Sambal

Dipos pada February 8, 2022

Sambal

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal:

  1. 13 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah keriting
  4. 7 buah cabai rawit setan (jika mau lebih pedas bisa ditambah)
  5. 3 butir kemiri
  6. 1 + 1/2 terasi sachetan
  7. 1 sdm Bawang merah goreng
  8. 1 sdm Gula merah (bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera)
  9. 4 buah Tomat
  10. secukupnya Air
  11. secukupnya Garam
  12. secukupnya Mecin / kaldu

Langkah-langkah untuk membuat Sambal

1
Goreng bawang merah, bawang putih, semua cabai, terasi dan kemiri hingga layu
Sambal - Step 1
2
Setelah layu angkat, pindahkan ke cobek, lalu tambahkan gula merah dan bawang merah goreng, ulek hingga halus
Sambal - Step 2
Sambal - Step 2
Sambal - Step 2
3
Masak tomat yang telah dipotong-potong, tambahkan sedikit air, masak hingga layu dan hancur
Sambal - Step 3
4
Masukan bahan yang telah di ulek ke dalam pan, tambahkan garam dan mecin sesuai selera, aduk-aduk hingga air kering dan hidangkan
Sambal - Step 4
Sambal - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Sari Laut

Sambal Sari Laut

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia. Sambal juga ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabai dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam, bawang dan terasi serta tomat. Kali ini aku membuat Sambal Sari Laut, entah berasal dari mana nama sambal ini, yang pasti rasanya enak, gurih, pedeees, dan tentunya segar dari daun kemangi yang digoreng sampai layu

7 porsi
25'
Sate Tempe Sambal Kecap

Sate Tempe Sambal Kecap

13/10/2021. Ikut meramaikan #Goda_Sesatean ,sy bikin sate tempe sambal kecap cooksnap dari mba lingga @frielinggasit ,hemat & lezatπŸ€—.

Sambal Jamblang

Sambal Jamblang

Source : @farah_annisa Huh,hah....pedas bgt....mulut sama tangan jd ikutan pedes...tp makan jd nambah... hehehe....πŸ€­πŸ˜‚ #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_Id #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #KombesTourSemarang

Plecing Godhong Telo (Sambel Daun Ubi Jalar) & Iwak Panggangan

Plecing Godhong Telo (Sambel Daun Ubi Jalar) & Iwak Panggangan

Yang doyan makan lalapan cuung πŸ™‹β€β™€οΈπŸ™‹β€β™‚οΈ Dicocol sama sambel yang puedes diemplok bareng nasi anget, buiih, menu makan siang yang nikmat banget sih. Lauk lainnya tinggal menyesuaikan. Tahu tempe ikan asin ditambah kerupuk putih udah jadi paket komplit. Bisa dicoba nih menu ndeso lalap daun telo. Ngeliat sambelnya aja udah sukses bikin ngiler ye kaan ..

45 menit
Sambal pala ikan bumbu lombok

Sambal pala ikan bumbu lombok

Bingung entar makan malam lauknya ap untung ad pala ikan

2 orang
31 menit
Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati

Ini resep tersimple buat bikin sambal goreng ati. Bahannya ada dimana aja, gampang banget + irit waktu mom 😎

2 porsi
15 menit
Resep Sayur Sambal Goreng Labu Siam Tahu

Resep Sayur Sambal Goreng Labu Siam Tahu

Hari ini membuat sayur sambal goreng labu siam dan tahu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ☺

8 porsi
1 jam
Sambal Pecak Ikan Dorang

Sambal Pecak Ikan Dorang

Source : @desi_k2 Link : https://cookpad.com/id/resep/14913567-pecak-gurame?invite_token=HTMjp2nEhLcccjctK6wzriRh&shared_at=1634295012 Membaca resep-resep mbak @desi_k2 .. ada banyak yang membuat saya kangen rumah di Jakarta.. ada tumis oncom, sayur asem dan juga pecak ikan.. pengen banget semuanya di cooksnap. Nah ada resep yang saya belum pernah buat sama sekali tetapi favorit banget kalau lagi makan di RM Betawi-Sunda gitu.. yaitu Pecak Gurame. Karena di kulkas adanya ikan Dorang.. saya coba buat pecaknya dengan ikan ini.. duuh sambal pecaknya mbak desi begitu menginspirasi.. terimakasih banyak ya mbak saya jadi bisa buat sambal pecak yang versi dikukus. #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi #ColamMatos #Matos_AnekaSambal #CookpadCommunity_Malang

