Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas

Dipos pada January 15, 2022

Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi pengen makan pedes, jadilah buat ayam crispy pakai sambal daun bawang buat menu makan siang. Ayamnya renyah dan empuk, sambalnya pun terasa pedas, manis, dan gurih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas:

  1. 3 potong ayam bagian dada
  2. 1 sdt garam
  3. Secukupnya air
  4. Adonan Kering
  5. 120 gr Tepung terigu
  6. 60 gr Tepung maizena
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt kaldu ayam bubuk
  9. 1/4 sdt lada bubuk
  10. Sambal
  11. 11 buah cabai rawit
  12. 5 buah bawang putih
  13. 1 buah daun bawang
  14. 1 sdt gula pasir
  15. 1/4 sdt garam
  16. Secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas

1
Cuci ayam hingga bersih, lalu rendam dengan air dan garam. Diamkan sembari menyiapkan bahan-bahan lainnya.
2
Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam, lada, dan kaldu bubuk lalu aduk sampai tercampur semua.
3
Ambil potongan ayam, beri beberapa sayatan di dada ayam, balur ayam dengan bahan kering hingga merata sampai sela-sela, pastikan semua terkena bahan kering jangan ada yg terlewat.
4
Siapkan wajan, masukkan minyak goreng secukupnya, nyalakan kompor, tunggu sampai panas. Jika sudah panas ayam yg sudah di balur bahan kering bisa di masukkan. Masak dengan api kecil agar matang merata tdk cpt gosong dan tunggu ayam crispy hingga berwarna kuning keemasan.
5
Sembari menunggu ayam matang, siapkan bahan untuk sambel. Cuci kemudian cincang bawang putih dan cabai, kalau malas potong bisa pakai mini chopper. Kemudian potong kecil-kecil daun bawang.
Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas - Step 5
6
Apabila ayam sudah matang dan berwarna kuning keemasan, bisa di tiriskan. Lalu gunakan minyak bekas menggoreng ayam untuk menggoreng sambal.
7
Sisakan minyak kurang lebih 100 ml, kemudian tumis cabai dan bawang putih, tambahkan gula dan garam aduk-aduk, masukkan daun bawang terakhir aduk sampai merata, masak sebentar saja jangan sampai terlalu kering. Kalau dirasa minyak di sambal kebanyakan bisa di buang sedikit minyak nya.
8
Jika semua sudah siap. Letakkan ayam di atas piring lalu baluri ayam dengan sambal tadi. Nikmati dg nasi hangat yg pulen ditemani angin sepoi-sepoi, beuh nikmat.
Ayam Crispy Sambal Daun Bawang Pedas - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel goreng ati ampela

Sambel goreng ati ampela

wajib cobaaaaa!

Sambel Kecap

Sambel Kecap

Keinget kalo ke pantai beli ikan bakar manis.. dikasih sambel kecap ini, dimakan pakai nasi anget dan lalap.. nyumnyumm

sesuai selera
3 menit
Ayam dower sambel ijo

Ayam dower sambel ijo

Pagiku cerah ku... Eh salah yg bener mah gini "pagiku mendung ku, cuacanya dingin... Hehe, cuaca dingin rasanya si perut selalu terisi oleh yg hangat² dan makanan² yg mengenyangkan.. Nah kali ini saya membuat resep makanan kekinian yg simpel dan super lezattt Yok kita intip resepnya hehe #pejuangGoldenBatikApron #cookpad_ID

Cumi crispy sambal dabu-dabu

Cumi crispy sambal dabu-dabu

Selamatttt makan makan🤗🤗🤗🤗😉🤤

Ayam Goreng Sambal Ijo

Ayam Goreng Sambal Ijo

Karena anak suka ayam geprek sambel ijo dan kalau beli diluar level pedesnya minta ampun pedees banget akhirnya bikin sendiri.cuma disambelnya ditambah cabe merah untuk rasa pedasnya.. #PejuangGoldenBatikApron

2 orang
45 menit
Sambal kacang istimewa

Sambal kacang istimewa

Dikata istimewa coz...nih pke daun jeruk yg wanginya wow deh😄😄😀 Cobain deh🤭🤭😉🤤 #IdeMasak

Sambal goreng tahu kentang

Sambal goreng tahu kentang

Belajar memasak bahan seadanya 🤗 selamat mencoba ya bun🥰🥰

2 orang
20 menit
Sambal jolangjaling tempe

Sambal jolangjaling tempe

Lebih suka jolang jaling sambel, enak baunya ga menyengat jg..

Sambal terasi ulek

Sambal terasi ulek

Bismillah....sambal pelengkap ayam goreng...... yg mudah dan enak.. Yuk di coba 😍 #PejuangGoldenBatikApron #kopijoss

Sambal ganja khas aceh versi ikan tongkol/tuna

Sambal ganja khas aceh versi ikan tongkol/tuna

Sambal khas aceh yang terkenal dengan sebutan sambal ganja tapi tidak mengandung daun ganja,biasa nya sambal ini dibuat pake udang yang direbus atau digoreng,kali ini saya kreasi kan pake ikan tongkol/tuna yg sdh digoreng #TiketGoldenBatikApron #cookpadcommunity_Aceh

2 0rang
15 menit
Ikan Sambal Pedas Manis

Ikan Sambal Pedas Manis

4 porsi
20 menit
Ikan kuwe Goreng sambal kecap

Ikan kuwe Goreng sambal kecap

Lagi berusaha melawan mager yang tidak berkesudahan 🙈masak setiap hari sebenarnya, tapi lagi mager untuk foto 😌 Bismillah ❤️ semangat !!!!💃 #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

#3.GBA. Sambal Kerang Pedas

#3.GBA. Sambal Kerang Pedas

Berhubung yang ada hanya kepah yo wes...kerangnya diganti kepah aja ya😉. Saya kasi tambahan daun kemangi supaya wangi dan semangat makannya. Tetap endolita koq bund 🤤👌 Source 👉 martha florentina #PejuangGoldenBatikApron

6 porsi
Sambal tomat simpel

Sambal tomat simpel

Bahan sesimpel ini udah enak lhoo 😋 #PejuangGoldenBatikApron

Ikan Tongkol Asap Sambel Colo-Colo

Ikan Tongkol Asap Sambel Colo-Colo

Yuhuuu... alhamdulillah bisa ikutan posbar, meskipun foto alakadarnya. Rasa insyaallah ngga diragukan. Pakai resep mba @ciciliasalamony . Asem, pedes, seger,, dengan aroma ikan asap yang khas. Harusnya mah makan beginian di pinggir pantai lah.. seronok 🏖 #KreasiDepok_Ikanasap #CookpadCommunity_Depok

Sambal kacang rujakk 🤤

Sambal kacang rujakk 🤤

suegerr panas2 ngerujak langsung bikin sambel rujak pake kacang tanah. nanas dapat metik dibelakang rumah ditambah bengkoang sama jambu beli ditukang sayur #Sambalrujak #PejuangGoldenBatikApron

banyak
5 menit