Sambal Bongkot

Dipos pada January 17, 2022

Sambal Bongkot

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Bongkot yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Bongkot yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Bongkot, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Bongkot enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Bongkot adalah 2-3x mkn. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Bongkot diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Bongkot sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Bongkot memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bongkot/pangkal batang muda kecombrang sejenis tanaman rempah. Sambal ini rasanya unik, kalo sdh dimasak aromanya sedap sekali, jika suka sambal matah dan aroma terasi biasanya akan suka sambal ini. Bongkot bisa dimasak campur dgn ikan pindang/tongkol/lainnya.., sesuai selera.. #bongkot #sambal #kecombrang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Bongkot:

  1. 5 batang bongkot
  2. 10 butir bawang merah iris halus
  3. 2 buah jeruk limau
  4. 2 siung bawang putih cincang halus
  5. 1 sdt terasi
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. 1 sdm minyak kelapa/minyak goreng/optional
  9. 15 biji cabe rawit/optional

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Bongkot

1
Siapkan bahan. Bongkot disiangi buang bagian kulit luar yg berwarna hijau, ambil bagian putihnya iris tipis/cincang agak kasar, beri sedikit garam diremas remas spy getahnya keluar trus dicuci dan diperas.
2
Dalam wadah tahan panas, masukkan bongkot, jeruk limau peras airnya masukkan sekalian dgn kulitnya, cabe, bawang merah-putih, terasi, garam, kaldu bubuk, minyak kelapa(lebih sedap aromanya) jika ada/minyak goreng saja.
3
Bungkus tangan pakai plastik (ada cabe spy tdk panas tangan), semua bahan tadi diremas pelan hingga teksturnya agak layu, aromanya keluar dan tercampur rata, trus dikukus 15-20 menit (Bisa juga ditumis atau disiram minyak sangat panas, kalo aku lebih suka dikukus).
4
Sajikan dengan pelengkap lainnya dan nasi hangat. Jika tdk habis sekali makan simpan dikulkas masukkan box tutup rapat, tahan beberapa hari.
Sambal Bongkot - Step 4
Sambal Bongkot - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Bawang Tempe Kemangi

Sambal Bawang Tempe Kemangi

Kalo makan pake sambel tempe itu rasanya ga bisa berhenti2..tambah kemangi biar segeerrr..

3 orang
20 menit
Jengkol sambal kecombrang

Jengkol sambal kecombrang

Jengkol bisa menambah selera makan, pilih jengkol yg agak tua, sehingga rasanya akan terasa jauh lebih enak dibanding yg masih muda. biasanya bentuk agak bulat gendut dan berat, dibanding yg masih muda. Dan cara masaknya juga harus lebih sabar, akan lebih enak dan baunya juga akan berkurang bila setelah dicucu, kita rendam jengkol semalaman, setelah itu bisa presto selama 30 menit, atau dengan panci biasa 1 jam, supaya baunya bisa berkurang, tambahkan daun jeruk, daun salam dan sereh waktu rebus. setelah selesai rebus, belah 2 lalu buang kulit, kemudian geprek pipih satu per satu.

5 orang
1 jam 30 menit
Sambal ikan pindang

Sambal ikan pindang

Udah lama ga masak sesambelan πŸ˜ƒ bikin yg g ribet aja dan awet

3-4 orang
30 menit
Sambal simpel

Sambal simpel

Makan tanpa sambal serasa ada yg kurang πŸ˜†

Daun ubi sambal brambang asem

Daun ubi sambal brambang asem

Pas ada daun ubi di tukang sayur, langsung aja beli, bikin yang simpel aja pakai sambal brambang asem pasti enak banget. Kebetulan ada kukusan bekas ngukus tahu, jadi aku kukus aja 5 menit biar gak ribet, tapi kalo ribet nurunin kukusan ya rebus aja di air mendidih sampai layu. #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #PejuangGoldenBatikApron #GBAweek03

Sambal Bajak Simple

Sambal Bajak Simple

Sambal yang selalu jadi favorit keluarga #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
20 menit
Sambal goreng ati kentang

Sambal goreng ati kentang

Ala Dapur Bunda Unyil 😍

5 orang
30 menit
5. Sambel Goreng Kentang

5. Sambel Goreng Kentang

#PejuangGoldenBatikApron Resep sambel goreng kentang pedas manis, bisa juga ditambah hati ayam. Selamat mencoba dan semoga resep ini bisa membantu menciptakan sambel goreng kentang terbaik versi kamu. Tetap happu kiyowo!

