Sambal Raja Kutai

Dipos pada March 16, 2022

Sambal Raja Kutai

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Raja Kutai yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Raja Kutai yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Raja Kutai, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Raja Kutai enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Raja Kutai sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Raja Kutai memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambal Raja Kutai merupakan makanan khas dari daerah Kutai, Kalimantan Timur. Sambal ini memiliki rasanya yang unik dan aroma wangi segar dari limau yang menjadi ciri khas dari sambal ini. Sambal ini di buat sebagai pendamping nasi bekepor (nasi liwet) khas kutai. Resep ini saya cooksnap dari mba @yulianamenjoi. Terima kasih inspirasi resepnya mba πŸ€—πŸ˜˜ Oiya... diresep ini, saya skip terasi karena dirumah g ada stok terasi, cabe rawit saya kurangi, bila ingin rasanya lebih pedas boleh ditambahkan lagi. #BarapiManjuhu #TulakKaKalTim #CookSnap_KalTim #DutaRecookBorneo #DutaRecook_Palangkaraya #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Palangkaraya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Raja Kutai:

  1. 1 buah terong ukuran sedang, cuci bersih, potong dadu
  2. 10 lonjor kacang panjang, cuci bersih, potong-potong pendek 2 cm
  3. 10 siung bawang merah, iris tebal
  4. 1/2 buah jeruk limau kuit ukuran sedang
  5. Secukupnya minyak goreng
  6. Bumbu Halus:
  7. 10 buah cabe keriting
  8. 7 buah cabe rawit
  9. 1/2 sacset terasi ABC, (me. Skip)
  10. 1/2 sdt garam
  11. 1 sdm gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Raja Kutai

1
Siapkan bahan yang akan digunakan
Sambal Raja Kutai - Step 1
2
Goreng terong, kacang panjang dan bawang merah, sebentar, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan
Sambal Raja Kutai - Step 2
Sambal Raja Kutai - Step 2
Sambal Raja Kutai - Step 2
3
Ulek cabe rawit, cabe keriting bersama garam dan gula pasir hingga halus. Lanjut iris limau lalu peras air limau, kulit limau jangan dibuang, iris tipis kulit limau (Note: kulit limau untuk penambah aroma wangi limau pada sambalnya)
Sambal Raja Kutai - Step 3
Sambal Raja Kutai - Step 3
Sambal Raja Kutai - Step 3
4
Panaskan secukupnya minyak goreng, tumis sebentar cabe yang telah diulek, lalu masukkan kacang panjang, terong dan bawang merah, yang telah digoreng. Aduk rata, koreksi rasanya, oseng-oseng sebentar kurang lebih 2 menit.
Sambal Raja Kutai - Step 4
Sambal Raja Kutai - Step 4
Sambal Raja Kutai - Step 4
5
Terakhir sebelum diangkat, masukkan air jeruk limau dan kulit limau, aduk rata. Koreksi kembali rasanya, sesuai dengan selera untuk rasa pedas manis asam sambalnya. Matikan kompor. Angkat dan pindahkan ke piring saji.
Sambal Raja Kutai - Step 5
Sambal Raja Kutai - Step 5
Sambal Raja Kutai - Step 5
6
Sambal Raja Kutai siap di sajikan 😊
Sambal Raja Kutai - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal terong

Sambal terong

3 orang
30 menit
Jengkol sambel matah

Jengkol sambel matah

Kesukaan sambel jengkol Krna enak jdi bagi resep deh biar pd cb😊

5 orang
15menit
Sambal Telur Tahu

Sambal Telur Tahu

Sarapan yuks, πŸ˜‹πŸ˜.. #SambalTelurTahu #PosbarIDAMAN

1 piring
30 menit
Sambel goreng Kentang Ati Pete

Sambel goreng Kentang Ati Pete

Pakein pete makin mantull. Kesukaan suami bgt bgt

Sambal Atam Jengkol Bumbu Dasar Merah ala Sisca Soewitomo

Sambal Atam Jengkol Bumbu Dasar Merah ala Sisca Soewitomo

Rasanya mantaaabbb... πŸ€€πŸ˜‹πŸ€©

Sambal mangga Ambacang

Sambal mangga Ambacang

Bismillahirrahmanirrahim... Kemarin pak suami pulang dari kebun bawa mangga Ambacang...mangga nya matang juga dak...muda juga dak... Tapi kalo untuk di buat sambal pas banget...setiap buat sambal mangga pasti rasa pengen mau cepet" ambil nasi🀭...dak tahan...apa lagi bau nya itu menggiurkan sekali😁. Untuk kesekian kali nya cooksnap masakan @Lenny_141705... Thanks resepnya πŸ€— Source : Bunda Pashalenko #SambalmanggaAmbacang #Cooksnap_KalBar #RecookMenyadik_KalBar #CooksnapMenyadik_BundaPashalenko #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

1 porsi
25 menit
Sambel Tempong

Sambel Tempong

Biarpun aku baru tahu Kalau sambel ini namanya adalah sambel tempong, tapi Sambel ini selalu jadi andalan setiap pengen makan pakai sambel dengan cara dadakan alias kilat.. Dulu aku selalu menjuluki sambel ini sambel terasi mentah ya karena hanya terasi nya aja yang di bakar selebihnya semua bahan memang di ulek mentah2.. Cuss yuks moms bikin pasti semua sukka deh..

