Tahu Kuning Sambal Petis

Dipos pada January 16, 2022

Tahu Kuning Sambal Petis

Anda sedang mencari inspirasi resep Tahu Kuning Sambal Petis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tahu Kuning Sambal Petis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tahu Kuning Sambal Petis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Tahu Kuning Sambal Petis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tahu Kuning Sambal Petis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tahu Kuning Sambal Petis memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Punya tahu kuning, bosen kalo cuma digoreng dan dijadikan lauk. Tetiba terbersit, kalo dijadiin cemilan, dicocol sambel petis, sepertinya, enak..... Ini resep sambel petis ala simbah saya yg orang jawa tulen. Cuzzzz eksekusi.... #PejuangGoldenBatikApron #slaluadaceritadisetiapmasakanmps #GBAminggu1

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tahu Kuning Sambal Petis:

  1. 6 kotak tahu kuning, belah jadi 2
  2. 4 sdm petis udang
  3. 4 buah cabe rawit merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 siung bawang merah
  6. 400 ml air
  7. Secukupnya garam
  8. Secukupnya gula
  9. Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Tahu Kuning Sambal Petis

1
Panaskan minyak, goreng tahu kuning dg api sedang, hingga seluruh permukaan tahu berwarna kuning keemasan, angkat, tiriskan.
Tahu Kuning Sambal Petis - Step 1
2
Haluskan cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih, sisihkan.
Tahu Kuning Sambal Petis - Step 2
3
Panaskan sedikit minyak untuk menumis, tumis bumbu halus, tunggu bumbu matang, masukkan air, aduk rata. Masukkan petis udang, aduk hingga petis benar-benar tercampur dengan bumbu dan air. Tambahkan gula dan garam, tunggu mendidih, koreksi rasa, jika sudah sesuai, angkat.
Tahu Kuning Sambal Petis - Step 3
4
Sambal petis siap jadi partnernya tahu kuning....
Tahu Kuning Sambal Petis - Step 4
5
Selamat menikmati....
Tahu Kuning Sambal Petis - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Oyong

Sambal Oyong

Cek stok sayur di kukas masih ada sayur oyong 1 buah, browsing resep di Cookpad ketemu resep sambal oyong ala mba @shanti_dewi, yang buatnya mudah banget, langsung deh dieksekusi 😁 ternyata rasanya enak... 😍😍 anakku yang sulung lahap banget makannya padahal lauknya tempe dan tahu goreng aja hihihi... Disini saya buat setengah resep dari resep aslinya ya... karena stok sayur oyong saya dikit, harusnya pake 2 buah yang ukuran agak besar. Next time pengen buat lagi pake sayur oyong yang banyak. Terima kasih inspirasi resepnya mba @shanti_dewi 🤗😘 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_PalangkaRaya #GBA_Minggu3

Cilok sambal kacang

Cilok sambal kacang

2 orang
60 menit
Sambal Korek

Sambal Korek

Hujan ato mendung gini paling wenak makan nasi anget + sambel pedes 👍 #PejuangGoldenBatikApron minggu ke 2

Sambal goreng kentang telur puyuh dan tempe

Sambal goreng kentang telur puyuh dan tempe

Bosen masak sayur lodeh melulu, sekali sekali bikin sambal goreng pake telur puyuh praktis.. #PejuangGoldenBatikApron

Ikan Bawal Pete sambal Tauco

Ikan Bawal Pete sambal Tauco

Kali ini saya ingin membuat menu masakan ikan bawal yang beda dari biasanya. Karena menu kali ini menggunakan bahan tauco yg di mix dengan Pete.. kebayang kan bagaimana rasanya. Pasti bikin makin lahap makannnya. Cobain yukks #PejuangGoldenBatikApron.

Lele Goreng Sambal Tomat

Lele Goreng Sambal Tomat

Mumpung Dirumah Ada Stock Ikan Lele 2ekor, Cabe, Tomat, Terasi Juga Langsung Cuss Bebikin Kudapan Buat Makan Malam Kesukaan Pak Suami 😊 Happy Mam, Happy Cooking❤

Sambal durian sederhana

Sambal durian sederhana

Tetangga kosan kasih saya durian yg dibawa dari kampungnya, dengan bahan sederhana saya bikin sambal durian wkwkwk. Kalau yg dipakai durian fermentasi bisa jd sambal tempoyak yg lebih enak lagi :) sambal ini nanti rasanya akan seperti manis di depan dan pedasnya belakangan enak sekali pokoknya

2 orang (berbagi itu indah)
10 menit
Sambal ayam penyet lezat

Sambal ayam penyet lezat

2 orang
1 jam
Gurame Sambel Matah

Gurame Sambel Matah

Pekan ke-3 untuk #pejuanggoldenbatikapron #cookpadcommunity_depok #rekreasi_palembang

30 menit
Ikan Asap Sambel Penyet

Ikan Asap Sambel Penyet

Ide resep ini dari mba @wsh296. Olahan ikan asap yang sangat mudah dibuat. Dengan sambel penyet dan ikan asap yang digoreng merupakan perpaduan yang sangat sempurna. Kenapa sempurna? Karena setiap suapan dari nasi hangat, pedasnya sambel penyet, dan gurihnya ikan asap menjadikan mulut tak berhenti makan 😁.

Sambal Tempe Kemangi

Sambal Tempe Kemangi

Minggu ini waktunya Plesiran ke Surabaya. Pengen bgt bikin masakan khas, tapi blm punya petis, hiks. Kebetulan liat resep ini yg sangat mudah dengan bahan sederhana. Terinspirasi dari mba @daffs_kitchen matursuwun... Resep asli https://cookpad.com/id/resep/15661464?invite_token=5VzCLq #CookiesPlesiran_AyoRek #CookpadCommunitas_Tangerang

2 orang
15 menit
Sambel embé

Sambel embé

Karna kangen kampung halaman, jadi aku bikin lagi sambel embé nya.

2-4 orang
30-1jam
Sambal ikan tongkol

Sambal ikan tongkol

6 orang
30 menit
Sambal sop soto dll

Sambal sop soto dll

Buat sambal ini karena buat makan sop kimlo

4 orang
30 menit
Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak

Sambal Tuktuk Zaman Dulu Khas Batak

#PejuangGoldenBatikApron #cloverdandelion17 #IdeMasak Sambal tuktuk adalah sambal khas tradisional Batak yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara. Kenapa disebut sambal tuktuk? Karena ketika kita menggiling bahan sambal dicobek bunyinya tuk tuk tuk tuk. Sambal tuktuk ini sebenarnya sambal seadanya, dahulu sambal ini hanya menggunakan empat bahan saja yaitu kepala ikan asin yang dibakar, cabe rawit hijau mentah, bawang merah mentah dan jeruk nipis (jeruk kasturi). Dan dulunya sambal ini tanpa ada penambahan andaliman seperti sekarang, makanya aku sebut sambal tuktuk zaman dulu. Kenapa? Karena tidak semua daerah di Sumatera utara itu penghasil andaliman. Terlebih yang tinggal dipedalaman yang hanya bisa berbelanja sekali atau dua kali dalam sebulan.

3 orang
5 menit