Cireng crispy sambal bumbu rujak home made

Dipos pada March 18, 2022

Cireng crispy sambal bumbu rujak home made

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng crispy sambal bumbu rujak home made yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng crispy sambal bumbu rujak home made yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng crispy sambal bumbu rujak home made, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng crispy sambal bumbu rujak home made enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng crispy sambal bumbu rujak home made adalah 2-5orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cireng crispy sambal bumbu rujak home made diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng crispy sambal bumbu rujak home made sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng crispy sambal bumbu rujak home made memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya suka cireng, tapi duluuuu banget pernah coba dan gagal. Akhirnya lamaaa baru cobain lagi, lumayam berhasil sih, tapi masih keras. Finally percobaan kali ini berhasil, crispy diluar lembut didalam πŸ˜‚ Jadinya juga banyak banget loh! Bisa 30-50 pcs, sisanya bisa di frozen-in deh! Untuk sambal juga bisa disimpan dalam botol tertutup dan dimasukkan kulkas, jadi lebih awet. Lumayan bukan?? 😍 oke cekidot aja buat step stepnya yuk bunda!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng crispy sambal bumbu rujak home made:

  1. Bumbu halus
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt garam
  4. Sejumput kaldu bubuk ayam (saya pakai royco)
  5. Bahan kental
  6. 3 sendok makan tepung tapioka
  7. 2 gelas air
  8. Bahan kering
  9. 20-25 sendok makan tepung tapioka
  10. 1 buah daun bawang iris kecil-kecil
  11. Bahan sambal
  12. 15 cabai rawit
  13. 3 buah cabai merah keriting
  14. 3 jempol gula merah
  15. Sejumput garam
  16. 1-2 sendok makan gula pasir
  17. 3 sendok makan larutan asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Cireng crispy sambal bumbu rujak home made

1
Larutkan bahan halus, air dan 3 sdm tepung tapioka dalam wajan, kemudian masak hingga mengental
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 1
2
Tunggu hingga agak dingin, masukkan bertahap daun bawang dan bahan kering (sesuaikan dengan kekentalan adonan)
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 2
3
Bentuk bentuk adonan pipih dan bulat seperti cireng pada umumnya, jangan lupa untuk melumuri dengan tepung sisa sisa agar tidak lengket ketika dimasukkan wadah penyimpanan
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 3
4
Lanjut membuat sambal, haluskan bahan2 sambal (saya ulek manual), rebus menggunakan air 10-15 menit (tujuannya agar awet tidak mudah basi)
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 4
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 4
5
Goreng cireng dengan api kecil (agar tidak meledak dan matang merata), sajikan dengan sambal bumbu rujak. Selamat mencoba!
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 5
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 5
Cireng crispy sambal bumbu rujak home made - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rawon Ayam Sambal Asin ala Chef Muhammad

Rawon Ayam Sambal Asin ala Chef Muhammad

Mumpung mau Idhul Adha, sharing resep rawon boleh donk ya! Kebetulan juga hari ini kena jadwal WFH, dan dalam rangka #PPKM jadi punya waktu untuk menggoyang dapur. Rawon kali ini sedikit berbeda. Selain menggunakan Ayam yang harus ada trik khusus saat memasakknya, sambalnya pun juga beda. Jujur saya sangat terganggu sekali saat makan Rawon, kemudian ada rasa sambal yang manis.πŸ˜‚ Bikin rasa khas Rawon nya ilang dweh. Nah Pack Bapak dan Bu Ibu harus coba makan rawon pakai sambal asin ini. Dijamin sedaaaaaaaaaap mantaaaabbb sampe merem melek!! Ribet nggak? Sama sekali nggak ribet, sambil kedip juga udah kelar kok!! Yaudah yuk langsung aja, let's cook with me!! #RawonAyam #Rawon #RawonNguling #RawonJatim #RawonSurabaya #RawonMalang #RawonPasuruan