2 porsi
5 menit
Sambel Cumi Asin Pete

Sambel Cumi Asin Pete

Menu favorite bikin nambah nasi terus

Sambal Bangkok

Sambal Bangkok

Begitu resep ini diterbitkan ci Joanne, langsung cookmark & coba 1/2 resep.. Ternyata sesuai ekspektasi dan rasanya miriiip dg sambal bangkok yg ada di sebuah resto itu.. akhirnya pesan cabe keriting ke tuksay langganan, besoknya langsung bebikin lg 3x resep.. πŸ˜… sampaiΒ² tuksay tanya, kok tumben pesan cabe banyak.. biasanya ditawarin cabe ga pernah mau krn memang ga kuat pedas.. πŸ™ˆπŸ˜½ Sambal yg menyenangkan.. 😁 tetap terasa pedas tapi tidak "menggigit" krn ada sensasi asam manis nya.. sambal yg pas utk cocolan bermacam snack, krupuk, gorengan, bahkan makan hanya nasi & sambal ini pun jadilah.. tetap sedap! 😻 Cuka apel sebisa mungkin jangan diganti krn aroma dan rasanya akan berbeda.. tapi jika tidak ada, bisa gunakan air perasan jeruk lemon dan banyaknya bisa disesuaikan dg tingkat keasaman yg diinginkan.. Source: @Joanne_Sebastian #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia Resep asli bisa dilihat disini πŸ‘‰ https://cookpad.com/id/resep/15140760-sambal-bangkok-thai-sweet-chilli-sauce?invite_token=WY3wMkAxkZvHyZBZbnUhyKA3&shared_at=1623861720

1 jar Β±500ml
Sambel Kacang Bumbu Pecel

Sambel Kacang Bumbu Pecel

Resep sambel kacang ini cocok buat pecel, cabenya digoreng dulu. Beda sama sambel kacang buat rujak bebek, cabenya mentah. Paling enak sebenernya diulek, tapi lama dan pegel bun πŸ˜„ Jadilah ini diblender aja, biar praktis 10 menit beres.

10 menit
#7 Sambal geprek simpel

#7 Sambal geprek simpel

Lagi musim pandemi begini imun harus tetap up guys, yuk lah makan berkeringat lagi biar gobyos πŸ˜‹

Terserah
10 menit
Sambel Kecombrang

Sambel Kecombrang

Pengen buat sambel cocolan tapi mau ada cita rasa lain, kebetulan msh ada stok bunga kecombrang. Yaudah deh lanjut eksekusi..

Penyet tempe sambel πŸ… tomat

Penyet tempe sambel πŸ… tomat

Menu sarapan yg gak ribet dan pastinya bikin nambah2 kalau makan ini🀭 mashaAllah nikmat sekaliπŸ€—

3 orang
20 menit
Sate Maranggi Sambal Tomat

Sate Maranggi Sambal Tomat

Memanfaatkan daging kurban,udh dari kemaren2 mau bikin sate daging tp ngk sempat2..baru td siang bisa bikin dibantuin suami😊,dulu aku suka makan sate maranggi khas Purwakarta ini,jd untuk mengenangnya dn memanfaatkan bahan yg ada aku bikin sate daging ini,sekalian meramaikn program mamah cookpad. Enak,harum sate maranggi iniπŸ‘πŸ˜˜ Di resep memang marinasinya satu mlm,itu salah satu cara mengempukan daging juga tp disini krna ngk pengen nunggu lama aku tambah kan sedikit soda kue ke daging..cepat empuk dagingnya..jd cuma 2 jam saja😊😘 Source: @Lynn0910 #OlahanDagingKurban #PosbarIdaman #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Tempe tepung spesial + sambel kecap

Tempe tepung spesial + sambel kecap

Nemu tempe lembaran tipis-tipis di tukang sayur dan jadilah menu ini ....

6 pcs
30 menit
Iga Bakar Sambal Bawang Kriuk

Iga Bakar Sambal Bawang Kriuk

Stok daging banyak pas idhul adha..... Tiap tetangga berqurban, pasti pesen iganya....πŸ˜‚. Yuukkk cuss....#OlahanDagingKurban

3 orang
1-2 jam
Sambal Goreng Kentang Ati Pete

Sambal Goreng Kentang Ati Pete

3 porsi
1 jam 30 menit