Sambel Ijo Kemangi DaMuDza

Dipos pada January 16, 2022

Sambel Ijo Kemangi DaMuDza

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambel Ijo Kemangi DaMuDza yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambel Ijo Kemangi DaMuDza yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambel Ijo Kemangi DaMuDza, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambel Ijo Kemangi DaMuDza enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambel Ijo Kemangi DaMuDza adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambel Ijo Kemangi DaMuDza diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Ijo Kemangi DaMuDza sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Ijo Kemangi DaMuDza memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jadi saya punya menu favorit yang selalu saya order saat berkunjung di resto dekat rumah yaitu ikan dori sambel ijo. Suka bnget sama sambel ijonya karena pakai kemangi dan daun jeruk, dicocolin dengan ikan dori goreng tepung, teksture ikan dorinya yang lembut masyaaalloh. Tapi kali ini karena nggak punya ikan dori jadi saya pakai stok yang ada difrezer saja. Lupa nama ikannya apa dulu pas beli dikasih tahu sama penjualnya, lha setelah digoreng kok Alhamdulillah teksture dagingnya miriiiip banget sm teksture ikan dori, jadi bahagia deh. Oiya saya tambah pete karena ada stok pete di chiller yg udah hampir kering kelamaan nggak dimasak² 🤭.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Ijo Kemangi DaMuDza:

  1. 15 buah cabe ijo kriting
  2. 5 buah cabe rawit putih
  3. 1 siung bawang putih, geprek
  4. 3 siung bawang merah, geprek
  5. 1 genggam kemangi
  6. 1 lembar daun jeruk, iris tipis halus
  7. 2 1/2 papan pete
  8. Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu jamur merang
  9. Secukupnya minyak kelapa

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Ijo Kemangi DaMuDza

1
Potong-potong cabe ijo, tusuk-tusuk cabe rawit putih, panaskan minysk dalam wajan tumis bentar cabe asal layu
2
Dalam FP masukkan cabe yg sudah di tumis, bawang putih, bawang merah, lalu digiling sebentar saja bberapa detik asal hancur masih klihatan teksture cabenya. Atau klau tidak punya FP diuleg kasar pakai cobek juga bisa.
3
Diwajan bekas tumis cabe tadi, panaskan minyak goreng masukkan pete tumis hingga berubah warna lalu masukkan cabe dan bawang giling, kemangi, daun jeruk dan bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu merang, tumis aduk rata selama kurang lebih 1½ menit saja jangan lama-lama, cicip rasa matikan kompor.
Sambel Ijo Kemangi DaMuDza - Step 3
4
Sajikan dengan nasi hangat, lauk favorit dan lalapan.
Sambel Ijo Kemangi DaMuDza - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Bawang Merah

Sambal Bawang Merah

Keluarga kurang suka dengan aroma bawang putih tapi doyan banget makan sambel. Akhirnya ketemulah resep sambal bawang merah ini. Rasanya ga kalah enak dengan sambal bawang pada umumnya. Cara bikinnya anti ribet tapi rasanya anti mengecewakan pastinya. #TiketGoldenBatikApron

3 orang
15 menit
Sambal Tomat

Sambal Tomat

Aku suka makan dengan sambal tomat buatan emak. Rasanya pedas, manis, asam.

5 orang
25 menit
Sambal Ayam Pop

Sambal Ayam Pop

Aku berencana memasak Ayam Pop, tapi sebelumnya bikin sambalnya dulu dong, biar makannya nanti tambah nikmat...🤩 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

20 mt
Sambal Cumi Kering Asin

Sambal Cumi Kering Asin

1 piring
45 menit
Ikan Nila Sambal Kecombrang

Ikan Nila Sambal Kecombrang

Masak ikan nila dengan sambal kecombrang, sebagai kesukaan mas bojo dan mba dara. Sukanya jadi pada doyan makan, nasinya jadi pada nambah lagi🤭. Memang ini rasa kecombrang bikin nagih aja. #Cookpadcommunity_Kalbar #ResepMamaEra #ResepMasakanMamaEra

1 porsi
40 menit
Sambal Terasi Pedas Mantap #6

Sambal Terasi Pedas Mantap #6

Sesekali sedia sambal terasi karena mau makan yg tumis dan goreng-goreng aja. Bisa disimpan dikulkas beberapa hari. Tapi rasanya udah 3 hari sambal pasti ludes.. hehe. Rasanya mantap dan pedes nya nagih.

4 orang
20 menit
Sambal baby cumi

Sambal baby cumi

4 orang
25 menit
Sambal Embe

Sambal Embe

Simpel, unik, enak Bakal gak bisa jauh dari magic jar...hahaha #Happycook yaaa

4 orang
10 menit
Ayam geprek sambal ijo

Ayam geprek sambal ijo

Iseng-iseng punya uang cuma 10.000 dpt sayap ayam ¼kg Terus kepikiran pgn nyoba buat ayam geprek yang kebeli cuma ayamnya doang bahan-bahan tambahan lainya udah ada semua dirumah bun..

2 Orang dwasa
½ jam
Ikan Goreng Sambal Lokio (Bawang Batak)

Ikan Goreng Sambal Lokio (Bawang Batak)

YT: Shebb's Kitchen

4 orang
45 menit
Sambal Cakalang kemangi

Sambal Cakalang kemangi

#PejuangGoldenBatikApron Dimakan pake nasi anget dan kerupuk mantab banget moms sampe nambah dua kali,,silahkan di recook ya moms jangan lupa cooksnap ny 🥰

Sambal Udang teri pedas

Sambal Udang teri pedas

Karena masih ada stok sedikit udang di kulkas, ada teri juga,bikin sambal udang teri deh

2 orang
Ayam Sambal Matah

Ayam Sambal Matah

Dalam rangka 7 Days menu bekal diet, untuk Day 2 aku membuat Ayam Sambal Matah yang pastinya mudah dan sehat

1 porsi
15 menit
Nasi telur ceplok sambal kecap

Nasi telur ceplok sambal kecap

Judulnya panjang banget ya 😄 Ini resep punya mba @Kaianiandra salah satu sponsor masak bersamamu genk pejuang dapur beberapa waktu lalu... Terimakasih mba Retno 😉 Ijin reshare nih ya #genkpejuangdapur #TerimakasihSponsorGenkPeda #Terimakasih_Kaianiandra #cookpadcommunity_sumbar

Sambal urap cabe ijo

Sambal urap cabe ijo

Latepost... Bismillah... Mengawali perjalanan golden batik apron,sebenernya resep dulunya mau buat setoran clover,tp tyt miss komunikasi efek g nyimak wag🙈mf ya mb retno😊dg resep ini juga semoga bisa istiqomah melalui 52 minggu dg baik🤲🤲 Ikut mèramaikan semarak clover minggu ini,menu spesial untuk mb retno @Kaianiandra yg sedang merayakan ultah perkawinan ke 18th,ternyata bln pernikahan kita sama 🥰cuma lebih duluan aku 3th😊Semoga rukun selalu hingga kaki" nini" SAMAWA till jannah ya mb..Aamiin Nah untuk merayakannya saya persembahkan sambel urap,untuk bancakaan bersama klg tercinta🥰🥰 Semoga berkenan ya..🤗🤗🤗 #pejuanggoldenbatikapron #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak

8orang
45menit