Sambal Terasi Tempe

Dipos pada March 7, 2022

Sambal Terasi Tempe

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Terasi Tempe yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Terasi Tempe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Terasi Tempe, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Terasi Tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Terasi Tempe adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Terasi Tempe diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Terasi Tempe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Terasi Tempe memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Terasi Tempe:

  1. 1/2 bungkus terasi udang
  2. 10 buah cabai rawit
  3. 1 buah cabai merah keriting
  4. 1 buah tomat
  5. 2 butir bawang merah
  6. 1 butir bawang putih
  7. secukupnya Lada dan garam
  8. 1 buah jeruk limau
  9. 1 papan tempe
  10. 1 sdt Ketumbar
  11. 1/2 sdt kunyit bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Terasi Tempe

1
Buat bumbu tempe goreng dengan menumbuk 1 sdt ketumbar, garam, merica, kunyit bubuk dan bawang putih cincang. Lalu tambahkan kurang lebih 100ml air putih.
2
Potong tempe ukuran sedang atau sesuai selera (jangan terlalu tipis atau tebal). Lalu masukkan tempe ke bumbu tempe, diamkan kurang lebih 5 menit. Setelah itu goreng tempe hingga matang.
Sambal Terasi Tempe - Step 2
3
Untuk sambalnya: potong cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, terasi dan tomat dengan irisan besar (untuk memudahkan menguleg).
4
Goreng bahan sambal hingga tercium bau harum. Jika sudah harum, angkat dan taruh di atas cobek untuk diuleg.
5
Uleg seluruh bahan sambal sesuai tingkat kehalusan yang diinginkan. Tambahkan garam dan merica, lalu koreksi rasa. Terakhir, beri perasan jeruk limau.
6
Setelah sambal jadi, masukkan tempe goreng dan aduk rata dengan sambal. Sambal terasi tempe siap dinikmati. (Kalau saya, setengah sambal saya campur tempe, setengahnya masih berupa sambal)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terong Teri Sambal Ijo

Terong Teri Sambal Ijo

Masih Edisi Cooksnap Resep Admin Clover. Nah kali ini masak Terong Teri Sambal Ijo punyanya mak @rafashaka Ini rasanya endull..... Makan siang sampe nambah 2 centong πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Makasii ya mak... Buat resep dan inspirasinya πŸ™πŸ™πŸ€—πŸ€—πŸ˜˜πŸ˜˜ #PekanCooksnapAdmin #CooksnapAdminClovers #CookpadCommunity_Jakarta #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookinhWithHeartEatingWithLove #TerongTeriSambalIjo

Sambal matah jeruk kasturi

Sambal matah jeruk kasturi

Resep mak saye hihi

Tempe Kriuk Sambal Petis

Tempe Kriuk Sambal Petis

Source @dapurkobe Cemilan praktis yang enak banget ini πŸ‘ Ceritanya ngiler banget seliweran lihat temen-temen upload petis, akhirnya saya beli juga tapi petis yang siap saji 😁 tinggal seduh dan makan Kalau petis biasanya pakai tahu ya, tapi cobain pakai tempe kriuk hmm enak banget Yuk simak resepnya Biasanya kalau di cafe2 tempat wisata yang berhawa dingin itu menu gorengan gini best seller ya #MendadakNgafe #cookpadcommunity_jakarta

30. Sambal Belimbing Wuluh

30. Sambal Belimbing Wuluh

Ini pedas asem mantepps banget pokoknya, bikin nasi nambah terus..

Sambal Teri

Sambal Teri

🀎🀎🀎 Jadi hari ini bapak request mau sambal teri, mumpung lagi wfh mari kita masak.. Makannya pake nasi anget, pete dan kerupuk mantap.. Notes : setiap memasak tidak pernah menggunakan garam. gatau kenapa lebih suka kaldu jamur, kaldu ayam atau kaldu daging.

4 Orang
15 Menit
Sambal bebek madura endeus banget

Sambal bebek madura endeus banget

Berawal dari seneng makan yg berbau bebek dan yg paling favorit adalah sambelnya,dan iseng2 nyari resep sambel bebek madura,dan nemu yg persis banget rasanya sama yg biasa saya beli,dan ini resepnya,bisa bunda2 coba ya,,,😊,.

banyak sekali
30 menit
Sambal Cumi Kentang / Balado Cumi Kentang

Sambal Cumi Kentang / Balado Cumi Kentang

Kesukaan sejak remaja n sering dimasak di rumah kita dulu. Sekarang kita buat juga di menu harian kami.. πŸ₯° mengingatkan kalau pas makan ramai2 sama mama papa kakak adek di rumah..

4orang
45menit
Roti Panggang Rendang - Sambal Ijo

Roti Panggang Rendang - Sambal Ijo

Masih dengan tema #posbaridaman #dibuangsayang Kali ini roti bakar saya padukan dengan rendang dan sambal ijonya, ala fussion food gitu πŸ˜‹πŸ˜‹ Bebas berkreasi dengan lauk yang ada di rumah yaa.. #sandwichlingga #rotipanggang #CookpadCommunity_jakarta

1 porsi
20 menit
Sambal Pecel Homemade

Sambal Pecel Homemade

karena sering pakai sambal pecel entah untuk pecel atau sekedar gorengan yang diguyur sambal, daripada beli jadi mending buat sendiri lebih hemat 🀫

berkali"
45 menit
Sambal ijo Padang

Sambal ijo Padang

Ada cabe ijo d kasih tetangga,bingung mo buat apa,ya udh bkin sambel ijo padang ajah

Sambel goreng kemangi

Sambel goreng kemangi

Karena WFH terus selama kerja jadi rasanya mau masak terus dikost. Kepikiran tiba tiba mau masak sambel goreng kemangi🀀

2 porsi
30 menit
Dendeng Sambal Ijo/Indonesian Jerky

Dendeng Sambal Ijo/Indonesian Jerky

Hehehe menu salah satu kesukaan suami kalau ke RM masakan Padang, dendeng selalu menu yg tak pernah terlewatkan. Resep dendeng mudah dan gampang, tapi enduul. Wkwk resep andalan perantauan selalu seadanya yg penting 11-12 dan bisa mengobati kangen kampung halaman. #dendeng #empuk #enak #resep #gampang dan #cepat #lebaran #kurban2021 #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Indonesia #cookpadcommunity_USA

4-5 people
1 hour
Sambel Terasi Goreng

Sambel Terasi Goreng

Makan nasi tanpa sambel itu semacam aku tanpa mu... Hampaa 🀭 Oh iya diresep asli menggunakan tomat. Daaaann saya lupa tidak beli tomat 😁 jd tomat nya saya skip yaa... Terimakasaih mbak @olive1994 untuk resepnya.❀️ Terimakasih untuk dedikasi nya selama ini, selama menjadi admin di Clover. Kekompakan, kekeluargaan, saling mengisi dan cara kerja mbak² semua sangat luar biasa... Bahkan sebenernya sampai nggak rela kalau harus ganti Admin baru. Karena sudah terlalu nyaman berada di bawah naungan Admin 2020-2021. Tapi yang namanya amanah, waktulah yang harus memisahkan. Terimakasih untuk kesempatannya kemarin, saat saya di berikan kepercayaan dalam mengisi acara di Clover... Terharu banget saat itu.. Terimakasih banyaaakkk semua adminn ❀️❀️❀️❀️❀️ #PekanCooksnapAdmin #CooksnapAdminClovers #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN

4 porsi
25 menit
Sambel Bajak

Sambel Bajak

salah satu bakulanku bunda... πŸ˜πŸ˜‹