendiri. Rasanya lumayan lah, Karena saya ga terlalu doyan pedes, jadi ini level kepedasannya low yaa 😅.

Sambal Tumpang Kediri

Sambal Tumpang Kediri

Sebentar lg hari raya Kurban..masak tempe bosok🤭 Selamat hari raya Idul Adha🙏 #PPKM #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Jakarta

Sambel Goreng Ati Sapi Khas Menu Lebaran Endesss

Sambel Goreng Ati Sapi Khas Menu Lebaran Endesss

Selamat Sore teman teman. seperti ku janjiku kemarin yaa, setelah kelar bersihin draft aku mau share resep resep yang baru baru ini aku bikin. alhamdulilah ada lumayan banyak. aku share satu per satu yaa.. semoga hari ini kelar semua, siapa tau temen temen sedang ada yang butuh. Baik langsung aja tentang resep ini, ini aku masak idul fitri kemarin. biar temenin opor dan ketupat. kalau ini favorite paksu.. kalau gag ada pasti ribet tanyain, makanya wajib ada ketika lebaran. buat aku pribadi kapri wajib ada yaa, ini sudah resep turun menurun dari yayut nya bocah, kalau masak sambel goreng ati harus banget ada kaprinya. ok berikut aku bagi resepnya untuk kalian yaa teman - teman. semoga bermanfaat yaa... #devidirgaa_real #devidirgaa_endesss #devidirgaa_resep #cookpadindonesia #cookpadjakartaselatan #cookpadcommunity_jakarta

Cilok Sambal Goang

Cilok Sambal Goang

#CocomtangGA_Rence Cooksnap dari resepnya bunda Rence, buat cemilan bocah yang rewel minta dibuatkan cemilan cilok. Buat 30 menit matang langsung diserbu anak dan suami, habis gak kebagian.

3 orang
35 menit
Sambal Bawang

Sambal Bawang

Sambal andalan serbaguna. Saya biasa pake untuk pelengkap lauk, campuran telor dadar, tambahan bumbu tumis, juga nasi goreng. Modal 15 ribu dengan 230 gram sambal cukup ekonomis dibanding biasa sy beli 40-50rb

230 gr sambal
1 jam
Bawal Sambal Asam Keu'eng(pedas)

Bawal Sambal Asam Keu'eng(pedas)

Bismillah 17 -07-2021 Alhamdulillah masih sempat meramaikan semarak clover. Kali ni penentu temanya adalah mba Tri puji lestari yg temanya adalah kreasi olahan ikan air tawar. Tadinya hampir bolos Krn nga dapet ikan air tawarnya. Biasanya sering dijumpai tuh dipasar giliran ada tema ini ikannya pada kabur alias nga ada dijual dipasar🤭🙈😂 Tp masih bersyukur paksu bawain ikan bawal. Tp yg dibeli punya yg udah dipotong2. Nga pp yg penting ikan air tawar🤭✌️ Untuk menu ikan bawalnya saya modif bumbu asam Keu'eng yg pada dasarkan berkuah banyak, kali ni saya pakai bumbu asam Keu'eng saya jadikan sambal asam Keu'eng. Ternyata nga kalah enaknya. Apalagi pakai nasi hangat subhanallah enak banget. 🤭😍✌️ Ternyata paksu juga suka. Tanpa menu lain pun ternyata nasinya minta tambah😂🤗 Oea sambal asam Keu'eng nya rasa asamnya agak berkurang Krn ada penambahan gula didalamnya. Krn pada dasarnya kuah asam keueng yg berkuah banyak dan rasanya dominan asam, rada2 manis dan pedas. Buat mba Tri puji lestari dan sekeluarga semoga sehat terus mba ya. ❤️😘 #NawarinIkan #Semarak_NawarinIkan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurYusraSfa

40 menit
Sambal Acar Tomat

Sambal Acar Tomat

Source : @evanatati #CookpadCommunity_Surabaya