Pare Sambal Klotok

Dipos pada February 23, 2022

Pare Sambal Klotok

Anda sedang mencari inspirasi resep Pare Sambal Klotok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pare Sambal Klotok yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pare Sambal Klotok, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pare Sambal Klotok enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pare Sambal Klotok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pare Sambal Klotok memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pagi2 abis berjemur ibu pengen masak pare sambal klotok karena tetangga bikin. Kebetulan di pasar lagi musim pare yg besar2 itu. Ini emang ga pake garam ya bu ibu karena ikan klotoknya udah uasinnn.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pare Sambal Klotok:

  1. 3 buah pare / 600 gram
  2. 150 ikan klotok
  3. Bumbu :
  4. 2 butir bawang putih
  5. 5 butir bawang merah
  6. 3 buah cabe merah besar
  7. 25-30 cabe rawit
  8. 1 buah tomat
  9. 1 sdm gula

Langkah-langkah untuk membuat Pare Sambal Klotok

1
Belah 2 buah pare. Buang bagian isinya. Iris2 tipis. Lalu remas2 dengan 1 sdm garam sampai berair. Kemudian cuci sampai air tidak keruh.
Pare Sambal Klotok - Step 1
Pare Sambal Klotok - Step 1
Pare Sambal Klotok - Step 1
2
Haluskan bumbu. Cuci ikan klotok dan ambil bagian dagingnya. Buang duri dan kepala. Haluskan bumbu (ini memang ga pake garam ya karena nanti pake ikan klotok / peda yg asin).
Pare Sambal Klotok - Step 2
Pare Sambal Klotok - Step 2
3
Goreng daging ikan klotok sampai matang.Tumis bumbu disisa minyak buat goreng ikan sampai harum (aku langsung masukkan bumbu tanpa diangkat ikannya).
Pare Sambal Klotok - Step 3
Pare Sambal Klotok - Step 3
Pare Sambal Klotok - Step 3
4
Masukkan pare. Aduk rata. Masak sampai pare matang. Koreksi rasa.
Pare Sambal Klotok - Step 4
Pare Sambal Klotok - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Tempe Kecombrang

Sambal Tempe Kecombrang

Mumpung punya bunga kecombrang, trus cari2 resep author kalsel yg ada bahan kecombrang nya. Sekalian buat posbar cp bali melali. Akhirnya ketemu resep mbak @Alodia_Kitchen leader tim admin nya cp kalsel. Resep nya gampang dan semua bahan ada di rumah. Langsung cusa bikin.. . #cpbalimelali_kalsel #cookpadcommunity_bali #rekreasi_kalsel

Sambal Goreng Pete

Sambal Goreng Pete

Sambel penambah imun....karena bikin makan nasi nambah terus...🥰 #CookpadCommunity_Jakarta

rame2 porsi
30 menit
Sambal Matah Khas Bali

Sambal Matah Khas Bali

Sambal matah ini selalu ditemui jika makan di Bali. Segar, sederhana dan menggugah selera. Membuat wisatawan ingin mencoba membuatnya di rumah. Ada beberapa tips agar sambal matah anda serasa orisinil asli. Antara lain: - Gunakan pisau yg tajam untuk mengiris bawang agar bawangnya tetap krispi, tidak benyek. - Jangan pakai minyak yg digoreng atau dipanaskan. Pakai minyak yg segar. Minyak yg digoreng membuat bawang jadi lembek, matang, tidak segar. Sambalnya jadi matang, bukan sambel matah/mentah. - Orang Bali biasanya pakai minyak kelapa kampung untuk sambel matah, aromanya lebih wangi. Jika tidak ada bisa pakai minyak goreng biasa. - Ada beberapa bahan tambahan misalnya bongkot atau kincung, atau daun jeruk purut. Resep ini merupakan resep yang dasar yang mudah. Proporsi bahan dapat disesuaikan sesuai selera.

3 orang
15 menit
Ayam Kris sambal matah

Ayam Kris sambal matah

Menginspirasi untuk anak remaja bored lagi ngga sekolah mending bikin resep mudah ini

Sambal ijo ala rumah makan padang

Sambal ijo ala rumah makan padang

Menu minggu ini ala ala rumah makan padang.

1 mangkok
1 jam
Sambal Tempuyak (Durian)

Sambal Tempuyak (Durian)

Bahan dikulkas sudah siap tinggal dimasak, alhasil langsung eksekusi deh.

4 org
10 mnt
Sambal Goreng Tempe Kentang

Sambal Goreng Tempe Kentang

Masakan simple satu ini udah enak di makan pake nasi hangat aja :) apa lg dipakein lauk yang lain ya kan hehehe. Selamat mencoba :) #CookpadComunnity_Palembang #SambelGorengTempeKentang

5 orang
-+ 30 menit
Sambal Kecombrang

Sambal Kecombrang

Kecombrang memiliki manfaat sebagai anti radikal bebas, rempah yang satu ini merupakan tumbuhan yang berbunga dan berbuah sangat jarang atau musiman. Wangi dari kecombrang memiliki ciri khas, kali ini saya bikin sambal untuk rasa yang lebih enak sambal kecombrang bisa di tambahkan dengan ikan teri asin. #CookpadCommunity_Tangerang

Sambel goreng kentang udang

Sambel goreng kentang udang

Masih dalam acara pais guyub Cocomba, aneka masakan pendamping tumpeng, bersama Tim Tiga Dara barengan dengan Teh Eka Indah @pawon_eka dan Teh Ecy @Desriayu_Ecy #PaisGuyub_Tumpengan #CookpadCommunity_Bandung #authorsbandunghebring

16.Sambal cumi pete

16.Sambal cumi pete

Beda sm tumis cumi pedas yg pernah di post sebelumnya ya! Karna ini bumbunya di blender bukan di uleg,hhei tp mirip* sih rempahnya cuma tambahan pete dan lebih becek aja🤤 yg lg program diet saran,jgn buat resep ini🤣 gagal diet nanti..

4 orang
30 menit
Sambal balado udang kentang pete ala masakan padang

Sambal balado udang kentang pete ala masakan padang

Ada sisa sisa udang kecil , bikin resep ini aja, paling suka kalo ke resto padang dan Harus ada menu ini karena enak banget !

Menu yang bikin gagal diet 🤭sambel penyet tempe

Menu yang bikin gagal diet 🤭sambel penyet tempe

Jadi cerita kelaperan malam malam mau makan stok di kulkas cuma sis tempe alhasil jadi lah menu ini resep nya ngarang ala aku 😁

Cumi asin sambel mercon

Cumi asin sambel mercon

Kapan hari saya masak cumi asin sambel mercon kesukaan paksu.. Saya update di sosmed, eh temen pada mau minta di buka PO jadi deh masak lagi demi temen " Ni q bagi resep barangkali ada yang mau coba..

rame rame
45 menit
Sambel belacan (terasi) ulek

Sambel belacan (terasi) ulek

2 orang
15 menit
Sambel terasi

Sambel terasi

Source : @FiDyFie_cook27 Setor cooksnapnya yg simple2 dulu😄 #Pokcoy_Fidy #PokcoyCoboy_Fidy #PosbarKreasiCooksnapCoboy #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Terong sambal teri

Terong sambal teri

Resep mamah selalu jadi juara... Kesukaan mamah...

3 orang
30 menit
Sambal cumi

Sambal cumi

Cumi-cumi salah seafood yang saya suka dan sedang hits dijual saa ini. Kita coba bikin sambal cumi yuk moms

5 orang
20 menit