Tempe Penyet Sambal Kencur

Dipos pada March 17, 2022

Tempe Penyet Sambal Kencur

Anda sedang mencari inspirasi resep Tempe Penyet Sambal Kencur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tempe Penyet Sambal Kencur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tempe Penyet Sambal Kencur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Tempe Penyet Sambal Kencur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Tempe Penyet Sambal Kencur adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Tempe Penyet Sambal Kencur diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tempe Penyet Sambal Kencur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tempe Penyet Sambal Kencur memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Comfort food yang gampang banget bikinnya. Pasti sukses buat nambah nasi. Salah satu variasi tempe yang engga pernah gagal 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tempe Penyet Sambal Kencur:

  1. 1 papan tempe ukuran sedang
  2. 5 buah cabai merah keriting
  3. 2 buah cabai rawit
  4. 2 ruas jari kencur
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 2 siung bawang putih uk sedang
  7. Gula merah kira2 50 gram / 1/4 potong (sesuaikan sesuai selera)
  8. Garam, penyedap (saya pakai kaldu jamur)
  9. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Tempe Penyet Sambal Kencur

1
Potong tempe, rendam sebentar dengan larutan garam. Goreng hingga kuning kecoklatan.
2
Sambil menunggu tempenya matang, siapkan bahan yang akan dihaluskan (cabai keriting, rawit, bawang putih, daun jeruk, gula merah, garam, penyedap). Haluskan dengan ulekan hingga semua hancur dan tercampur rata.
3
Penyet tempe yang sudah di goreng di atas bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Penyet dan aduk sampai semua bagian tempe terkena bumbu.
4
Sajikan! Dengan nasi putih hangat lebih nikmat 😍
Tempe Penyet Sambal Kencur - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tempe orek / tempe sambal

Tempe orek / tempe sambal

Cukup nasi putih dengan olahan tempe ini, masyaa Allah sdh enak banget...

Sambal Padang "Njingglang"

Sambal Padang "Njingglang"

Sambal Padang Njingglang merupakan sambal hijau khas RM Padang yang dimodifikasi dengan bahan yang lebih fresh dan pengolahan yang beda sehingga warna sambal tetep "Njingglang" atau terang dan segar. Monggo dicoba saja...!

5 Orang
30 Menit
Sambal dabu-dabu

Sambal dabu-dabu

Pasangan yang pas dengan ikang goreng anget-anget adalah sambal dabu-dabu, pedes asem seger duuh sedep!

3 orang
15 menit
Sambal goreng tahu

Sambal goreng tahu

Hujan hujan bingung masak ap....?πŸ€”

-dari 1jm
Sambal Jengkol (Supel)

Sambal Jengkol (Supel)

Mendadak pngin sambal jengkol... 🀭

Sambal Cumi Asin Sederhana Tahan LamaπŸ‡²πŸ‡¨ #masakanindo

Sambal Cumi Asin Sederhana Tahan LamaπŸ‡²πŸ‡¨ #masakanindo

Masak ini buru2 karena suami udah kelaperan. Difotopun setelah lauknya udah sisa dikit, efek makannya nambah berkali2 πŸ˜‚πŸ˜‚ Mudah banget bikinnya & awet berhari2 momsπŸ₯° Yuk dicoba!

25 menit
Sambal Lalapan

Sambal Lalapan

Sambal tahan lama karena double processing.. Bisa dimasukkan ke kulkas untuk stok

1 toples
15 menit
Sambel goreng kentang hati

Sambel goreng kentang hati

4 porsi
30 menit
Baby Layang Goreng Sambal Matah

Baby Layang Goreng Sambal Matah

Lama ga bikin sambel matah, mantep banget dimakan bareng ikan goreng

Sambal bawang simple

Sambal bawang simple

Buat d mkan sama sayur opor πŸ˜‹

3 orang
10 menit
165. Lidah Sambal Ijo

165. Lidah Sambal Ijo

Assalamu'alaikum mommies, setelah beberapa kali absen setor tugas, alhamdulillah minggu ini bisa ngedapur lagi 😊. Idul adha uda deket nih ya, nah saat Idul Adha kan biasanya identik sama hidangan yg berbau2 daging sapi ato kambing kan😍. Kali ini mincan CP Bali dan juga mamah CP ngajakin bebikin hidangan khas Idul Adha. Uda kebayang kaan, serunya nanti pas bareng2 motong hewan qurban dan juga masak2nya🀩🀩 Ehh...tapi lagi PPKM dingπŸ˜’πŸ˜’ Ah, sutralaahh. Yang penting tetep selalu jaga kesehatan dan prokesnya diperketat ya... Okayy, kita ngedapur bikin lidah sapi sambal ijoo dulu. Cekidott...πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ #CPBali_HidanganIdulAdha #CookpadCommunity_Bali #PPKM #PosbarIDAMAN #MasakanPendampingMenuIdulAdha

4 orang
Nasi Goreng Pete Sambal Roa

Nasi Goreng Pete Sambal Roa

Bismillah Dibuatnya beberapa malam yang lalu. #CookpadCommunity_Depok

Sambel mangga muda

Sambel mangga muda

Pohon mangga di depan dan samping rumah lagi berbuah banyak. Kadang di makan begitu saja pakai sambal terasi atau buat manisa mangga. Kali ini buat sambal mangga saja alias racca mangga (Makassar) enak dimakan begitu saja atau pakai ikan bakar/ikan goreng. Rasanya asam menambah selera makan. Karena dirumah sukanya yang pedas jadi cabe rawitnya dipakai banyak

3 orang
15 menit
Buncis Sambal Goreng Hati Ampela

Buncis Sambal Goreng Hati Ampela

Kalau buat lontong atau ketupat enaknya masak sayur buncis sambal goreng dicampur hati ampela, simple sayur dan lauk bisa sekalian masaknya.

4 orang
1 jam
Sambal terong

Sambal terong

2 orang
Sambal Kemiri

Sambal Kemiri

Pengen nyobain sambal yang beda dr yang biasa dimasak. Pas nemu resep ini, bahan n caranya gampang banget. Lgsg eksekusi buat nemenin makan siang dengan lauk ayam goreng. Source: teh @opibun #CookpadCommunity_Depok

Sambal Goreng Kentang Krecek

Sambal Goreng Kentang Krecek

Biasa bikin sambal goreng kentang ala minang skrg coba bikin ala jawa resep ala mama mertua.. resepnya simple tp maknyuss bgtπŸ˜‹

1 keluarga
Cilok Sambal Goang

Cilok Sambal Goang

#CocomtangGA_Rence Cooksnap dari resepnya bunda Rence, buat cemilan bocah yang rewel minta dibuatkan cemilan cilok. Buat 30 menit matang langsung diserbu anak dan suami, habis gak kebagian.

3 orang
35 menit