Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela

Dipos pada March 28, 2022

Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela

Anda sedang mencari inspirasi resep Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Takaran cabai bisa disesuaikan sesuai selera, jika tidak suka pedas bisa dikurangkan, jika suka yg lebih pedas boleh ditambahkan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela:

  1. 300 gram kentang
  2. 5 buah ati ampela
  3. 1 papan petai (opsional)
  4. 3 lembar daun salam
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. Seruas lengkuas (geprek)
  7. Bumbu halus :
  8. 7 buah bawang merah
  9. 4 buah bawang putih
  10. 10 buah cabai merah keriting
  11. 8 buah cabai rawit merah
  12. Seruas jahe
  13. 5 butir kemiri
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1 sdt lada

Langkah-langkah untuk membuat Kentang balado ati ampela | sambal goreng kentang ati ampela

1
Kupas kentang, potong dadu lalu rendam didalam air bersih, sisihkan.
2
Cuci bersih ati ampela, siapkan air mendidih rebus ati ampela selama 10 menit.
3
Sambil menunggu ati ampela yg sedang direbus, siapkan minyak panas lalu goreng kentang hingga berubah warna kuning kecoklatan.
4
Jika sudah selesai merebus ati ampela, Potong² kecil lalu goreng ati ampela sampai matang. Tips! (goreng ati ampela dengan menutup wajan untuk menghindari cipratan minyak panas)
5
Siapkan bumbu halus, tumis bumbu halus beserta daun salam daun jeruk dan lengkuas. Tumis hingga bumbu tercium harum. Lalu tambahkan sedikit air.
6
Beri garam, kaldu bubuk, penyedap rasa, dan gula pada bumbu (cicip rasa terlebih dahulu) Jika rasa sudah pas, masukan ati ampela dan petai, aduk2 hingga bumbu merata dan menyusut.
7
Jika bumbu sudah menyusut, matikan kompor dan tunggu sampai ati ampela dan bumbu hangat. Jika sudah hangat, masukan kentang lalu aduk² hingga bumbu tercampur merata. Sambal goreng kentang ati ampela siap disajikan!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Sere (Sambal Terasi Bali)

Sambal Sere (Sambal Terasi Bali)

Sambal sere ala bali utara. Bisa dikatakan ini wajib ada pada menu sehari-hari dimasyarakat bali utara. Sambal sere ini dipadukan dengan menu apapun jadi, seperti ; sayur direbus, lalapan, ayam goreng/ bakar, ikan bakar/ goreng, bahkan jukut ( = sayur atau lauk berkuah) pun bisa, ada pada pic diatas plecing kangkung juga sambalnya sere ini bumbunya, sate yang cukup populer dibali utara pun bumbunya sambel sere ini. Bisa dikatakan sambal sere multi fungsi : multi menu sebagai pendampingnya. Bahkan sambel sere dimasak dengan berbagai cara : dengan mentahan, dibakar, direbus juga bisa. Kali ini saya buat dengan cara digoreng atau ditumis. #PekanPosbar_SambalNusantara #PejuangGoldenApron3

1mangkok sambal
5 memit
Sambal Rebus Mangga

Sambal Rebus Mangga

Assalamualaikum. Urusan sambal jangan di Tanya g lengkap lauk makan tanpa sambal. Buah mangga hasil petik di halaman sendiri 🥭🥭 #PekanPosbar_SambalNusantara #PekanPosbar #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel #PejuangGoldenApron3

[77] Sambal Embe Khas Bali

[77] Sambal Embe Khas Bali

#PejuangGoldenApron3

1 mangkuk kecil
Sambel Jos Jengkol

Sambel Jos Jengkol

Bundd ini makanan sejuta umat yaaa... Enak bangett

Sambal pindang

Sambal pindang

Sambal pindang ini berawal dari suatu hari pingin masak tumis kangkung sama sambal panggang tapi saat belanja tdk ada ikan panggang ada nya ikan pindang jadi tercipta lah sambal pindang, dan alhamdulillah mantan pacar alias pak.suami suka jadi sampai sekarang saya klau sedang masak tumis kangkung saya bikin saja sambal pindang.. hemm bikin laris nasi anget.. #PekanPosbar_SambalNusantara #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar

+-30 menit
Sambal ayam geprek

Sambal ayam geprek

Makan ayam g lengkap kalau g ada sambalnya. Kangen sambal ayam geprek. Yuk buat, cepet kok