4 orang
1 jam
Sambal terong

Sambal terong

4 orang
Pisang Kepok Goreng Coel Saos sambal

Pisang Kepok Goreng Coel Saos sambal

Siapa yg suka mkn pisang goreng coel sambal yuk ngumpul sini?

4 Orang
20 menit
Sambal Tempe Kemangi

Sambal Tempe Kemangi

Beli 1 papan tempe ternyata belum matang sempurna. Awalnya mau buat tempe garit kok cuma sedikit. Mau ditunda dulu, takut malah nggak kemasak. Ada kemangi juga. Ada cabe yang lama ga tersentuh karena lama ga makan pedas. Cari-cari resep, eh nemu resepnya mbak Angela. Oke deh. Eksekusi dengan sedikit modifikasi.

2 orang
30 menit
Sambal Tumis Kemangi

Sambal Tumis Kemangi

Ada stok kemangi, dicampur aja sama sambel deh, hihihi #IdeMasakku #AnekaSambal_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

1 mangkok
15 menit
Sambal Bawang

Sambal Bawang

Resep #3 Nyoba buat sambal dengan versi yg berbeda.. dan rasanya mantab, cocok untuk teman makan nasi beserta lauk seperti ayam goreng, tahu atau tempe goreng.

10 menit
Sambel Tumpang Asli Kediri

Sambel Tumpang Asli Kediri

Sambel tumpang ini adalah makanan khas kota Kediri yang berbahan dasar tempe yang sudah menginap (semangit/busuk). Biasanya disajikan bersama sayuran yang direbus/kulup. Jenis sayurannya sesuai selera tetapi orang asli Kediri biasanya memakai nangka muda/tewel dan pepaya muda yang dipasrah/dipotong memanjang untuk dijadikan kulup. Tidak lupa ditambahkan lalapan kemangi dan lamtoro/petai cina serta peyek di atasnya.

4-6 orang
1 jam
Sambal Buah Bacang Cabe Mentah Khas Palembang (Sambal Bacang)

Sambal Buah Bacang Cabe Mentah Khas Palembang (Sambal Bacang)

#cloverdandelion17 Berdasarkan referensi, sambal-sambal yang dikenal masyarakat Sumatera Selatan di antaranya sambal cengeh atau sambal cengek, sambal unji, sambal mbam, sambal kedondong hutan, sambal pelam, sambal raman, sambal kweni, sambal rambai, sambal terong asam, sambal tigo (garam pedas), sambal kabau hingga sambal nanas. Selain itu, ada sambal buah bacang yang juga menjadi kegemaran wong kito galo. Sambal ini dibuat dengan berbahan dasar BACANG (Mangifera foetida Lour.) adalah sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Tidak diketahui pasti asal-usul munculnya sambal buah bacang. Beredar cerita di masyarakat sambal ini dibuat nenek moyang lantaran banyaknya pohon bacang di daerah Sumatera Selatan. Bentuk yang mirip seperti buah mangga dimanfaatkan warga untuk dibuat kuliner. Rasa yang asam manis membuat penikmatnya ketagihan hingga menyebar ke daerah-daerah lain di Sumatera Selatan. Hai, moms. Hari ini aku bikin Sambal Buah Bacang Khas Palembang dengan dua versi yaitu dengan cabe mentah dan cabe yang direbus. Oh iya, yang ini versi cabe mentahya dan tidak pakai tomat, bawang merah ataupun bawang putih. Moms.

5 orang
15 menit
Sambel goreng kentang

Sambel goreng kentang

untuk masakan ini lebih enak lg di tambah pete dan ati ampela/daging.krn sya gk punya stok jd masak seadanya saja 😁

2 orang
30 menit