IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER)

Dipos pada March 9, 2022

IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER)

Anda sedang mencari inspirasi resep IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER) memakai 23 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambalnya tipe sambal yg sopan : tidak terlalu pedas yang sekali suap bisa ambil sambal banyakan. Resep aslinya ayam bakar sambal, yang turun temurun diwariskan dari keluarga almarhumah ibu sahabat terbaik. Semoga almarhumah mendapatkan amal jariyah atas resep yg diwariskan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER):

  1. Bahan Rebusan Iga :
  2. 500 gram iga sapi
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdt lada bubuk
  5. Bahan Ungkepan Sambal :
  6. 2 butir tomat matang besar
  7. 12 buah cabai keriting
  8. 3 buah cabai merah besar
  9. 7 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  10. 3 butir kemiri
  11. 2 siung bawang putih
  12. 7 siung bawang merah
  13. 4 lembar daun salam
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 1 ruas lengkuas geprek
  16. 2 butir asam jawa
  17. 1 potong gula jawa
  18. 1 sdt ketumbar bubuk
  19. 1 sdt garam
  20. 1 sdm kecap manis
  21. 1 sdt terasi sangrai/goreng
  22. 1 buah jeruk sambal
  23. Petai, kemangi, kol

Langkah-langkah untuk membuat IGA BAKAR SAMBAL (BISA DENGAN AIRFRYER)

1
Rebus iga hingga mendidih, lalu buang airnya yang agak kotor.
2
Presto iga dengan garam dan lada sekitar 30 menit atau hingga empuk, lalu tiriskan.
3
Rebus semua cabai, tomat, kemiri, bawang putih, dan bawang merah hingga agak layu. Tiriskan. Lalu blender agak halus.
4
Panaskan blenderan sambal di wajan, tidak usah pakai minyak. Panaskan dengan api kecil sambil aduk hingga meletup-letup.
5
Masukkan iga ke adonan sambal, aduk rata beberapa saat. Tambahkan air hingga iga terendam semua (boleh pakai air bekas rebusan tomat & cabai tadi).
6
Masukkan salam, laos, daun jeruk, asam jawa, garam, dan ketumbar bubuk. Ungkep dengan api sedang hingga air menyusut.
7
Setelah menyusut, tambahkan kecap manis, aduk rata. Matikan kompor. Pisahkan iga dengan sambal.
8
Masukkan iga ke airfryer, bakar sekitar 8 menit dengan suhu 180 derajat Celcius (saya pakai airfryer Mito yg sudah dipanaskan 2 menit terlebih dahulu). Atau bakar iga di wajan grill sampai agak gosong.
9
Untuk sambal, buang daun jeruk, salam, laos, dan asam jawa. Tambahkan terasi dan perasan air jeruk sambal. Lanjutkan tumis dengan api kecil hingga kental dan warna sambal berubah merah tua kecoklatan.
10
Sajikan dengan lalap kemangi, petai & kol.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Terasi

Sambal Terasi

Makan ini pakai sop ayam + ikan goreng pakai sambal terasi ini, yummyy endul banget.. ❣️😘

4 porsi
Sambalado Terong Teri

Sambalado Terong Teri

Bubar, dietnya bubaaar... . 😂 Cooksnap dari Mbak Kiki Rizqi Andini @7rizandinikiki #KampungIdaman #CookpadCommunity_Surabaya #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_kikirizqiandini

Paru Sambal Mercon

Paru Sambal Mercon

Baru pertama kali mengolah paru, dan bingung mau dibuat masakan apa, akhirnya memutuskan untuk disambal saja ☺

2 orang
1 jam
Tahu dengan sambel bawang lalapan

Tahu dengan sambel bawang lalapan

Menu masakan sehari-hari

2 orang
30 menit
Sambal ganja

Sambal ganja

Rabu, 7 juli 2021. Eits jangan salfok sama judulnya ya, ngak kok ini bahannya bukan pake ganja hanya judulnya saja 😂 Source: @elvira_yuz #genkpejuangdapur #remembergenkpeda_elvirayus #kulaetamcocok #cookpadcommunity_kaltim #cookpadcommunity_borneo

banyak
10 menit
Ayam goreng sambal hijau mete

Ayam goreng sambal hijau mete

Awalnya mau masak ayam balado, tapi msh punya stok cabe ijo. Karena punya mete, iseng iseng deh bikin sambal ijo mete..ternyataaa enakkkk

4 porsi
30-40mnit
✨55 Udang sambal bawang viral

✨55 Udang sambal bawang viral

Pecinta bawang mana suaranyaaaaa?? sambal bawang viral di tiktok, saya coba menambahkan udang dan rasanyaa: beuhhh, perfecto!😘

4 orang
30 menit
Udang Sambal Tomat

Udang Sambal Tomat

Saya paling suka udang dan bahan makanan ini menurut saya paling gampang dibikin jadi enak. Mau digoreng saja sudah enak. Yang ini menu super simple keluarga saya bunda. Sekali coba pasti langsung bisa dan enak.

Sambal Bawang Serbaguna

Sambal Bawang Serbaguna

Dikulkas aku selalu stok sambal serbaguna ini, bisa dipakai untuk makanan apapun. Untuk tambahan saat makan mie instan, masak nasi goreng maupun sebagai cocolan. Untuk porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaa, sambal ini awet sampai 2 minggu disimpan dalam kulkas. Yukk dicoba :)

Tempe Penyet Sambel Kemangi

Tempe Penyet Sambel Kemangi

Obat puyeng paling ampuh 😁

Sambalado Patai/pete

Sambalado Patai/pete

Jodoh sejati nya nasi panas dan kerupuk.

Sambal Jeruk Chui

Sambal Jeruk Chui

Suka banget bikin sambal seperti ini, dikasi perasan air jeruk. Biasanya saya buat untuk cocolan sambal ikan goreng atau ikan bakar enak juga #BarapiManjuhu #PPKM_Kalteng #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Palangkaraya

236. Sambal Goreng Kentang Hati Ampela

236. Sambal Goreng Kentang Hati Ampela

Hari ini Edisi ngabisin isi stok kulkas. Adanya cuma hati+ampela ayam. Langsung aja deh buat sambel goreng kentang. Rasanya Pedas, Manis, Gurih jadi satu. Resepnya saya buat tanpa santan tapi tetap mantuuuulll.... Pas lah jadi temennya nasi hangat & sayur bening 😍. #Cookpad_id #CookpadCommunity_Bekasi

Ikan goreng sambel kecap asin

Ikan goreng sambel kecap asin

4-6 orang
30 menit