Sambal Kerak Kelapa

Dipos pada January 10, 2022

Sambal Kerak Kelapa

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Kerak Kelapa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Kerak Kelapa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Kerak Kelapa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Kerak Kelapa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Kerak Kelapa adalah 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Kerak Kelapa diperkirakan sekitar 10 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Kerak Kelapa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Kerak Kelapa memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambal ini cocok untuk teman duet makan lalapan (mentah) seperti kenikir, kemangi, temu pauh/temu mangga, dll. Tapi boleh juga dengan sayuran yang sudah direbus seperti jantung pisang, bayam, dll. Soal rasa itu relatif. Jumlah bahan hanya sebagai syarat, boleh ditambah/dikurangi sesuai selera. Saya jarang sekali (nyaris tak pernah) menambahkan MSG/micin/vetsin ke dalam menu makanan. Bagi yang mau/biasa menggunakan, silahkan ditambahkan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Kerak Kelapa:

  1. 1/6 butir Kelapa (bukan diparut)
  2. 3 buah Cabai merah
  3. 10 buah cabai rawit
  4. 7 siung bawang merah
  5. 6 buah belimbing sayur/wuluh
  6. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Kerak Kelapa

1
Bakar kelapa hingga harum dan agak kering (biasanya akan gosong sebagian)
2
Bersihkan cabai dan bawang merah, kemudian uleg beserta garam hingga halus.
3
Potong-potong belimbing, lalu uleg beserta sambal (cabai+bawang).
4
Potong-potong kelapa yang sudah dibakar (bersihkan bagian yang gosong agar tidak pahit) agar mudah diuleg. Kemudian uleg kelapa dengan dipukul-pukul agar hancur. Haluskan hingga tekstur sesuai selera
5
Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal lado tanak petai

Sambal lado tanak petai

Masakan khas minang yang gak pernah ada di restoran padang..terlalu enak dan jangan sampe resep ini hilang..

5 orang
2 jam
Sambal Tempe Kemangi

Sambal Tempe Kemangi

Terinspirasi dari salah satu selebgram Indonesia @vickyalaydrus atau mamamiw✨ sedep banget loh apalagi pake nasi hangat🤤👍

2 orang
15 menit
Sambal Goreng Kentang Bakso

Sambal Goreng Kentang Bakso

Minggu ini kedatangan tamu jauh dari Kaltim, kampung asal saya sebenarnya🤭😅 Mba Widjie dah berbagi ilmu membuat amplang, tapi karna saya dah sering ngerasain amplang dan kalo bikin sendiri sepertinya membuat busui lelah jd saya cooksnap yang mudah dlu aja deh ssuai dgn bahan yg ada drmh 🤭✌️ Source : @cook_6168662_wa #CodePesiar_Kaltim #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron

Telor Tempe Geprek Sambel Tomat

Telor Tempe Geprek Sambel Tomat

#pejuanggoldenbatikapron #cookpaindonesia Menu paling iirriiitttt..... Bisa makan berdua hanya dengan sebutir telur..

Sambal Teri Jengki

Sambal Teri Jengki

Sebagai salah seorang pecinta sambal, saya pernah coba sambal-sambal lauk kemasan yang dijual online maupun offline. Saya terkesan dengan rasa yang pedas, manis, gurih, dan pokoknya enak. Dari situ saya penasaran dong, ingin juga bisa masak sambal lauk minimal buat diri sendiri dan keluarga.

Bersama
1 jam
Sambel tumpang

Sambel tumpang

#PejuangGoldenBatikApron #Cookpad_Community

Dada Ayam Fillet Sambal Ijo

Dada Ayam Fillet Sambal Ijo

Tips: Karena saya sedang memburu makanan berprotein tinggi, maka saya menggunakan fillet dada ayam. Tetapi ini bisa diganti dengan paha ya.. agar rasanya lebih gurih dan sedap.

4-5 porsi
1 jam
Ayam Panggang Teflon dan Sambal Tomat

Ayam Panggang Teflon dan Sambal Tomat

Pengen bikin Ayam panggang tapi gak punya panggangan atau alat Bakaran lainnya. Dengan peralatan seadanya yaitu teflon bisa juga untuk alat memanggang. Karena Ayam panggang cenderung rasa dagingnya hambar maka dari itu saya mencoba untuk memarinasinya dahulu untuk rasa agar meresap dan ungkep ayam agar ayam lembut dan lunak. Perpaduan Marinasi dan ungkep inilah resep saya akan menjadi resep ayam panggang berbeda dan lezat dari biasanya. Gak percaya ? Cobain yuk !

2-6 orang
Manggang 20mnt
Sambal terasi uleg

Sambal terasi uleg

3-4 orang
15 menit
Sambal Goreng Ampela Ati

Sambal Goreng Ampela Ati

3 orang
30 menit
Sambal Goreng Krecek

Sambal Goreng Krecek

Mbk Retno @Kaianiandra terimakasih banyak sudah berbagi ilmu nya , mengisi kegiatan Ngebakso di Colam . Jujur banget sy ngga paham dalam hal perpotoan .Apalagi setelah sekian lama pegang hp ngga tahu fungsi dari settingan ISO , Aperture dan Shutter Speed nya . Ini pun sy juga masih coba coba belajar dari materi yg di berikan mbk Retno . Memang butuh latihan terus untuk bisa memahami Food Photography . Di lain kesempatan apabila ada waktu sy pengen belajar langsung ke mbk Retno . Ngiler lihat hasil foto nya bagus bagus banget dan pasti nya sangat menarik sekali. Hasil foto sy ini diambil pada malam hari , dengan bantuan lampu yg di pakai buat belajar anak anak di rumah , menggunakan mode Pro di ISO 100 , SS nya 1/8 , WB Auto dan EV 0. Sy cooksnap resep Sambal Goreng Krecek dari mbk Retno . Berikut sy sertakan link resep asli nya : https://cookpad.com/id/r/11182146 #PejuangGoldenBatikApron #ColamNgebakso #NgebaksoWithKaianiandra #Ngebakso_PengaturanSegitigaExposure #CookpadCommunity_Malang

Ikan Bawal Sambal Matah

Ikan Bawal Sambal Matah

Kangen bgt sama rasa nya sambal matah ,kebetulan masih ada ikan tring tring... langsung kepikiran goreng ikan tinggal siram sama sambal matah..hihii nikmat 😋 #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke7

Sambal Kecombrang Mudah

Sambal Kecombrang Mudah

Rasa khas kecombrang memang favorit keluarga..

5 orang
10 menit
Sambal goreng ati ayam

Sambal goreng ati ayam

3 orang
30 menit
94. Sambal utk Ayam Goreng

94. Sambal utk Ayam Goreng

Menemukan sebuah resep sambal, katanya sambalnya enak banget. Karena penasaran, aq cobain... Agak beda sih rasanya, jadi keingetan sambal tiap beli nasi bungkus Lamongan, mirip rasanya, ternyata karena daun jeruknya. Cocok juga dijadiin sambal pendamping Ayam Mbok Berek.

4 orang
15 menit
70. Sambel Asem Cirebon

70. Sambel Asem Cirebon

Dapat resep dari dapur ema di google. Penasaran dengan rasanya jadi coba buat lah. #PejuangGoldenBatikApron #Resolusi2022 #Kembalikedapur-190322

Sambel ala isayang

Sambel ala isayang

#PejuangGoldenBatikApron