Pindang Sambal Embe

Dipos pada February 4, 2022

Pindang Sambal Embe

Anda sedang mencari inspirasi resep Pindang Sambal Embe yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pindang Sambal Embe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pindang Sambal Embe, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pindang Sambal Embe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pindang Sambal Embe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pindang Sambal Embe memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Duh,,, nikmatnya makan beginian... Yang suka bamer baput goreng,,, wajib coba sambel embe πŸ˜†,, trimakasih @pawonbune_aas ,,, Kalo sambel embe ini ori cm bamer, baput sama cabe kali yaaaa... Aku ikutin resep aja pake ikan pindang kranjangan,, katanya bisa di ganti sama ikan, atau cumi, udang dll. Awam bener ..... #Rekreasi_Bali #Semampir_Bali #SemangcookHokya #CookpadCommunity_ Semarang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pindang Sambal Embe:

  1. 1 keranjang pindang besek (2 pcs)
  2. 1 bh jeruk limao (jeruk sambel)
  3. Secukupnya terasi
  4. Secukupnya garam
  5. Sejumput gula pasir
  6. Sejumput kaldu bubuk (jamur / ayam) - optional
  7. Secukupnya minyak untuk menumis cabe
  8. Secukupnya minyak goreng
  9. 🌠 Bumbu iris :
  10. 10 bh bawang merah
  11. 5 siung bawang putih
  12. 9 bh cabe rawit (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Pindang Sambal Embe

1
Bersihkan ikan, belah, bisa di belah lebih kecil lagi, selera aja, goreng hingga matang, aku suka yang agak garing. Sisihkan.
Pindang Sambal Embe - Step 1
Pindang Sambal Embe - Step 1
2
Goreng bamer, bawang putih hingga kering. (Bisa setengah kering) tiriskan.
Pindang Sambal Embe - Step 2
3
Campur terasi, gula, garam dan kaldu bubuk.
Pindang Sambal Embe - Step 3
4
Tumis cabai dengan sedikit minyak hingga agak layu, masukkan campuran terasi dan bumbu td, aduk rata. Matikan api. Tambahkan perasan jeruk.
Pindang Sambal Embe - Step 4
Pindang Sambal Embe - Step 4
Pindang Sambal Embe - Step 4
5
Masukkan ikan, aduk rata. Sajikan.
Pindang Sambal Embe - Step 5
Pindang Sambal Embe - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tempe mendoan sambel kecap limo yummm

Tempe mendoan sambel kecap limo yummm

Pagi2 sudah lapar, nasi anget nyari temenya nih.... ada tempe n tepung beras.. markimas...mari kita masak..

2 orang
7menit
Sambal Matah Orak Arik Telor

Sambal Matah Orak Arik Telor

Liat resep ini seliweran di socmed saya. Jd kepengen bikin tp yg versi saya sendiri. Anak bujang saya lahap banget makannya. Sampe" hampir dihabiskan sendiri. Suami juga suka. Menu murah meriah tapi mewah dan ngabisin nasi.

4 orang
5 Menit
Sambal bawang sedap

Sambal bawang sedap

Ceritanya bosen dgn masakan yg berkuah.. Maunya anak2 ayam goreng,, tapi kok males ya karena masak ayam lama waktunya baru bisa buat lauk,ya sudah masak ayam saja, sebagai pelengkapnya sambal bawang aja yg simpel, Sambal bawang ini kesukaan seluruh keluarga,,anakku yg cewek aja..sambel ini sering dimaem buat cocolan kerupuk.

1 jam
Sambel beberuk

Sambel beberuk

Resep ini berasal dr lombok - ntb , biasanya jg temen makan ayam taliwang . Aku suka bgt recook sambel ini karena rasanya yg pedes , seger dr bahan2 mentah yg dicampur jd 1 trs di peresin jeruk limo :))

3 orang
5 menit
Sambal Mie Kering Toping Bawang Goreng

Sambal Mie Kering Toping Bawang Goreng

Mumpung ada stok mie kering yang ga ada bumbunya langsung buatin bumbu homemade😍 ini joss bangetπŸ˜‹ mau pedes lagi bisa tambahin cabe ya😍

Sambal Buah Bacang Cabe Rebus Khas Palembang (Sambal Bacang)

Sambal Buah Bacang Cabe Rebus Khas Palembang (Sambal Bacang)

#cloverdandelion17 Berdasarkan referensi, sambal-sambal yang dikenal masyarakat Sumatera Selatan di antaranya sambal cengeh atau sambal cengek, sambal unji, sambal mbam, sambal kedondong hutan, sambal pelam, sambal raman, sambal kweni, sambal rambai, sambal terong asam, sambal tigo (garam pedas), sambal kabau hingga sambal nanas. Selain itu, ada sambal buah bacang yang juga menjadi kegemaran wong kito galo. Sambal ini dibuat dengan berbahan dasar BACANG (Mangifera foetida Lour.) adalah sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Tidak diketahui pasti asal-usul munculnya sambal buah bacang. Beredar cerita di masyarakat sambal ini dibuat nenek moyang lantaran banyaknya pohon bacang di daerah Sumatera Selatan. Bentuk yang mirip seperti buah mangga dimanfaatkan warga untuk dibuat kuliner. Rasa yang asam manis membuat penikmatnya ketagihan hingga menyebar ke daerah-daerah lain di Sumatera Selatan. Hai, moms. Hari ini aku bikin Sambal Buah Bacang Khas Palembang dengan dua versi yaitu dengan cabe mentah dan cabe yang direbus. Oh iya, yang ini versi sambal buah bacang dengan menggunakan cabai yang direbus. Dan tanpa menggunakan tomat, bawang merah serta bawang putih.