Sambal Geprek

Sambal Geprek

Pedas tapi bikin nagih. Wow, cocok nih kalimatnya. Di rumahku nyaris setiap hari sedia sambal. Dari sambal mentah sampai sambal nusantara. Makanya aku selalu browsing resep sambal. Kali ini aku buat Sambal Geprek yang kurecook dari resepnya mbak Nur Azizah asal komunitas depok dalam rangka #Babako_Kadepok sekalian untuk #PekanPosbar juga. Sumpah, pedasnya nendang 👍 Source : 👉 Nur Azizah https://cookpad.com/id/resep/13344366-sambal-geprek?invite_token=qnXiq3pu88VMB9njVAxjP1EM&shared_at=1622296371 #Basidoncek #PekanPosbar_SambalNusantara #Cookpadcommunity_Sumbar #Cookpadcommunity_Palembang #CookpadIndonesia #WongKitoGalo #Kamis_27521

Sambel pecel

Sambel pecel

Ini tu khas banget di kota kami dan pasti selalu jadi oleh2 favorit bagi kluarga yang berkunjung

Sambal Raja Kutai

Sambal Raja Kutai

Kenapa sambal ini dinamakan sambal Raja Kutai? Karena dahulu sambal ini hanya dihidangkan untuk anggota kerajaan di daerah Kalimantan timur. Biasanya sambal ini dinikmati berbarengan dengan nasi bekepor. Sambal ini cukup unik dari segi rasa & juga isian menurut saya. Apalagi ditambah dengan irisan kulit jeruk limau. Pastikan kulit ari jeruk limau yang berwarna putih dihilangkan supaya rasanya tidak getir ya. Rasanya enak & pedas dengan aroma jeruk limau tentunya. Emang cocok banget dimakan bareng nasi bekepor. 😋 Source : Yuliana.Menjoi #PoodyKitchen #PekanPosbar #PekanPosbar_SambalNusantara #CookpadCommunity_Bogor

Sambel Tempe Uleg

Sambel Tempe Uleg

Lg pengen bikin ternyata enak 🤤😂🖤

1 orang
15 menit
Sambel cumi baby

Sambel cumi baby

Terinspirasi dari orang2 yg mukbang di yutub🤭... dan mencoba bikin buat makan siang dan ternyata enak bgttttt ... makan sambel cumi, nasi hangat, dan kerupuk aja udah maasyaAllah enaknya nyampe ngabisin nasi🤭.

2/3orang
35menit
Sambal Dabu - Dabu

Sambal Dabu - Dabu

Sambal yang berasal dari Manado ini rasanya memang nikmat. Asam, pedas, manis. Biasanya disandingkan dengan ikan goreng atau ikan bakar... Hmmm...sedap.. #PekanPosbar_SambalNusantara #Semanggi_SambalNusantara #CookPadCommunity_Jakarta

635.Sambal Cibiuk

635.Sambal Cibiuk

PekanPosbarFestivalSambalNusantara Terpilihlah sambal Cibiuk yg hijau segar pedas wangi kemangi duhh dipadukan lauk apa saja cocok ...bahkan sy padukan dengan rendang pun ok hlo...🙏 30/05/21 (M.52_GANTL) Source: fransiska arie https://cookpad.com/id/resep/13857155-sambal-cibiuk?invite_token=he7FpwN41xJZj52gXBhgJXc4&shared_at=1622288759 #PekanPosbarFestivalSambalNusantara #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi Bismilah,

Sambal Seruit Khas Lampung

Sambal Seruit Khas Lampung

Menurut sumber resep ini yaitu Dapur Lisa, sambal Seruit ini merupakan sambal khas Lampung yang selalu disajikan pada pesta2 pernikahan dan acara2 khusus lainnya. #GA_TheNextLevel #CoompadCommunity_Depok #PekanPosbar_SambalNusantara #RecookDepok_Sumbar Source : Dapur Lisa - Malang

Sambal Ijo

Sambal Ijo

Rasanya mirip sama kaya di RM Padang sama sambelnya di warung ayam bakar deket kantor euy. Maknyus

Sambal terasi

Sambal terasi

sambal ini cocok utk teman sayur asem plus lalapan, ikan dan tempe goreng #PekanPosbar #PekanPosbar_SambalNusantara

4 - 5 orang