Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟

Dipos pada February 10, 2022

Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟

Anda sedang mencari inspirasi resep Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 adalah 3 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sesuai selera kesayanganku, kalau Goreng Ikan kembung wajib sampai kepalanya Garing supaya makannya kriuk kriuk lebih sedap katanyaπŸ‘πŸ»πŸ€€ Sajikan bersama sayur Bening Bayam dan Lalapan πŸ₯°πŸ’• #masak #masakanrumahan #masakanindonesia #masakannusantara #masakansimple #masakansederhana #kuliner #kulinernusantara #kulinerindonesia #kuenusantara #kueindonesia #kuetradisional #lauknusantara #kreasibunda #dapurbahagia #ikankembung #ikankembungsambalijo #ikankembungpedas #sambalijo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟:

  1. 1/2 kg Ikan kembung = 3 ekor
  2. Cabai rawit hijau + rawit merah
  3. 5 siung bawang putih + 10 siung bawang merah
  4. 2 buah tomat hijau
  5. secukupnya Garam +penyedap rasa + kaldu bubuk
  6. secukupnya Minyak goreng
  7. 1 buah Jeruk nipis

Langkah-langkah untuk membuat Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟

1
Cuci bersih ikan kembung, tiriskan,beri perasan air jeruk nipis dan sedikit garam. diamkan sekitar 15 menit Siapkan bahan sambal : Cabai,bawang merah, putih, dan tomat hijau.
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 1
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 1
2
Haluskan hingga benar benar halus. (saya ulek pakai cobek)
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 2
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 2
3
Selagi haluskan sambal,goreng ikan dengan hingga tingkat kematangan yang garing, angkat dan sisihkan
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 3
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 3
4
Panaskan wajan dengan minyak, masak sambal yang telah dihaluskan aduk aduk hingga matang mendidih dan harum.
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 4
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 4
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 4
5
Sajikan bersama Ikan Kembung Goreng garing
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 5
Ikan Kembung Sambal Ijo 🐟 - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau

Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau

Bismillah. Assalamualaikum. Kali ini membuat Sambal Goreng Kentang Cabe Hijau. Saya tambahin cabe hijau agar lebih bertekstur. Cabenya saya masak sebentar hingga tetap crunchy. Eehhmm yummy bunda... #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #ResepGriyaSyari #ResepSambalGoreng #SambalGorengKentangCabeHijau

Sambel Korek

Sambel Korek

Source : Adelia Firdaus Harga cabe lagi murah banget, yuk coba stok buat bikin sambel, taruh di botol aja biar praktis, simpan di kulkas biar lebih awet πŸ‘πŸ»

Sambel limau kuit

Sambel limau kuit

Selama di kalsel, penasaran bgt sama sambel limau kuit ini. Sambel khas kalimantan.. Karna penasaran, langsung cuss tanya resep dengan asli orang kalsel (temen kantornya suami).. Ternyata enak, seger dari limau kuitnya dan suami pn sukaa..

Sambal Remis

Sambal Remis

Remis merupakan jenis kerang yg ukurannya kecilΒ² yg hidup disungai. Rasa remis lebih manis dibandingkan jenis kerang lainnya, hanya saja ukuran remis ini kecilΒ². Sambal Remis salah satu kesukaan saya dan suami, kalo sudah ada sambal remis mkn nasinya bisa nambah... Hehehe #ResepFavoritKeluarga_wongkito #resepwongkito #wongkitogalo #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

1 mangkuk
15 menit
Sambal Mentah pendamping Buah Kelor 😁

Sambal Mentah pendamping Buah Kelor 😁

Ini sambal desa untuk pendamping sayur buah kelor bening

Sambal tempe bunga bawang

Sambal tempe bunga bawang

Suka sekali bunga bawang, sayur yg baru aku kenal setelah hidup di tanah jawa😁 Ada wangi2 bawangnya + sedikit manis + teksturnya renyah. Setiap liat ada bunga ini, auto beli (krn jarang2 juga ada). Dioseng sama tempe pedes2, ah sedapnya🀀 Yuk dicoba😘

4 porsi
30 menit
Sambal Embe khas Bali

Sambal Embe khas Bali

#Rekreasi_Bali

Nasi Bakar sambal Teri

Nasi Bakar sambal Teri

Kalau bosen dg nasi putih jalan ninja bikin nasi bakar aja, jd bikin tambah seleraaa, bahkan 1 bungkus pun rasanya kurang, pdhal porsi sama kalau kayak makan nasi putih biasaπŸ˜‚

Sambel Pete Kulit Ampela Ayam

Sambel Pete Kulit Ampela Ayam

Lg browsing di IG eh ketemu resepnya mr_foodhunters. Berhubung ada Pete, akhirnya eksekusilah.... Rasanya enak, ada aroma petenya ...🀭

Sambal Andaliman Khas Batak

Sambal Andaliman Khas Batak

2 orang
15 Menit
Sambal Goreng Terasi

Sambal Goreng Terasi

Penambah nafsu makan √ Bikin boros nasi √ Berasa kurang kalo makan nasi gak pake sambel/pedes √

Sambel Tempe telor simple

Sambel Tempe telor simple

Sesuai judulnya menu ini simple cepat dan cocok buat yang lagi buru buru Mari masak

2 orang
20 menit
Cumi Sambal Petai

Cumi Sambal Petai

Hidangan yang cocok dimakan dengan nasi panas :)

3-5 orang
1 jam
Tuna Sambel Matah

Tuna Sambel Matah

Terkadang ibu rumah tangga tidak punya waktu untuk memasak, karena sibuk mengurus anak dan rumah. Tapi tenang, Tuna sambel matah ini bisa jadi pilihan dan tidak memerlukan banyak waktu.

2-3 orang
30 menit
Sambal goreng ati ampela

Sambal goreng ati ampela

8 porsi
1 jam
Sambal Matah

Sambal Matah

Sambal khas pulau Dewata, seger bgt, cukup dg nasi anget pun udh kalap nasiπŸ˜€ biasa ini dibikin klu pas bikin sate taichan juga.

429. Sambal Goreng Kentang Ati

429. Sambal Goreng Kentang Ati

Resep asli ada ampela. Aku membuat dengan ati saja maka judulnya sedikit diubah. Suka dengan sambal goreng ini, bumbunya mudah tapi rasanya boleh dicoba. Mengcooksnap resep Mba Saomi Mayhai, resep asli di sini https://cookpad.com/id/resep/15316947-sambal-goreng-kentang-ati-ampela-ayam?invite_token=pjVt9SeUTRas9iSoSKCaToiX&shared_at=1631352125 #CookpadCommunity_Depok

4-5 orang
40 menit
Sambal klotok ikan asin

Sambal klotok ikan asin

Lagi pengen makan keringan pake sambal... Eh kepikiran masak ikan klotok asin pake pete πŸ˜‹ Ngabisin nasi kalo kata suami ini πŸ˜‚ Yang doyan pedes tinggal dibanyakin cabai rawitnya yaa biar nampol 🀀 Menu ini bisa didampingkan bersama tumis sayur/urap sayur, tempe goreng, sambal penyet, dll. Let's play!

172. Sambal Tempe Kemangi

172. Sambal Tempe Kemangi

Sambal tempe ini cocok untuk sayur bening. Tempe goreng biasanya dicocol sambal , biar meresap, ulek tempe di sambalnya... maknyuss. Banyaknya cabai disesuaikan selera pedasnya yah.

3 porsi