Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak

Dipos pada January 11, 2022

Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak diperkirakan sekitar 5 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak memakai 4 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenBatikApron #cloverdandelion17 #IdeMasak Sambal tuktuk adalah sambal khas tradisional Batak yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara. Kenapa disebut sambal tuktuk? Karena ketika kita menggiling bahan sambal dicobek bunyinya tuk tuk tuk tuk. Sambal tuktuk ini sebenarnya sambal seadanya, dahulu sambal ini hanya menggunakan empat bahan saja yaitu kepala ikan asin yang dibakar, cabe rawit hijau mentah, bawang merah mentah dan jeruk nipis (jeruk kasturi). Dan dulunya sambal ini tanpa ada penambahan andaliman seperti sekarang, makanya aku sebut sambal tuktuk zaman dulu. Kenapa? Karena tidak semua daerah di Sumatera utara itu penghasil andaliman. Terlebih yang tinggal dipedalaman yang hanya bisa berbelanja sekali atau dua kali dalam sebulan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak:

  1. 50 gram cabe rawit
  2. 5 buah bawang merah
  3. 5 buah kepala ikan asin bakar
  4. 1 buah jeruk kasturi jeruk nipis)

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak

1
Cuci bersih ikan asin lalu pisahkan kepala ikan asin dari badannya dan bakar. Kepalanya untuk di buat sambal dan badannya untuk di makan. Noted: aku pakai ikan asin kepala batu. Ikan asin apa aja boleh kok.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 1
2
Uleg cabe rawit dan bawang merah sampai agak halus.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 2
3
Tambahkan kepala ikan asin bakar. Dan uleg kembali sampai halus. Noted: aku disini tidak menambahkan garam karena sudah asin dari ulegkan kepala ikan asinnya. Jika dirasa kurang asin boleh menambahkan secubit garam halus. Noted: aslinya sambal ini tanpa ada tambahan MSG, namanya juga zaman dulu. Tapi jika dirasa kurang greget tanpa MSG, boleh di tambahkan.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 3
4
Tambahkan perasan jeruk kasturi atau jeruk nipis. Dan uleg sampai tercampur dengan baik.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 4
5
Nah ini sambalnya udah jadi yah, moms. Rasanya gurih sedikit rasa asam dari perasan air jeruknya.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 5
6
Sajikan sambal tutktuk dengan ikan asin bakar dan lalapan dan masakan khas batak lainnya seperti arsik ikan mas, gulai daun ubi tumbuk yang dimasak bersama sale ikan mas. Insha Allah, enak.
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal jolangjaling tempe

Sambal jolangjaling tempe

Lebih suka jolang jaling sambel, enak baunya ga menyengat jg..

Sambal Dabu Dabu

Sambal Dabu Dabu

Bingung mau makan apa? Yukk goreng ikan cuek tongkol, nasi panas dengan sambel dabu2.. dijamin abis nasi sebakul... yukk cobain dabu2 simple

3 orang
15 Menit
Sambal matah

Sambal matah

Sambal matah sangat mudah dibuat dan tentu berbeda dengan sambal lainnya yang harus dihaluskan atau diulek kasar. Ini tidak kalah menggoda dan punya cita rasa khas yang luar biasa. Sangat cocok dipadu dengan lauk utama seperti ikan asap dan ayam goreng yang sudah pernah saya coba. Kini banyak lauk utama yang begitu cocok disandingkan dengan sambal yang punya ciri khas berbeda ini. Silakan dicoba ya, resep dan takaran bisa disesuaikan dengan selera ya :))

Sambal mangga kweni

Sambal mangga kweni

Dikasih mangga kweni sama teman misua...jadi keingat sambal mangga kweni yang sering dibuat saat mudik ke Lampung... #kreasisambal #sambalmangga #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron Minggu ke 1

2-4 orang
3 menit
Sambal Penyet Ikan Asap Manyung, πŸ‘Œ

Sambal Penyet Ikan Asap Manyung, πŸ‘Œ

Jum'at, 28 Januari 2022 Masakan sederhana tapi bikin nasi dibakul cepat habis 😜 #SambalPenyetIkanAsapManyung #Resepalgis2022 #PekanPosbar #IkanAsap #IdeMasakkuHariIni #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Pasuruan

