Sambel Goreng Usus dan Tahu

Dipos pada January 14, 2022

Sambel Goreng Usus dan Tahu

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambel Goreng Usus dan Tahu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambel Goreng Usus dan Tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambel Goreng Usus dan Tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambel Goreng Usus dan Tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Goreng Usus dan Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Goreng Usus dan Tahu memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen nyoba usus dan tahu disambal goreng ternyata maknyus juga 😅. #GoldenBatikApronChallenge

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Goreng Usus dan Tahu:

  1. 1/4 kg Usus Ayam
  2. 2 buah Tahu
  3. 2 lembar Daun Salam
  4. 4 lembar Daun Jeruk
  5. 1 buah Jeruk Nipis
  6. ±1½sdt Garam
  7. 1 sdt Gula
  8. 1/2 sdt Merica Bubuk
  9. Secukupnya Penyedap Rasa
  10. Bumbu Halus
  11. 4 biji Cabe Merah
  12. 11 biji Cabe Rawit (optional)
  13. 6 siung Bawang Merah
  14. 4 siung Bawang Putih
  15. 1 ruas Lengkuas
  16. 1/2 ruas Jahe
  17. 2 ruas Kunyit
  18. 1/2 sdt Ketumbar Bubuk
  19. 4 biji Kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Goreng Usus dan Tahu

1
Cuci bersih usus ayam dan beri perasan jeruk nipis diamkan ±10menit,kemudian rebus usus ayam beri 2 lembar daun jeruk. Rebus selama ±10menit,kemudian tiriskan dan potong² sesuai selera. (Agar bau amis dan apeknya hilang)
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 1
2
Haluskan cabe merah,cabe rawit,bawang merah,bawang putih,lengkuas,kunyit,jahe,ketumbar bubuk,kemiri menggunakan blender/chopper. (Klau mau pedes bisa ditambah lagi cabe rawitnya)
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 2
3
Cuci tahu,potong sesuai selera kemudian goreng hingga sedikit kering. Lalu tiriskan.
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 3
4
Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna,kemudian masukkan daun salam dan daun jeruk sambil terus diaduk sampai daun agak layu.
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 4
5
Kemudian masukkan usus ayam dan tumis sebentar, lalu beri garam,gula,penyedap rasa dan beri sedikit air. Tes rasa jika sudah pas masukkan tahu kemudian tumis kembali sampai air asat.
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 5
6
Sambel goreng usus dan tahu siap disantap dengan nasi hangat dan krupuk. Selamat mencoba 🥰🥰
Sambel Goreng Usus dan Tahu - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel terasi

Sambel terasi

Aku paling ga bisa makan kalo ga ada sambel, ya... Kalaupun ga ada sambel minimal masakan yang pedeslah 🤭 rasanya kurang sreg aja gt kalo ga pedes, ada yang sama ga mak?? Hehee Aku biasanya kalo bikin sambel tuh buat 3-4 hari sekalian, jadi engga capek ngulek sambel tiap hari ☺️ Sebenernya bisa di blender ya maak, tapi aku lebih suka di ulek dari pada di blender (sesuai selera kita aja)

± 20 menit
Sambal Tauge

Sambal Tauge

Lagi pengen sambel tauge terus pake nasi anget 😋 #PejuangGoldenBatikApron #week03

1-4 porsi
10 menit
Sambal Cumi Kering Asin

Sambal Cumi Kering Asin

1 piring
45 menit
Sambal Teri

Sambal Teri

Kalau punya sambal teri begini makan dengan nasi putih hangat aja uda enak bangettt yaa 😂 Buat yang suka daun jeruk bisa digoreng kering dulu baru dimasukkan terakhir. Wajib stok deh tapi hati2 nanti nambah nasi terus 🙈 Source thehasanvideo #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

Sambel Merah

Sambel Merah

Sambel simple dan favorit paksu ini sih...aku suka bikinnya dan rasanya juga enak😍 kalo pengen lebih pedes, boleh ditambah lomboknya ya mak..ini sih bojoku gak suka terlalu pedes soalnya🤣 #PejuangGoldenBatikApron Minggu ke-2

Teri sambel kentang arcis

Teri sambel kentang arcis

Kalo lagi kepepet aku suka banget masak ikan masukin sayur sekalian jadi bisa express tingal tambah nasi . Yuk masak.. #PejuangGoldenBatikApron ( M3)

Lele Bakar + sambal

Lele Bakar + sambal

Olahan lele bakar, gurih manis

10 lele
1 jam 30 menit
Sambal Goreng Hati (khusus pelengkap Soto Kutai atau Nasi Sop)

Sambal Goreng Hati (khusus pelengkap Soto Kutai atau Nasi Sop)

Menu yang punya rasa nikmat ini wajib ada sebagai pendamping Soto Kutai atau Nasi Sop khas Kutai. Karena sudah menjadi ciri khas dari hidangan ini. Jadi...saat kita menghadiri acara pernikahan atau syukuran di wilayah Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kita akan menemukan sambal goreng Hati ampela ini sebagai menu pelengkap Soto Kutai atau Nasi Sop. #KupasHabisResepKaltim2022_SotoKutai #DionUliOnonSitap_SotoKutai #DionUliOnonSitap_NasiSopKutai #KhasKaltim #Cooksnap #PejuangGoldenBatikApron #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #IdeMasak

Sambal Nasi Arab

Sambal Nasi Arab

Bismillah.. Resep Sambal untuk semua resep nasi Arab 😋👍🏻 Source : Noof's Kitchen #IdeMasak

Sambel tanpa di uleg dan di blender super pedas

Sambel tanpa di uleg dan di blender super pedas

Bisa buat stok dirumah ni bun temen2, suami sy, sodara2 sy ketagihan banget ni sambel. Endul deh sedep makan pake tempe/ telur goreng aja udh enak. Gampang juga bikinnya. Ini resep buat stok ya bun jd agak banyakan bikinnya.

1 porsi
15 mnt
Ikan asin sambel belimbing wuluh

Ikan asin sambel belimbing wuluh

Pas lagi panen belimbing wuluh, bingung mau di masak apa karena banyak banget buahnya sayang juga kalo di buang, kebetulan ada stok ikan asin jadi di eksekusi sesuai imajinasi 😀😀😀

Sambal Kentang ala Xanderskitchen

Sambal Kentang ala Xanderskitchen

Bingung mau masak apa,mau ke pasar hujan melulu.Mau order online kok lagi malas, Alhamdulillah masih punya stok kentang.Biasanya bikin sambal Ati Ampela,tapi hari ini mau coba resep yang gampang dan di jamin enak.Resepnya ci Jun yang sudah terkenal.Lets go masak

Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Dimakan sama nasi anget bikin khilaf ngabisin nasi, huhhhaah 🤤 #kopijos #selaluistimewa #cookpadcommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenBatikApron

Sambal Bajak Malangan

Sambal Bajak Malangan

Resep sambel andalan ibu di rumah. Biasanya dibuat pelengkap rawon atau ayam goreng jawa.

4-5 orang
30 menit
Sambel hijau

Sambel hijau

Dijamin nambah klu makan pk sambel ini..lbh pas klu ditambah tempe atau tahu bacem dg lalap daun singkong. Bahaya timbangan bisa nganan🤣.

Sambal untuk kuah

Sambal untuk kuah

Karena buat swieke ayam jadi butuh sambal pastinya, dibuat deh ini... bisa untuk kuah2 yang lain juga yahhh...

Kulit risol krispy berlapis sambal bawang

Kulit risol krispy berlapis sambal bawang

Camilan simpel dan sederhana, cocok jg saat ujan kyak gini