Sambal Terong

Dipos pada March 8, 2022

Sambal Terong

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Terong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Terong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Terong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Terong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Terong adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Terong diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Terong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Terong memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan hari ini masak sayur tewel (nangka muda). Lebih enak lagi kalau sayur tewel dimakan dengan sambal terong. Rasanya makin mantapp. Selamat mencoba :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Terong:

  1. 2 buah terong
  2. secukupnya Minyak
  3. Bahan Sambal
  4. 2 siung bawang merah
  5. 1 siung bawang putih
  6. 2 buah cabe merah
  7. Cabe rawit sesuai selera (saya pakai 5 buah)
  8. 1 sdt terasi
  9. 2 buah tomat
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Gula
  12. 1 sdt kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Terong

1
Haluskan semua bahan bumbu halus
Sambal Terong - Step 1
Sambal Terong - Step 1
2
Goreng terong hingga matang
Sambal Terong - Step 2
3
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga wangi
Sambal Terong - Step 3
4
Masukkan terong ke dalam bumbu yang di tumis. Tambahkan sedikit air. Koreksi rasanya.
Sambal Terong - Step 4
5
Sambal terong siap disajikan
Sambal Terong - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Ganja (Sambal Udeung)

Sambal Ganja (Sambal Udeung)

Masih setoran semarak kuliner Aceh dari mba @Yusradewi , sepertinya dinamakan sambal ganja krn bikin nagih soalnya sambalnya enaak bgt . Source : @tinahasbie #GAQulinerAcehQu #Semarak_GAQulinerAcehQu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi

Sambel Tempe Kemangi

Sambel Tempe Kemangi

Pgn bikin sambel yang beda dari biasanya.. buka buka cookpad cari sambel eh nemu resep sambel tempe kemangi ini. karena semua bahannya tersedia yaa cus aja di olahh.. aku modif dikit resep dari mba Evana Tati, untuk liat resep aslinya boleh cari aja id cookpad nya yah.. disini aku mau share hasil modifikasi aku aja karena aku cuman berdua sama suami jadi ga bikin banyak banyak.

2 orang
Sambal Embe Khas Bali

Sambal Embe Khas Bali

Pekan ini ada yang spesial dari group Coboy yaitu belajar tentang membuat takir berbagai bentuk dari mbak @tyas_yodha ๐Ÿ™๐Ÿค— Terimakasih karena sudah berbagi ilmu dengan kami mbak tyas ๐Ÿ™ semoga Allah membalas segala kebaikan beliau dengan rejeki yang berlimpah, sehat barokah dan dimudahkan segala urusan Aminn Yra. Alhamdulillah seneng banget rasanya bisa dapat ilmu baru dari beliau๐Ÿ™membut sesuatu yang termasuk baru menurutku๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ meskipun baru gabung coboy rasanya tuh kayak ketemu keluarga ngobrol santai ๐Ÿค—๐Ÿ˜ Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aminn Yra Jaga kesehatan selalu semua๐Ÿ™๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_TyasYodha #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Sambal Nanas khas Palembang

Sambal Nanas khas Palembang

Sambal nanas dipalembang ada 2 versi, tumis dan mentah. Kali ini saya akan cooksnap resep sambah nanas khas palembang yg mentah punya mba @desfita_rozzen , buatnya cepet anti ribet... Makan pakek nasi anget aja sudah enak bgt, apalagi untuk mendamping nasi samin... Makin mantaplah.... ๐Ÿ˜๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜˜ Link resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14581360-sambal-nanas-khas-palembang?invite_token=YcL8d252QjHZqaYaa3sT2ucc&shared_at=1626006676 #wongkitogalo #ResepWongKito #cooksnapPalembang_Desfita #cooksnap_desfita #cookpadcommunity_Palembang #cookpadcommunity_Id #cookpad_Id

2 orang
10 Menit
Sambel pecel lele / Sambel pecel ayam

Sambel pecel lele / Sambel pecel ayam

Watch out ! pas bikin Sambel ini ada yang meledak meledak jadi siap siap penutup wok pokoknya rame deh kayaknpetasan secaraaaa semua bahan saya goreng terlebih dahulu tapi Di jamin manteb !

Sambal Tomat Terasi

Sambal Tomat Terasi

Pingun sambal sbg teman sayur asem untuk maksi bareng anak dan temannya saat kumpul di rmh. makan nasi dg sambal dan ikan asin nasi panas...rasanya mantaf....bisa2 nambah nasi..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #SerbaSambal

relatif
15 menit
Saos sambal Bangkok

Saos sambal Bangkok

Pas belanja bulanan kelupaan beli saos sambal Bangkok. Mau keluar rumah males.. efek kelamaan PPKM kali ya ๐Ÿคฃ Kebetulan aja bahanยฒ yg diperlukan ada semua dirumah. Bikin sendiri aja dah.. yuukk Maree Utk bahannya tadi saya ga pake takaran pasti ya moms.. langsung tuang aja ๐Ÿคญ takaran yg saya tulis hanya perkiraan aja. Mommies bisa tambah atau kurangin sesuai selera aja. Intinya sukaยฒ mommies aja deh ๐Ÿ˜ Pedas, manis, asam.. kembali ke selera masingยฒ. Oya, saosnya biar awet simpan di kulkas ya moms. Tadi saya jadi 2 botol kaca bekas saos dan masih ada sisa semangkuk kecil

Sambal Kemiri

Sambal Kemiri

2 orang
15 menit
Sambal tempe bajak

Sambal tempe bajak

Lagi pingin makan tempe tapi versi pedesnya ..

1mangkuk
10menit
Sambal ikan cue

Sambal ikan cue

40 menit
Sambal Goreng Ayam

Sambal Goreng Ayam

6 orang
1 jam
65. Sambal Goreng Krecek

65. Sambal Goreng Krecek

Kangen menu kondangan ๐Ÿ˜†, ya udah bikin aja ๐Ÿคญ. Sambal goreng krecek, biasa ditemui kalau lg prasmanan di kawinan, atau kalau pas lebaran juga jadi paduan menu dengan opor ayam ๐Ÿ˜.

6 orang
30 menit
Sambel Tomat Goreng

Sambel Tomat Goreng

Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan. - Al ayah- #ResepSambelIhda #memasakdengancinta #masakituibadah

Sambal Terong daun jeruk

Sambal Terong daun jeruk

Seger bgt aromanya sambal di kasih daun jeruk

Sambel tomat endess

Sambel tomat endess

Sambel tomat sangat cocok dimakan pake nasi anget + sayur bening โ™ฅ๏ธ