Sambal goreng

Sambal goreng

5 orang
10 menit
Cilok sambal kacang

Cilok sambal kacang

2 orang
60 menit
Oseng Cumi Tepung Sambal Matah

Oseng Cumi Tepung Sambal Matah

6 Orang
1 Jam 30 Menit
Sambel lado

Sambel lado

Sambel lado........Sambel praktis untuk campuran macam macam makanan nusantara..... Se praktis dalam membuatnya🌢🌢🌢🌢🌢

Ikan Bawal Pete sambal Tauco

Ikan Bawal Pete sambal Tauco

Kali ini saya ingin membuat menu masakan ikan bawal yang beda dari biasanya. Karena menu kali ini menggunakan bahan tauco yg di mix dengan Pete.. kebayang kan bagaimana rasanya. Pasti bikin makin lahap makannnya. Cobain yukks #PejuangGoldenBatikApron.

Sambal Goreng Daging

Sambal Goreng Daging

Haihaiiiii saatnya membongkar tabungan yang dimulai sejak 2021 nih πŸ˜… lamaaa bener yaa, yakin isinya masi segituΒ² aja?? 🀭 Yuk coba cek perut, masi sanggup nahan Diet liat beginian gag sih?? apa bisa ngabaikan iler yang mulai menetes?? apa sanggup makan tanpa seuhah yg nyata?? nah kaaaannn jadi iler lagi aku tuh, bikin besok lagi ahhhh 🀀🀀 Yang ini buat #Maminang_Santan bareng #CookpadCommunity_Sumbar dulu deh, besok itu baru buat aku... hihii Source: Susi Agung #OlahanDagingSapiMamiFay

Sambel bawang pete

Sambel bawang pete

Cukup nasi anget telor dadar dan sambel ini makan pun lahap #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron

Sambel Pecak

Sambel Pecak

Lama ga aktif di Cookpad maupun di WA Group #Kombes..HP dipakai bocah belajar online dan banyak diutak-atik sama bocah..Minggu ini bocah sdh mulai belajar offline setiap hari di sekolah walaupun hanya sampai jam 11 ajah..Jadi sdh bisa pegang HP ini lagi dan mulai lihat2 lagi isinya..ternyata banyak aplikasi yg diuninstall..πŸ€­πŸ™ˆπŸ€¦ Alhamdulillah via WA #diajakteamjabodetabek Mba @siskadian78 yg terpilih kembali menjadi pengurus Tim #Kombes menginfokan ada event Golden Apron Challenge..Jadilah buru2 install ulang aplikasi dan membuat resep yg gampang2 ajah utk dapat #TiketGoldenBatikApron..πŸ€­πŸ™ˆ Kebetulan kemarin dapat kiriman oleh2 Sate Bandeng dari tetangga yang mudik ke Serang. Tapi ga ada sambalnya.. 😁Jadi bikin Sambel Pecak sendiri deh..Yuummyy..Buruan ambil nasi hangat yuukk..πŸ˜‹πŸ€€ Semoga dgn posting resep ini dapat ikutan event Golden Apron Batik dari Cookpad..Aamiin..πŸ™πŸ˜‡ #Cookpadcommunity_Bekasi #Cookpadcommunity_ID #TiketGoldenBatikApron #diajakteamjabodetabek

Sambel Kemangi

Sambel Kemangi

Teman sarapan Paling mudah... paling cepet... dipasangin sama tempe, tahu atau telor... #PejuangGoldenBatikApron #ke2

3 orang
30 menit
Penyetan Sambel Kemiri

Penyetan Sambel Kemiri

Ini menu favorit paksuami Dulu menu ini biasanya ibu mertua yang bikin tapi sekarang ibu sudah tiada lagi ya harus bisa sendiri 😊

2 orang
15 menit
Sayur asem kuning, Sambal mentah belimbing wuluh & ikan asin

Sayur asem kuning, Sambal mentah belimbing wuluh & ikan asin

Hari ini kebetulan ada stock ikan asin, sayur asem,tahu dan tempe.. Pas bangett buat cuaca lagi pancaroba gini, asem, pedes, asin, ...sayur asem seyeerrr mantaaap..resep mertua kesukaan suamiπŸŽˆπŸ˜πŸ˜‹

3 atau 4 Orang
1 Jam 30 menit