2-3 orang
30 menit
Sambal durian sederhana

Sambal durian sederhana

Tetangga kosan kasih saya durian yg dibawa dari kampungnya, dengan bahan sederhana saya bikin sambal durian wkwkwk. Kalau yg dipakai durian fermentasi bisa jd sambal tempoyak yg lebih enak lagi :) sambal ini nanti rasanya akan seperti manis di depan dan pedasnya belakangan enak sekali pokoknya

2 orang (berbagi itu indah)
10 menit
Ayam geprek sambal ijo

Ayam geprek sambal ijo

Iseng-iseng punya uang cuma 10.000 dpt sayap ayam ΒΌkg Terus kepikiran pgn nyoba buat ayam geprek yang kebeli cuma ayamnya doang bahan-bahan tambahan lainya udah ada semua dirumah bun..

2 Orang dwasa
Β½ jam
Sambal Goreng Teri Kacang Panjang

Sambal Goreng Teri Kacang Panjang

Minggu ini tema challenge #komunitaspaders adalah cooksnap resep cooking followers Komunitas Paders. Kebetulan nih saya masak Sambal goreng teri kacang panjang yang simpel dan makyuss bangetπŸ˜‹, hasil cooksnap dari resepnya mba @dapurVY. Cuss langsung nulis resep dong...😁 Alhamdulillah minggu ini ga' bolos dah..🀭. #PejuangGoldenBatikApron #GoDaSnap_CookingFeb #GoDaPaders_2022 #Cookpad_Paders #CookpadCommunity_Balikpapan #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Sambal Nanas

Sambal Nanas

Masak sup ikan pake sambel nanas jadi enak. 😁

4 orang
15 menit
Sambel Sambelan

Sambel Sambelan

Entah kenapa sambelan selalu buat nambah nafsu makan euy😍

4 Orang
20 menit
Cumi sambal

Cumi sambal

Hallo Cookpad Lovers :) kali ini aku coba bikin cumi sambal cabe merah hehehe. Udah kebayang kan enaknya apa lg pake nasi hangat jangan lupa kerupuk ya 🀭 selamat mencoba :)

5 orang
-+ 20 menit
Sambal Kentang ala Xanderskitchen

Sambal Kentang ala Xanderskitchen

Bingung mau masak apa,mau ke pasar hujan melulu.Mau order online kok lagi malas, Alhamdulillah masih punya stok kentang.Biasanya bikin sambal Ati Ampela,tapi hari ini mau coba resep yang gampang dan di jamin enak.Resepnya ci Jun yang sudah terkenal.Lets go masak

Sambal Goreng Ati Ampela Pedas

Sambal Goreng Ati Ampela Pedas

Makanan yang selalu ada saat lebaran, kali ini dimasak buat menu sehari - hari dan resep dari mama ku, klo mama ku lebih agak merah klo aku lebih ke pedas

4 orang
1 jam 30 menit
Terong sambel terasi petis asin

Terong sambel terasi petis asin

Pas goreng sambel ini tuh baunya semerbak kemana kamana πŸ˜‚πŸ˜‹,, rasanya mantul dimakan sama nasi anget bisa ngabisin nasi nih 😁

Tempe Penyet Sambal Bawang (versi simple)

Tempe Penyet Sambal Bawang (versi simple)

Menu sederhana, simple bikinnya, tapi nggak pernah bosan makannya πŸ€€πŸ˜…

3 orang
15 menit