5 orang
15 menit
Sambal Pete/Petai

Sambal Pete/Petai

Cocok ni untuk pecinta pete. Lebih mantap disantap bersama nasi hangat, lauk, dan lalapan. Cabai aku rebus supaya mudah diuleg. Aku uleg supaya lebih mantap, kalau diblender rasanya kurang enak. Kalo suka tekstur petai yang crunchy, pete tidak perlu digoreng, cukup dimasukkan setelah sambal sudah setengah matang.

5-6 orang
Telur Orak Arik Sambal Embe

Telur Orak Arik Sambal Embe

#CookpadCommunity_Palembang

Ceker Sambal Bawang

Ceker Sambal Bawang

Yang seuhah numpang lewattt

Sambal ijo

Sambal ijo

Sambal ini cocok bngt buat ayam crispy sama ayam goreng ...nikmat bikin nagih ..

bisa buat stock
30 menit
Tongkol Pete - Sambel Terasi

Tongkol Pete - Sambel Terasi

Menu lokal ini enak tak terbantahkan, terutama bagi penggemar pete garis keras macam saya. Ikannya bisa diganti apa saja, kali ini pakai ikan tongkol goreng. Nasi panas, kangkung rebus, sambal trasi, pete dan ikan goreng. Sungguh Kearifan Lokal yang paripurna πŸ˜„

4 porsi
Sambal cumi mercon

Sambal cumi mercon

Bikin suami makan lahap dan nagih untuk nambah nasi 😁

4 orang
30 menit
Sambel lombok ijo

Sambel lombok ijo

10 porsi
30 menit
Nasi Pandan Sambalado Uwok Bada

Nasi Pandan Sambalado Uwok Bada

Resepnya dari mbak Mira Jabir πŸ‘

Sambal Terasi Belimbing Wuluh

Sambal Terasi Belimbing Wuluh

Source: @dapurmamaDeFa Mantap nih, pedes kecutΒ² segerr. . .πŸ˜‹ Di cocol ikan goreng, tahu goreng, tempe goreng..beuuhh Mantuull pisan..

Sambal Jamblang

Sambal Jamblang

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Kiki Rizki Amalia Salah satu rekomendasi menu pendamping utk nasi jamblang khas Cirebon. Tapi krn buang biji semua, jadinya gak pedes deh. Padahal cuma ngasal aja buang bijinya. Resep asli menginstruksikan agar bijinya betul2 diabisin. Lain kali bikin, mending dibagi 2 kali ya. Sebagian buang biji, sebagian utuhan. Palingan panas dah tangannya pas ngiris2 tuh cabe. πŸ˜† #PekanInspirasi #Barampaan_Jamblang #PesonaKulinerIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang

5 orang
45 menit
Gulai Cumi Isi, Terong Balado dan Sambal Ijo

Gulai Cumi Isi, Terong Balado dan Sambal Ijo

Menu ala resto padang ini di adaptasi menjadi masakan rumahan dengan bumbu yang simpel, tapi rasanya tentunya tetap enak pake banget ya jangan salah 😍😍😍 Semarak Clover sekaligus posbar masakan daerah di Nusantara tercinta memang tiada dua. Dengan budget tidak lebih dari 50.000 rupiah, yang termahal adalah cumi, yang setengah kilonya 35.000 rupiah, sedang terong setengah kilonya hanya 2.000 rupiah, tahu, cabe, tomat hijau pun masing-masing hanya 1.000an rupiah saja, lain-lain tidak sampai 5.000 rupiah. Dan jadilah set menu dari Padang Sumatra Barat ini, gulai cumi isi, balado terong dan sambal ijo. Yuk langsung dicoba resepnya... Source gulai cumi isi, @momB https://cookpad.com/id/resep/15367243-gulai-cumi-isi-tahu?ref=you_tab_saved #GAMasak_50k #SemarakGAMasak_50k #TidakSekedarMemasak #CloversCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #MasakItuSaya #PekanInspirasi #PesonaKulinerNusantara #CookpadIndonesia #GulaiCumiIsi #GulaiCumiIsiTahu #Resep_RhymerwidKitchen

5 bh
1 jam
Sambal Tempe kemangi

Sambal Tempe kemangi

Hallo Cookpad lovers!! Kali ini aki coba bikin tempe sambal kemangi πŸ˜…πŸ˜… simplee tapi bikin nambah nasi ya kan πŸ™„ selamat mencoba :) #CookpadCommunity_Palembang

5 orang
-+ 30 menit