Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo

Dipos pada February 26, 2022

Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambal Goreng Krecek ini biasanya kita temui jika menikmati gudeg. Namun bisa juga kita sajikan terpisah untuk lauk sehari-hari. Disini sy tidak merendam kacang Tolo terlebih dahulu krn lupa πŸ˜…. Akhirnya sy memakai metode 5.30.7 Rebus 5 menit Matikan api, tutup rapat 30 menit Lalu rebus lagi 7 menit. . Sy juga menggunakan kerupuk Krecek, Krn lebih praktis. Selamat mencoba πŸ˜‰ . . terimakasih mb Tata @tatta_manyund utk resepnya πŸ‘ #CooksnapTataKirana #Semarak_CooksnapTataKirana #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo:

  1. πŸ“Œ Bahan Utama :
  2. 75 gr kacang tolo kering (rebus metode 5.30.7)
  3. 1 bungkus kerupuk Krecek (+/- 50gr)
  4. 5 buah tahu kulit (potong jadi 2-tambahan dr sy)
  5. 500 ml santan (dari Β½ butir kelapa)
  6. πŸ“Œ Bahan yg di haluskan :
  7. 8 siung Bawang merah
  8. 5 siung Bawang putih
  9. 10 buah Cabai keriting merah
  10. 3 butir Kemiri
  11. πŸ“Œ Bahan Tambahan :
  12. 1 sdt Kaldu bubuk (sy pakai : kaldu jamur)
  13. 1 sdt garam
  14. 1 sdt gula merah (sy pakai gula palem)
  15. 2 cm lengkuas memarkan (jika pakai lengkuas bubuk 1/2 sdt)
  16. 2 lembar daun salam
  17. 1 batang serai (tambahan dr sy)
  18. 2 lembar daun jeruk (tambahan dr sy)
  19. 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo

1
Tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai. Tumis hingga harum.
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo - Step 1
2
Masukkan santan, masak hingga mendidih.
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo - Step 2
3
Masukkan kacang Tolo yg sudah di rebus, tahu, dan krecek.
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo - Step 3
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo - Step 3
4
Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Masak sebentar, lalu matikan api. Jika ingin agak kering bisa ditambah waktu memasak nya.
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal tempe kemangi

Sambal tempe kemangi

Menu yang sederhana tapi nikmat.cocok untuk sarapan maupun makan malam.biarpun sederhana tapi nikmatnya bisa ngabisin nasi sebakul πŸ˜€dan yang pasti gk pake ribet tentunya.

4 orang
30 menit
Nasi Sambal Ikan Pindang

Nasi Sambal Ikan Pindang

Assalamualaikum cookpaders…. Hari sabtu saatnya semarak. Tema kali ini ditentukan oleh mbak @mamailly , temanya sederhana tapi bener” bikin ngilerable 🀣🀣. Sepiring nasi dengan sambal melimpah…pas dapat challenge ini sempet mikir masyaAllah nasi disiram sambal ntr bagaimana perutku???πŸ€£πŸ™ˆπŸ€£πŸ™ˆπŸ€£ Tapi karena saya juga suka sambal dengen level pedas sedang akhirnya ikutan bikin dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Buat mbak illy, aku sempet ga tega makan 🀣🀣 takut pedas eee ternyata nikmat makan nasi disiram sambal yang banyak 🀭🀭🀭🀭 terimakasih mbak untuk tema nya πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯° #GASepiringNasiSambal #Semarak_GASepiringNasiSambal #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #WongSoloMasak #CeritaMasakHannah

Sambal kemangi

Sambal kemangi

Edisi daun kemanggi tumbuh subur dan manfaatkan cabe d kulkas

5 orang
Sambel bejek teri tempe

Sambel bejek teri tempe

Kebetulan ada sisa tempe,kl buat menu utama sudah ga cukup.jadinya di sambel aja campur dengan yg lain. Dikit 2 jadi bukit.πŸ˜„ Resep ibu2 buat habisin sisa bahan di kulkas ini.

2 orang
30 menit
Ayam geprek sambal bawang

Ayam geprek sambal bawang

Sekitar taun 2018, di sini mulai ngehits banget menu geprek. Ciri khasnya ada di sambel bawangnya yg png rasa ckup kuat.. Sampe skrg, geprek jadi salah satu menu umum yg gampang ditemui di mana mana. Meski bahan sambalnya sederhana, tp soal rasa jgn ditanya. Cukup banyak yg memfavoritkan, trmasuk diriku yg suka males masak😁

6 porsi
40 menit
94. Kentang Goreng Sambal Seruit

94. Kentang Goreng Sambal Seruit

Assalamu'alaikum. .. Sebagai pelengkap dari eksekusi sambal Seruit khas Lampung , aqu tambahin kentang goreng plus petai nya .. Rasanya gimana ??? Enduuull atuhlah ... Hehehehe #OlahanKentang #OlahanSambal #KhasLampung #CookpadCommunity_Jakarta

Sambel kecap kemecerr

Sambel kecap kemecerr

2 porsi
10 menit
Balado Sambel terong&teri

Balado Sambel terong&teri

Lagi bingung masak apalagi hari ini?kebetulan ada terong di kulkas tinggal nyari ikan asin terinya...

6orang
30 menit
Sambal goreng cirebon

Sambal goreng cirebon

Buat nemenin empal gentong hari ini ya bun...

4 orang
45 menit
Sambal terasi terong dan tempe

Sambal terasi terong dan tempe

Menu yg buat selera makan bangkit lagi. Jadi mau makan terus.

Sambal Ikan Bilis

Sambal Ikan Bilis

Resep hasil cooksnap dari @Chef_Noof

Sambel pecel

Sambel pecel

Sudah berkali-kali membuatnya, namun baru ini dalam porsi besar, biasanya hanya 1/4 kg kacang 😊, karena ini pesanan seseorang yang tinggal di Jakarta jadi buatnya banyak sekalian di simpan di akun CP ku. Rasa nya uenak, selera keluarga dan takaran bahannya juga pas. Trimakasih untuk @cook_2534108 Source : yNy https://cookpad.com/id/resep/540522-sambel-kacang-ala-ku?invite_token=qcWcTUobST5WvmGCHvKQyPCH&shared_at=1624709435 #CookpadCommunity_Surabaya #OlahanKacangSpesial

Sambal Korek (ala H.Slamet)

Sambal Korek (ala H.Slamet)

Kyknya sejak beberapa tahun ini sudah lama tidak makan di bebek haji slamet, salah satu tempat makan yg sambelnya pedes banget tapi bikin ketagihan dan nambah nasi.... 🀭 Pas diajakin tim cocompal buat cooksnap resep kakmin cocompal yaitu mba @itikkecil , saya menemukan resep sambel korek H. slamet ini... Langsung saja kita cooksnap, saya buat 3x resep mba ira, sekalian buat stock sambel 🀭... Thanks resepnya kakmin... 😍 We love you... 😘 #WongKitoGalo_CooksnapKakmInitikKecil #wongkitogalo #resepwongkito #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookoad_id

3 porsi
10 menit
Ayam Sambel Ijo

Ayam Sambel Ijo

Bingung yah masak, ayam lagi, ayam lagi. Coba dimasak yang berbeda. IntipΒ² cookpad yg gambar masakannya menarik punya wienz kitchen. Ayam sambel ijo ni kesukaan suami. Tapi ga pernah masakin selalu beli kalau ayam sambel ijo. Cobalah buat, markicusss.

4 orang
1 jam
Oseng daging sambal matah

Oseng daging sambal matah

ngedaging dulu yuk

3 orang