15 orang
1 jam
Sambal Dabu Dabu

Sambal Dabu Dabu

Iseng aja karena sy suka pedas pedas...hampir semua sambal saya suka kreaksikan

1 porsi
15 menit
Sambel Goreng Labu Siam Krecek Endesss

Sambel Goreng Labu Siam Krecek Endesss

Jangan kaget yaa gaess hari ini aku upload banyak. wkwkkwkwkw... bersihin draft biar rapi, karena di galeri hp sudah banyak resep baru. biar gag ketumpuk lagi, aku habisin yang di draft dahulu. ok langsung ya.,,, cuss semoga bermanfaat yesss #cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaaendesss

7 orang
30 menit
Sambal Tauco Pendamping Sate Manis Palembang

Sambal Tauco Pendamping Sate Manis Palembang

Makan sate cucuk manis khas Palembang di suasana Idul Adha gak lengkap tanpa sambal tauco ini. Membuatnya gampang, seperti sambal tauco biasa. Saya modifikasi kasih serai biar wangi dan kasih jeruk kunci (serai dan jeruk kunci juga rempah peningkat imun). Tinggal tumis bawang, kasih potongan cabe dan serai geprek, masukkan tauco. Biar tambah pedas saya kasih gerusan cabe bawang. Mantap. Cobain moms #KampungIdaman #IdulAdhaWongkito #ResepWongkito #CookpadCommunity_Palembang #PosbarIdaman

1 mangkuk
20 menit
Slice Beef Sambal Matah

Slice Beef Sambal Matah

Resep sambal matahnya ada di resep tersendiri

Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Request Pak Su minta di buatkan Sambel Tempe Kemangi. Langsung inget pernah buat sambel tempenya mbak @evanatati tapi gak sempet di foto. Naah krn hari ini bikin lagi..sempet2in di foto dulu sebelum habis di hap hap.

Sambal hati ayam

Sambal hati ayam

3-4 orang
30 menit
Sambal Kentang Udang Telor Puyuh

Sambal Kentang Udang Telor Puyuh

Suami pengen banget dibuatin sambal kentang ala warteg.. Akhirnya coba bikin, walaupun rasanya beda dgn rasa warteg tapi ternyata suami suka banget sambal kentang buatanku ini... Semoga bunda2 yg akan recook suka juga yaa😘

4 org
45 menit
Sambal Ijo Terung Ikan Jambal

Sambal Ijo Terung Ikan Jambal

Asliiii maknyuus bikin boros nasiiiiπŸ˜‚ #CookpadCommunity_Bandung

Sambal cumi low calori

Sambal cumi low calori

Siapa disini sedang hamil, atau sedang berjuang garis 2. Ikutan challenge #suportbumil nih tapi menu ini ga boleh dimakan banyak2 sama bumils ya.. Ini resep saya bikin low calori karena pakai sediki minyak ya jd biar sehattt.. Karena jaga kesehatan itu investasi saya

4 orang
20 menit
Sei sapi sambal matah

Sei sapi sambal matah

Dapat jatah daging sapi pas idul adha inpirasi yg keluar resep yg lagi hits,edisi bosen sate

3 orang
1 jam 50 menit
Sambal Goreng Kentang Wortel Praktis Bumbu Instant

Sambal Goreng Kentang Wortel Praktis Bumbu Instant

Kali pertama masak sendiri buat lebaran hahaha. Hasilnya enaak dan super simple anti gagal.

4 porsi
30 menit
Sambal Telur Tahu

Sambal Telur Tahu

Sarapan yuks, πŸ˜‹πŸ˜.. #SambalTelurTahu #PosbarIDAMAN

1 piring
30 menit
22. SAMBAL CUMI PETE

22. SAMBAL CUMI PETE

Resep ini bisa bgt untuk di jual lagi, bener2 enak .. pedes , gurih Cuman makan nasi dgn lauk ini aja uda lahap bund :)