Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap

Dipos pada February 5, 2022

Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap

Anda sedang mencari inspirasi resep Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap adalah 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap diperkirakan sekitar 120 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap memakai 29 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mencoba hal yang baru adalah sesuatu di keluarga karena sudah pada dewasa semua , jadi saling mencicipi dan memberikan komentar . Setelah melihat demo masak live IG yang dibawakan oleh mba @pre_sella akhirnya mencoba sekalian untuk menu keluarga . Untuk NASI SELA eksekusi dua kali resep aslinya . Apalagi URAP BUMBU GENAP sedikit ada bumbu yang di skip ( kunyit ) karena Bp . PakSu tidak suka kunyit / vobia πŸ™ˆ . Tetapi tidak mengurangi rasa sedikitpun karena Urap merupakan Salah satu sayuran kegemaran di keluarga yang ujung ujungnya asur agak melebihi ambang batas normal . Apalagi kalau sudah ditandem asin olala sudah tidak terlalu berani akhirnya ditemani ikan pindang yang tidak terlalu asin dan goreng ikan mas . Tapi NASI SELA SAMBAL BONGKOT DAN URAP tetap mantul 🀀 Nasinya terasa manis Sambal Bongkot mantap . Source : @pre_sella #GelarTikar_Bali #Rekreasi_Bali #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap:

  1. Nasi Sela
  2. 2 cup beras (400 gram)
  3. 1 buah ubi (300 gram)
  4. secukupnya air
  5. Bahan Urap
  6. 500 gram kecipir
  7. 1 ikat daun selada air
  8. 1 ikat daun ginseng
  9. 200 gram tauge
  10. 1 buah bunga kecombrang
  11. 150 gram kelapa parut setengah tua kupas bersih
  12. Bumbu Genap
  13. 2 ruas jari langkuas
  14. 1 ruas jahe
  15. 1 ruas jari kunyit (me : skip)
  16. 1 ruas jari kencur
  17. 8 siung bawang merah
  18. 4 siung bawang putih
  19. 1/2 sdt ketumbar bubuk (me : 1 sdt ketumbar butir)
  20. 1/4 lada bubuk (me : 1/2 sdt lada butiran)
  21. 2 buah cabe keriting merah (me : 6 buah)
  22. 3 buah cabe rawit (me : 5 buah cabe rawit merah)
  23. 1 butir kemiri (me : 2 butir kemiri goreng)
  24. secukupnya garam
  25. secukupnya gula pasir
  26. 1 sdt terasi matang
  27. 1 batang sereh
  28. 1 lembar daun jeruk (me : 3 lembar)
  29. 2 lembar daun salam

Langkah-langkah untuk membuat Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap

1
Cuci beras sampai bersih tambahkan air 1 ruas jari diatas permukaan beras masak hingga air berkurang jangan terlalu sering diaduk cukup dua kali. Kupas ubi potong potong dadu, campur dengan nasi Aron.
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 1
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 1
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 1
2
Kemudian kukus selama 30 menit, matikan api. Angkat sisihkan.
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 2
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 2
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 2
3
Siapkan semua sayuran, rebus dalam air mendidih satu persatu jenis sayuran dengan tingkat kematangan tertentu tiriskan.
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 3
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 3
4
Haluskan semua bumbu urap kecuali sereh, daun salam dan daun jeruk tumis bumbu dan kelapa parut tambahkan air masak hingga air agak berkurang, tambahkan garam dan gula pasir koreksi rasa angkat sisihkan. Aduk dalam wajan sayuran sesuai yang diinginkan campur dengan sebagian bumbu urap aduk sampai tercampur rata. Sajikan untuk menemani NASI SELA SAMBAL BONGKOT KHAS BALI DAN URAP.
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 4
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 4
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 4
5
Untuk Sambal Bongkot Khas Bali (lihat resep)
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 5
6
Sajikan NASI SELA SAMBAL BONGKOT KHAS BALI DAN URAP ditambah lauk asin, ayam betutu suwir, sate lilit atau yang lain me : ikan pindang goreng dan ikan mas goreng mantap juga.
Nasi sela sambal bongkot dan urap bumbu genap - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Jamblang

Sambal Jamblang

Source : @farah_annisa Huh,hah....pedas bgt....mulut sama tangan jd ikutan pedes...tp makan jd nambah... hehehe....πŸ€­πŸ˜‚ #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_Id #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #KombesTourSemarang

Sambal Sere Limo

Sambal Sere Limo

Source : @Devi_dr #CookpadCommunity_Palembang

Sambal Pete

Sambal Pete

Kalo lagi puasa memang banyak godaan. Hari ini kepengen buka puasa makan sambal pete krn dikasih mamaku pete 4 papanπŸ˜‚ #CookpadCommunity_Bogor

Sambal Terasi Tumis

Sambal Terasi Tumis

Bosan dengan cara memasak sambal yang biasa bisa coba resep ini. #Sambalterasi

4 orang
15 menit
Nasi goreng sambal matah

Nasi goreng sambal matah

Pagi* Bosen sama menu itu* aja, coba bikin eh kok enakkk🀭🀭

1 orang
10 menit
Taco gluten free isi ayam sambal salsa

Taco gluten free isi ayam sambal salsa

Gara gara nonton org mexico masak jadi pengen makan taco πŸ˜‚, tapi disini gak ada yg jual tacoπŸ˜…. Akhirnya memberanikan bikin sendiri. Bismillah aja lah. Alhamdulillah ada stok tepung gluten free jadinya pake itu aja. Pake tepung terigu protein sedang bisa juga, tapi kebetulan stok dirumah lagi habis πŸ˜….

Sambal ati ampla goreng

Sambal ati ampla goreng

4 orang
30 menit
Cireng cocol sambal pecel

Cireng cocol sambal pecel

Hujan hujan pengen nyemil buat deh cireng

3 orang
30 menit
Sambal Cocolan untuk cemilan

Sambal Cocolan untuk cemilan

Biasanya kalo makan cemilan gorengan,paling enak pake sambal ini.Rasanya yang gurih & manis sangat enak dicocol karena ada aroma bawang putihnyaπŸ‘ŒBikinnya juga simple & mudahπŸ‘ #sambalcocolancemilan #sambal #sambalsimple #bagikaninspirasimu #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_borneo

Cilok sambel kacang

Cilok sambel kacang

Cilok jajanan kesukaan anak2.. x ini kita coba membuat nya..dengan aroma bumbu kacang dan perasan jeruk limo yg wangi..dengan tekstur cilok yg empuk dan kenyal bikin lidah me leleh dan menggigit..yuk kita coba resep nya..

[Eps. 22] Ayam Suwir Sambal Kering πŸ—πŸŒΆ

[Eps. 22] Ayam Suwir Sambal Kering πŸ—πŸŒΆ

Kalau bosan dengan olahan ayam goreng, bisa banget nih coba ayamnya di suwir πŸ’πŸΌβ€β™€οΈ

2 orang
30 menit
Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Cooksnap resep ibu @Ambernitz resepnya simpel dan enak, auto nambah nasi terus, aku modif dikit tambah terasi 😊 Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/15330950-sambal-tempe-kemangi?invite_token=hWisXfgdJFPHw9ckq6nvqW5M&shared_at=1631282206 #SambelTempeKemangi

Sambel Terasi Jeruk Limo (Rebus)

Sambel Terasi Jeruk Limo (Rebus)

Pingin maem Sambel dgn ikan asin tawar/gesek tawar/gere tawar + pare rebus + oseng Usam, Nikmat siang hari Alhamdulillah. . . Murah meriah sedepp πŸ˜„πŸ˜„πŸ€²πŸ€²πŸ˜‹πŸ˜‹. . . Anggota Kelg semua juga pada Suka, Seneng banget ☺️☺️. . .

Rame-rame
15menit
Sambal Goreng Labu Siam

Sambal Goreng Labu Siam

Sambal Goreng Labu salah satu sajian yang cocok disandingkan dengan nasi ayam ala Semarang. Sajian khas Jawa Tengah emank maknyus πŸ€€πŸ‘Œ Resep lainnya menyusul setelah ini yaaa... πŸ˜‰ CS dari : @dina_khansa24 #CookpadCommunity_Depok #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #CooksnapDepok_Semarang #Posbar #Rekreasi_Semarang

1 jam
28. Sambal Terong Sederhana

28. Sambal Terong Sederhana

Kalau sedang ingin makan pedas di akhir bulan, bikin sambal terong solusinya 🀭🀭

2 orang
1 jam
SamGoTi (Sambal Goreng Ati)

SamGoTi (Sambal Goreng Ati)

Sudah lama pengin makan sambal goreng ati ini.. Langsung cuss ke supin, pas promo juga harganya wkwk Tambahin pete biar tambah sedep 🀭 #semangcookhokya #cookpadcommunity_semarang

Nam jim gai (sambal Bangkok)

Nam jim gai (sambal Bangkok)

Source: @buleg_darmi Masih berada di negara gajah putih πŸ˜† lanjut bikin sambal biar bisa lanjut kulineran bikin pendamping sambal nyaπŸ˜‹πŸ˜πŸ˜kira2 cocok nya sama apa ya sambal Bangkok ini🧐🧐 Pasti cocok untuk segala makanan πŸ˜‹ #PekanMancanegara #Sawadikap #WongKitoBejalan_KeThailand #CookpadCommunity_Palembang #Basidoncek_Desember #CookpadCommunity_Sumbar

1 botol(300 ml)
15 menit
Sambal kol pedas

Sambal kol pedas

Ceritanya mau ikut memeriahkan AR_ningmin_sambaltalas,eeeh nyari talasnya susah banget gak nemu "jdi untuk ikut ngeramein aja , yang penting nuasa sambal aja, hehe#AR_sambal#cookpadcomunity_karawang.

1 piring
30 menit
Sambal Goreng

Sambal Goreng

Sambal goreng yg agak mirip sama sambal goreng lamongan. Cocok bgt dibuat makan lele goreng, ayam goreng, bebek goreng. Awet juga bisa dibuat stok.

15menit