Sambel tempong

Dipos pada March 19, 2022

Sambel tempong

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambel tempong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambel tempong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambel tempong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambel tempong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambel tempong diperkirakan sekitar 10 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel tempong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel tempong memakai 9 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambel tempong ini khas banyuwangi namun saya mengenalnya di bali,udah lama saya gak ke bali karena ppkm ini jd memutuskan untuk buat sendiri sambel tempong.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel tempong:

  1. 15 cabe rawit merah
  2. 5 cabe merah kriting
  3. 2 bawang merah
  4. 1 buah tomat besar
  5. Terasi bakar (me:terasi abc)
  6. secukupnya Garam
  7. 1 sdt gula pasir
  8. Penyedap (me:skip)
  9. Jeruk limau

Langkah-langkah untuk membuat Sambel tempong

1
Cuci bersih cabe,bawang merah,tomat lalu renus tomat setengah matang. Uleg cabe,bawang merah,tomat,terasi yg sdh di bakar,garam,gula hingga halus lalu beri perasaan jeruk limau.
Sambel tempong - Step 1

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Bawang Serbaguna

Sambel Bawang Serbaguna

Fotonya seadanya. Tapi rasanya sungguh luar biasa. Awalnya malu-malu pedesnya. Lama-lama kayak ditonjok aja. Sedia stok sambel ini di kulkas. Dimaem langsung sama nasi anget lauk apa aja OK. Ditambahin ke nasi goreng, aneka tumisan, bakso, mi kuah dll tambah mantap. Coba kuy.

Sambal Bawang

Sambal Bawang

Sambal andalan serbaguna. Saya biasa pake untuk pelengkap lauk, campuran telor dadar, tambahan bumbu tumis, juga nasi goreng. Modal 15 ribu dengan 230 gram sambal cukup ekonomis dibanding biasa sy beli 40-50rb

230 gr sambal
1 jam
Sambal Bawang Enak

Sambal Bawang Enak

10 orang
30 menit
Sambal Goreng Krecek

Sambal Goreng Krecek

Kalau Idul Fitri biasanya di rumah bikin sambal goreng kentang hati, Idul Adha nanti kepingin agak beda aja, mau bikin sambal goreng krecek lagi, buat teman opor dan lontong😍. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera masing2 ya, yang saya ini sedang aja karena ada yang gak bisa makan pedas di rumah😊. Kalau daging sapi biasanya dibuat sate maranggi, tapi nanti setelah qurban aja ya resepnya🍡🍡 #PPKM #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bandung

Sambel tempe favorit Qu

Sambel tempe favorit Qu

Masakan simpel disaat rasa males melanda😁

2 orang
15 menit
Saus Sambal Tomat

Saus Sambal Tomat

Ini sambal untuk menemani cilor bikinan sendiri biar lebih sehat aja, sih. Kan kita ngga tau kalau beli jajanan di luar itu proses pembuatannya gimana. Dengan membuat semuanya sendiri seperti ini, minimal kita tahu kalau tidak ada bahan berbahaya yang dimasukkan secara berlebihan. Proses membuatnya simpel, tidak perlu pakai blender yaa walaupun lebih bagus pakai blender biar lebih halus. Oh iya ini hasilnya pedas ya jadi buat yang ga suka bisa skip cabainya. Selamat mencoba.

1 mangkuk kecil
1 jam
Ikan Lele Goreng Sambel Merah Anti Gagal

Ikan Lele Goreng Sambel Merah Anti Gagal

Resep ini adalah inspirasi dari resep ikan lele sambel merah nya teh @cokpad_yanniliang yang saya ubah tidak pakai blender, tapi saya ulek bumbunya biar ada serat cabenya,,tapi enak banget ini pake nasi anget aja udah enak... #Semanggi_MasakHabang #CookpadCommunity_Jakarta

6 porsi
40 menit
Sambal mangga muda

Sambal mangga muda

Wheee liat postingan temen sambal mangga muda pas siang2 cuaca panas langsung dong minta suami d cariin mangga muda sambil nunggu suami aku kupas bawang sama cabe

3 porsi
20 menit
Ayam panggang & sambal (mirip sri pandaan)

Ayam panggang & sambal (mirip sri pandaan)

Kangen masakan jawa yg terkenal di pandaan surabaya. Boleh dicoba resep ini sangat mirip dengan aslinya.

4 orang
1 jam
Sambal goreng asin cucut

Sambal goreng asin cucut

Suami saya sangat suka ikan asin. Salah satunya ikan cucut. Ikan asin cucut rasanya sangat asin kalau tidak direndam dulu menggunakan air panas. Saya memanfaatkan rasa asinnya untuk membuat sambal goreng agar terasa gurih dan tentunya bisa menghemat bumbu karena ikan asinnya sudah berbalut bumbu sambal.

kurleb 15 menit
Sate Tahu Sambal Kecap

Sate Tahu Sambal Kecap

Meramaikan program JCCo (Jakarta Cookpad Community) yaitu #Busway_AkuTahu (Budget Sesuway) kali ini aku bikin sate tahu sambal kecap, ini simple banget cara buatnya, karna si tahu itu memang paling mudah di kreasikan, jadi di apain aja juga enak😋 Rincian budget: Tahu putih Rp 5.000 Bahan sambal kecap Rp 3.000 Tusuk sate Rp 2.000 Total budget Rp 10.000 #Busway_AkuTahu #PekanCooksnap #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

Cumi Asin Sambal Ijo

Cumi Asin Sambal Ijo

Bismilah #CookpadCommunity_Depok

5-6 org
30 menit
11. Sambel Judes Mantulita ala Lalapan Padin Surabaya

11. Sambel Judes Mantulita ala Lalapan Padin Surabaya

Terinspirasi dari salah satu lalapan favorit di Surabaya

2-3 porsi
10 -15menit
Sambel Bacem Tempe Tahu Khas Jogja

Sambel Bacem Tempe Tahu Khas Jogja

So yummy, 🤤♥️ #Kopijos_KhasJogja #Kopijos #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah