SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK

Dipos pada February 17, 2022

SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK

Anda sedang mencari inspirasi resep SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK memakai 5 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu menu sambel yang bikin selera makan meningkat,walaupun hanya dengan ikan asin ataupun mendoan panas. NB : cabe+bawang bisa digoreng agar tidak terlalu pedas tapi bisa juga dalam kondisi mentah langsung diulek.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK:

  1. 20 buah cabe merah atau sesuai selera
  2. 7 buah cabe rawit merah keriting(jika suka pedas boleh skip)
  3. 4 siung bawang putih
  4. secukupnya Garam
  5. Gula pasir secukupnya (boleh skip jika tidak suka)

Langkah-langkah untuk membuat SAMBAL BAWANG/SAMBAL GEPREK

1
Goreng cabe+bawang hingga layu lalu haluskan,tambahkan garam,gula tuangkan kewadah tahan panas.lalu tuangkan minyak panas kedalam wadah cabe tersebut sambil diaduk rata.
2
Fungsi minyak panas ini bisa membuat cabe tidak terlalu pedas juga + bisa membuat rasa LBH enak kalo buat saya.Asal saat menggoreng cabenya bener2 matang,maka sambel ini bisa awet walau seharian.dan bagi yg suka pedas cabe+bawangnya bisa dalam kondisi mentah diulek baru ditambahkan minyak panas.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Tempe

Sambel Tempe

4 orang
15 menit
Sambal(urap) Tempe Daun Jeruk ala Dapur Rumah😋

Sambal(urap) Tempe Daun Jeruk ala Dapur Rumah😋

Sambal yg dikombinasikan dengan parutan kelapa bertambah segar dg aroma daun jeruknya. Kencur juga menambah citarasanya. #CookpadCommunity_Depok #DibuangSayang #SukaPedas #AnekaSambal

4 orang
30 menit
3. Sambel Goreng Kentang Tahu

3. Sambel Goreng Kentang Tahu

Pengen masak tp bingung mau masak apa, yaudah deh coba masak ini aja soalnya gampang 😂

5 porsi
1 jam
Ikan Gurame Panggang Sambal Matah

Ikan Gurame Panggang Sambal Matah

Bumbunya meresap sampe ke daging ikan. Lemak ikannya nambah bikin nikmat makan. Bersama sambal matah dan nasi panas, perpaduan yang mantap 👍

2-3 orang
30 menit
Sambal Beberok Khas Lombok

Sambal Beberok Khas Lombok

Salah satu varian sambal nusantara yakni sambal beberok menemani makan siang saya dan keluarga. Sambal ini terdiri dari campuran potongan sayuran yang biasa dijadikan lalapan. Takaran rawitnya sesuai dengan selera saja ya Bu, saya dengan 12 rawit saja sudah bikin meler. Serius Bu, sampe nangis lho saya bu saking pedesnya. Saya kebagian cabe rawit di pasar yang puedeesss nampol. Ibu di rumah pun bisa menyesuaikan rasa manisnya dengan menggunakan gula pasir atau gula merah. Perasan jeruk limo nya juga jangan dilewatkan karena inilah yang melengkapi nikmatnya sambal beberok ini. Aroma dari jeruk limo, atau jeruk sambal inilah kuncinya sehingga tidak bisa digantikan dengan larutan asam jawa, menurut saya. Nah, sambal ini silakan mendampingi nasi hangat dan menjadi cocolan ikan goreng. Selamat santap siang teman-teman, ibu-ibu sekalian.

Sambal ayam bakar/ayam goreng

Sambal ayam bakar/ayam goreng

Mumpung cabe murah,coba cari2 resep sambel yg sekiranya blm pernah coba, dan kemarin ketemu sm resep sambelnya bunda @dapurr_emma Cara bikinya mudah,bahan2nya jg simpel. Sy bikin 1/3 resep aja , tp resep sy tulis sesuai aslinya. Sambelnya enak,pedes,manis,gurih pokoknya yummy lah..

Sambel tempe terong pete

Sambel tempe terong pete

4 orang
1 jam
Asam Udeung (Sambal Aceh)

Asam Udeung (Sambal Aceh)

Pagi pagi sarapan berat bersama sambal udeung dari @azizarahmi sebagai ucapan terima kasih atas semua kerja keras nya selama menjafi admin #GenkPejuangDapur #CooksnapAdminGenkPeda #CooksnapAdmin_AzizaRahmi #CookmemberGenkPeda_AzizaRahmi

2-3 orang
15 menit
Nasi Telor Ceplok Sambal Kecap

Nasi Telor Ceplok Sambal Kecap

Sambal kecap merupakan menu sambal kesukaan papa.. ingat banget papa suka buat ini karena menurut papa simple dan berkhasiat. Sekarang bagi saya.. kalau badan mulai ga enak, meriang atau masuk angin dan mulut mulai pahit, sambal kecap dengan telor ceplok adalah solusi terbaik. Kenapa karena campuran irisan bawang merah mentah, cabe rawit mentah dan tomat mentah membuat badan saya akan berkeringat dan hidung plong.. apalagi jika ditambah perasan jeruk limo atau jeruk nipis. Jadi Sambal Kecap ini sebagai obat bagi saya. Nah pekan semarak minggu ini.. mbak Illy @mamailly menantang kita berkreasi dengan sepiring nasi sambal. Dan saya pilih menu ini untuk semarak.. semoga berkenan mbak… #GASepiringNasiSambal #Semarak_GASepiringNasiSambal #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Malang

1 piring
15 menit
Ayam Asap Sambal Dabu Dabu

Ayam Asap Sambal Dabu Dabu

1 orang
20 menit
Sambal Tumis Simple

Sambal Tumis Simple

Cocok di semua jenis masakan, cocol ayam goreng tempe juga ikan goreng, atau jd sambel kemplang 🤤🤤 #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

4 orang
15 menit
Cah kangkung sambal tempe

Cah kangkung sambal tempe

3-4 orang
30 menit
Sambal Petai Ikan Asin

Sambal Petai Ikan Asin

Berhubung di dalam kulkas hanya ada petai, beberapa siung bawang putih, satu siung bawang merah serta ikan asin matang kiriman Ibundaku ; saya olah menjadi masakan simple cepat tapi nan nikamat ini. Selamat mencobanya.

2 orang
40 menit
SAMBAL PECEL LELE ala LAMONGAN

SAMBAL PECEL LELE ala LAMONGAN

Ini sambalnya pakai kemiri digoreng. Terus dicampur kecap. Takaran cabenya utk pedas sedang. Kalau mau pedas cetarrr, bisa pakai 20 rawit.

Sambal Pete Cumi

Sambal Pete Cumi

Siapkan nasi sebakul 😂 . . #sambal #sambalpete #sambalpetecumi

45 menit
Sambal Kecombrang

Sambal Kecombrang

Masih punya stok cabe, takut keburu layu atau malah busuk, liat di halaman ada bbrp tunas (batang muda) kecombrang, bikin sambal aja buat stok sambal. Sambal Kecombrang ini bisa untuk bumbu nasi goreng juga ya moms #cookpadcommunity_Kalsel